EMPAT BELALANG

*EMPAT BELALANG*
* Pdt Daniel Krestianto*


Yoel 1:4 (TB)  Apa yang ditinggalkan belalang pengerip telah dimakan belalang pindahan, apa yang ditinggalkan belalang pindahan telah dimakan belalang pelompat, dan apa yang ditinggalkan belalang pelompat telah dimakan belalang pelahap.

Hari-hari ini kita sungguh harus waspada dan makin melekat kan diri dengan Tuhan dan benar-benar sungguh-sungguh bergantung dengan Dia, karena setan sedang menyebarkan belalang-belalang ke seluruh dunia untuk menghabisi Anak-Anak Tuhan seperti tertulis dalam Yoel 1:4

Belalang-belalang ini bukan hanya menghabisi sebagian namun seluruhnya.

*APA ITU BELALANG DALAM ALKITAB ?*

Belalang atau *Grasshopper* sering disebut dalam Perjanjian Lama berkaitan dengan laporan musnahnya tanaman. Belalang tergolong dalam Keluarga *Orthoptera terdiri dari Dua Kelompok yaitu

*Belalang Pelari atau Cursoria*

Belalang ini dipandang najis menurut hukum Imamat

*Belalang Pelempar atau Saltatoria*

Belalang ini mempunyai paha di kaki nya untuk melompat diatas dunia dan dipandang sebagai binatang tidak najis.

Imamat 11:21-23 (TB)  Tetapi inilah yang boleh kamu makan dari segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berjalan dengan keempat kakinya, yaitu yang mempunyai paha di sebelah atas kakinya untuk melompat di atas tanah.
Inilah yang boleh kamu makan dari antaranya: belalang-belalang menurut jenisnya, yaitu belalang-belalang gambar menurut jenisnya, belalang-belalang kunyit menurut jenisnya, dan belalang-belalang padi menurut jenisnya.
Selainnya segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berkaki empat adalah kejijikan bagimu.

*Enam Tahap Daur Hidup Belalang Gurun Pasir*

Belalang Betina Bertelur dalam lubang-lubang tanah

Telur Menetas Menjadi Tempayan tanpa sayap Meloncati-lomcat dan melahap semua tanaman yang dihinggapinya

Setelah Melewati Serangkaian Pergantian Bulu kemudian tumbuh sayap.

Kemudian Belalang Terbang Seperti Awan di langit. Pada setiap tahap perkembangan, Belalang sama lahapnya.

Ada banyak laporan dari beberapa peneliti tentang kerusakan yang ditimbulkannya.

Imamat 11:22 (TB)  Inilah yang boleh kamu makan dari antaranya: belalang-belalang menurut jenisnya, yaitu belalang-belalang gambar menurut jenisnya, belalang-belalang kunyit menurut jenisnya, dan belalang-belalang padi menurut jenisnya.

22 Even these of them ye may eat; the locust after his kind, and the bald locust after his kind, and the beetle after his kind, and the grasshopper after his kind. *Leviticus 11:22 kjv*

Yohanes pembaptis memakai jubah Bulu Onta dan Ikat pinggang kulit. Makanan nya Belalang dan Madu Hutan.

Matius 3:4 (TB)  Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.
Dalam PL, dipakai sembilan kata Ibrani yg berbeda menunjuk kepada belalang. Yg paling umum ialah ארבה - 'AR'BEH(grasshopper, locust) istilah paling umum ini dipakai 24 kali. Perkataan ini biasanya dihubungkan dengan akar kata רבה - RAVAH, 'berlipat ganda'. Pengertian itu dipakai dalam tulah di Mesir (Keluaran 10:4-6) dan dicatat sebagai satu dari 4 serangga yg disebut dalam Imamat 11:22.

Tiga jenis lainnya juga adalah anggota keluarga belalang. Dua di antaranya hanya tercatat dalam ayat ini: סלעם - SOL'AM(bald locust) dan חרגל - KHARGOL(beetle/ kind of locust). Perkataan keempat, חָגָב - KHAGAV (locust/ grasshoper) dipakai 5 kali. Akar katanya mengandung arti 'menyembunyikan' dan mungkin mengacu kepada tertutupnya matahari oleh armada belalang yg terbang.


