KEJATUHAN RAJA ISRAEL

KEJATUHAN RAJA ISRAEL

KEJATUHAN RAJA SALOMO, ASA, YOSAFAT

Kamis, tgl 24 Jan, pagi2 seperti biasa sy duduk di taman rumah, Tuhan suruh saya baca dan renungkan riwayat hidup 3 Raja (di kitab 2 Tawarikh pasal 1-21) dan bbrp ayat di 1 Raja 11 terkait dg topik ini.

Tuhsn tunjukkan melalui  riwayat 3 Raja ini, bagaimana Iblis itu masuk melalui 3 jerat ini :
1.KELEMAHAN KITA
2. YG KITA SUKAI
3. LOGIKA KITA, ALASAN YG MASUK AKAL

3 Raja ini orang pilihan, awalnya dia melakukan yg benar dan pekerjaan yg hebat, disertai dan dipuji Tuhan
Terima banyak hal, tapi pada ujungnya sblm mati tersandung oleh bbrp kelemahan yg dampaknya ke belakang sgt fatal.

1. SALOMO, sangat hebat
Pada masa tuanya hatinya dibelokkan krn WANITA akhirnya  jatuh pada berhala2 isterinya, tdk lagi segenap hati dg Tuhan.

AKIBAT : KERAJAAN PECAH di tangan anaknya Rehabeam.

Selalu ada akibat ditiap kesalahan. Meski Tuhan tdk habisi keturunan Daud krn perjanjian garam itu antara Tuhan dan Daud.

1 Raja-raja 11:4-8
Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya. Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon, dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya. Pada waktu itu Salomo mendirikan bukit pengorbanan bagi Kamos, dewa kejijikan sembahan orang Moab, di gunung di sebelah timur Yerusalem dan bagi Molokh, dewa kejijikan sembahan bani Amon. Demikian juga dilakukannya bagi semua isterinya, orang-orang asing itu, yang mempersembahkan korban ukupan dan korban sembelihan kepada allah-allah mereka.
===============

2. ASA hebat, jatuh karena BERSANDAR KPD MANUSIA & LOGIKA MANUSIANYA (alasan yg masuk akal dlm menghadapi masalah)

AKIBAT : TIDAK ADA LAGI KEAMANAN

2 Tawarikh 14:2
Asa melakukan apa yang baik dan yang benar di mata TUHAN, Allahnya

2 Tawarikh 16:7-9
Pada waktu itu datanglah Hanani, pelihat itu, kepada Asa, raja Yehuda, katanya kepadanya: "Karena engkau bersandar kepada raja Aram dan tidak bersandar kepada TUHAN Allahmu, oleh karena itu terluputlah tentara raja Aram dari tanganmu.
Bukankah tentara orang Etiopia dan Libia besar jumlahnya, kereta dan orang berkudanya sangat banyak? Namun TUHAN telah menyerahkan mereka ke dalam tanganmu, karena engkau bersandar kepada-Nya.
Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. Dalam hal ini engkau telah berlaku bodoh, oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan."
=============

3. YOSAFAT hebat, jatuh krn KOMPROMI BERGAUL DG ORANG FASIK

AKIBAT : TUHAN HANCURKAN PEKERJAAN TANGANNYA, ANAKNYA HANCUR.

2 Tawarikh 17:3-5
Dan TUHAN menyertai Yosafat, karena ia hidup mengikuti jejak yang dahulu dari Daud, bapa leluhurnya, dan tidak mencari Baal-baal, melainkan mencari Allah ayahnya. Ia hidup menurut perintah-perintah-Nya dan tidak berbuat seperti Israel. Oleh sebab itu TUHAN mengokohkan kerajaan yang ada di bawah kekuasaannya. Seluruh Yehuda memberikan persembahan kepada Yosafat, sehingga ia menjadi kaya dan sangat terhormat.

2 Tawarikh 19:2
Ketika itu Yehu bin Hanani, pelihat itu, pergi menemuinya dan berkata kepada raja Yosafat: "Sewajarnyakah engkau menolong orang fasik dan bersahabat dengan mereka yang membenci TUHAN? Karena hal itu TUHAN murka terhadap engkau.

2 Tawarikh 20:35-37
Kemudian Yosafat, raja Yehuda, bersekutu dengan Ahazia, raja Israel, yang fasik perbuatannya. Ia bersekutu dengan Ahazia untuk membuat kapal-kapal yang dapat berlayar ke Tarsis. Kapal-kapal itu dibuat mereka di Ezion-Geber.Tetapi Eliezer bin Dodawa dari Maresa bernubuat terhadap Yosafat, katanya: "Karena engkau bersekutu dengan Ahazia, maka TUHAN akan merobohkan pekerjaanmu." Lalu kapal-kapal itu pecah, dan tak dapat berlayar ke Tarsis.

Dengan Yosafat bergaul dg orang fasik, dampaknya anak2nyapun berlalu demikian, sehingga saat anaknya Yoram menggantikan dia sebagai raja endingnya tragis

Komentar

Postingan Populer