Tiga perkataan lainnya muncul dalam daftar Yoel 1 :4, Ketiganya adalah, atau, jenis belalang yg berbeda-beda. atau belalang pada lahap yg berbeda-beda dalam perkembangannya ( גזם - GAZAM(locust/ palmerworm), dari atu akar kata yg berarti 'memotong': ילק - YELEQ (young locust, the cankerworm) barangkali dari akar kata yg artinya 'menjilat'. חסיל - KHASIL (locust, the caterpiller) akar katanya berarti 'memakan'), Perkataan-perkataan lain yg dipakai ialah צלצל - TSELATSOL(whirring locust, reff : Ulangan 28:42) akar katanya צלל - TSALAL berarti 'mendengung' dan גוב - GOV (Amos 7:1, Nahum 3:17) atau גב - GEV (Yesaya 33:4 dab), harfiah berarti 'kawanan'.

*JENIS-JENIS BELALANG*

*BELALANG PENGERIP GAZAM*

GAZAM adalah Belalang yang berbentuk ulat yang sangat kecil memakan daun-daun pohon yang sedang ia tumpangi.

Belalang yang memakan daun ini berbicara tentang : *kita tidak memiliki roh didalam doa, tidak memiliki keinginan untuk membaca Firman Tuhan.*

*Serangan Setan : Kemarahan, Ketidakpuasan, Iri Hati, Kepahitan, Rasa Tidak Puas, Komplain Sama Tuhan dengan apa yang Tuhan kerjakan dalam hidup kita*

Kita harus bertahan di dalam Tuhan supaya Belalang ini tidak menggerogoti tubuh rohani kita atau manusia roh kita.

Jangan biarkan sakit hati bercokol dalam hidup kita. Sakit hati bisa menimbulkan berbagai macam penyakit dalam tubuh manusia.

Kolose 3:15 (TB)  Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

Menghancurkan Belalang PENGERIP ini dengan Cara *Melepaskan Pengampunan dalam hidup kita, Berpikir Positif dan Percaya bahwa apa yang sedang Tuhan lakukan dalam hidup kita itu yang Terbaik.

*BELALANG PINDAHAN ARBEH*

BELALANG ARBEH  ini memakan Buah. Buah berbicara mengenai Kasih. Kasih kepada Tuhan mulai kendor, kasih kepada sesama mulai hilang, Mementingkan diri sendiri mulai muncul, Rasa Egois muncul.


Matius 22:37-40 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Tuhan Yesus menginginkan Kita untuk senantiasa hidup dalam Kasih, Hidup dalam Kasih Tuhan Yesus. Kita harus belajar menyatakan Kasih Tuhan dalam hidup kita.

Filipi 4:5 (TB)  Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!

*BELALANG PELOMPAT YELEK*

Belalang ini memakan Batang Pohon. Batang Pohon berbicara tentang Kehilangan *Passion, Gairah, Gelora Cinta.

Hidup kita mulai Kehilangan Gairah Untuk Menyembah Tuhan, Tidak Bisa Merasakan Hadirat Tuhan lagi dalam hidup kita. Tidak mempunyai gairah api yang membakar untuk melayani Tuhan

Roma 12:11 (TB)  Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Kita harus mempunyai Roh yang menyala-nyala kepada Tuhan, hilangkan kesuaman dengan hati yang melekat pada Tuhan.

*BELALANG PELAHAP KHASIL*

BELALANG KHASIL adalah Belalang Dewasa. Belalang ini memakan Akar Pohon. Akar Pohon berbicara tentang Iman Percaya Kita.

Iman Kita digerogoti oleh Belalang PELAHAP ini maka habislah kekristenan kita.

Anugerah Keselamatan itu menjadi sia-sia karena iman  percaya kita sudah dimakan habis yang tertinggal hanya batang pohon yang kering dan Menunggu mati.

Lukas 18:8 (TB)  Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"

Firman Tuhan ini ada karena kebanyakan orang Kristen yang kehilangan iman karena dimakan oleh Belalang KHASIL .

Ada banyak hamba Allah yang berkotbah tentang kedahsyatan Tuhan, Kebaikan Tuhan, namun kenyataannya iman mereka telah berguguran.

Kapan Iman itu kelihatan atau tidak ? Pada saat masalah datang menerpa hidup kita, apakah Kita mencari jalan keluar dari dunia atau kita lari ke Tuhan.

Yoel 2:12 (TB)  "Tetapi sekarang juga," demikianlah firman TUHAN, "berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh."

Maju terus dalam Kuasa Tuhan! Semua kita istimewa dihadapan Allah. Marilah Kita Mengenal HatiNya, dan Sebarkan Kasih kepada semua orang dalam Gelora Cinta yang berkobar. Jadikanlah Hidup y Tawanan RohNya. AMIN

ONLY BY HIS GRACE

JOSHUA IVAN SUDRAJAT

Komentar

Postingan Populer