KEDEWASAAN ROHANI

*KEDEWASAAN ROHANI*
*ARK OF CHRIST - BANDUNG*
* GLORIOUS HALL, 3 JUNI 2019*
*PASTOR ROBERT LIE*

*PENDAHULUAN*

Kesabaran dan Kedewasaan itu seperti dua sisi mata uang. Tuhan memberikan Jaminan lengkap.

1 Yohanes 3:21-22 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya untuk mendekati Allah,
dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.

Jikalau hati kita tidak menuduh adalah Hati yang bersih, Apa saja yang kita minta kita akan mendapatkan nya

Jika kita datang ke Tuhan maka kita memiliki hati yang bersih. Roh Kudus tinggal di dalam Hati yang Bersih

Tuhan Yesus mempunyai Greatest Plan dan Greatest Destiny untuk kita.

Tuhan Yesus memberikan Jaminan lengkap dalam hidup kita.

*God's Van Not Break His Word*

Karena Allah tidak pernah berubah dan tidak pernah berdusta

2 Petrus 3:9 (TB)  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Mazmur 51:11 (TB)  (51-13) Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Yesaya 55:8 (TB)  Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Kesabaran itu tidak mudah untuk dilakukan. Kesabaran akan didapatkan melalui proses demi proses

Kita harus melakukan perintah Allah dan melakukan apa yang menjadi Hati Tuhan.

*DEFINISI KEDEWASAAN RUMAH*

Dalam hidup ini setiap manusia pastinya mengalami pertumbuhan layaknya seorang bayi akan tumbuh menjadi anak-anak, remaja, dewasa, dan menjadi orang tua. Dalam pertumbuhan yang ada tentu saja di sertai  dengan kedewasaan dalam sifat, sikap serta tingkah laku. Begitu pula dalam hidup kekristenan,  Tuhan mengharapkan kita untuk terus bertumbuh menjadi kristen yang dewasa sehingga bukan hanya menjadi bayi rohani saja.  karena kita  adalah calon dari mempelai Kristus. Maka itu,  kita harus senantiasa bertumbuh menjadi dewasa.

Kedewasaan rohani kita mempunyai Uniform di setiap Level Rohani Kita.

Didalam hidup Kekristenan kita menghadapi Tes demi Tes.

Jika mengalami Tes dari Tuhan kita harus bersyukur kepada Tuhan.

*Every Test in Your Life Will Became Great Testimony*

Didalam setiap Test di dalam hidup mu akan mempunyai Kesaksian yang besar.

Di setiap Next Level selalu ada Korban yang dipersembahkan.

Jika kita tidak lulus ujian maka kita akan menghadapi Remedial

Dalam Perjalanan Pelayanan kita akan menghadapi Ujian dengan Pemimpin

Contohnya : Ishak taat kepada Abraham walaupun ia mau dikorbankan diatas MEZBAH. Alkitab tidak mencatat Ishak sakit hati kepada Abraham namun Ia tunduk pada Abraham

*CIRI-CIRI KRISTEN ANAK-ANAK*

*LAMBAN DALAM MENDENGAR SUARA TUHAN*

Yakobus 1:19 (TB)  Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;

Orang Kristen Dewasa Cepat Mendengar Suara Tuhan dan lambat untuk berkata-kata

Seringkali orang Kristen lambat untuk mendengarkan suara Tuhan

Ilustrasi Kesaksian Pastor Robert Lie dalam Ketaatan memberikan Persembahan Kepada Tuhan.


*MASIH MEMERLUKAN SUSU*

1 Petrus 2:2 (TB)  Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,

Kejadian 11:6 (TB)  dan Ia berfirman: "Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya. Ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang apa pun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana.

Ibrani 5:12 (TB)  Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.

Berani Bayar Harganya akan menentukan Fasilitas yang Tuhan berikan dalam hidup kita

*MEMPUNYAI PANCA INDERA YANG TIDAK TERLATIH*

Ibrani 5:14 (TB)  Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

*Ciri Orang Kristen Dewasa*

*Memiliki pancaindera yang terlatih*

                “Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.” (ayat 14)

Ciri orang dewasa dapat membedakan mana yang baik dan jahat. Hal itu terjadi karena sudah memiliki panca indera yang terlatih. Menjadi orang Kristen yang dewasa hanya akan bisa kita miliki apabila kita mengasah pancaindera kita lewat kebenaran firman Allah. Ada peningkatan terjadi dalam memahami kebenaran firman Allah. Tidak berhenti di dalam satu azas firman Allah tetapi mau meningkat pada azas-azas yang lebih kompleks.

Orang Kristen yang dewasa mempunyai panca indera yang terlatih sehingga dapat membedakan mana yang baik dan mana yang jahat.

Orang yang Dewasa melatih otot-otot rohaninya. Jika kita mempunyai panca indera yang terlatih maka kita bisa melihat mana yang baik dan mana yang jahat

Roma 12:2 (TB)  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Tuhan Yesus ingin kita berubah oleh karena pembaharuan akal Budi. Orang yang dewasa rohani bisa menentukan kapan waktunya. Waktu Tuhan, kita bisa memilah-milah mana yang berkenan mana yang tidak berkenan.

Ibrani 6:1 (TB)  Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah,

Pada Tanggal 23 Desember 2014 Tuhan memberikan Pintu Gerbang, Tuhan suruh saya memilih Pintu Gerbang, saya berkata Tuhan yang pilihkan.

*Pintu Gerbang Mujizat*
*Pintu Gerbang Kelimpahan*
*Pintu Gerbang Kemuliaan*

Ibrani 5:4, 14 (TB)  Dan tidak seorang pun yang mengambil kehormatan itu bagi dirinya sendiri, tetapi dipanggil untuk itu oleh Allah, seperti yang telah terjadi dengan Harun.
Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Orang Kristen yang Dewasa mempunyai Hikmat yang benar

Chalos : indah secara Moral, baik secara moral, Good Valuable, Layak.

Sesuatu yang baik berasal dari moral yang baik.

Amsal 20:20 (TB)  Siapa mengutuki ayah atau ibunya, pelitanya akan padam pada waktu gelap.

Pelita nya Terang Mengerti dan Respect

Chaco baca Kalo jahat itu tidak berharga

*TELEIOS Artinya Perfect, Wanting Nothing Necessary to Completeness*

Matius 5:48 (TB)  Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Efesus 4:13 (TB)  sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

*Coal Orang Kristen adalah To Be Like  Him, Menjadi Seperti Kristus*

Ibrani 5:12 (TB)  Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.

Yakobus 1:2-4 (TB)  Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,
sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.
Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.

Ujian itu menghasilkan Ketekunan.
Menjadi Dewasa karena proses Tuhan.

Galatia 3:29 (TB)  Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.

Galatia 4:1 (TB)  Yang dimaksud ialah: selama seorang ahli waris belum akil balig, sedikit pun ia tidak berbeda dengan seorang hamba, sungguhpun ia adalah tuan dari segala sesuatu;

*TIGA TANDA KEDEWASAAN*

Daniel 2:22 (TB)  Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya.

Tuhan menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi

Suatu saat kita mendengar suara Tuhan yang keras untuk mendidik kita

Orang yang dewasa bisa mencerna apa yang Tuhan katakan.

Shemah arti nya Aku mau mendengar dan melakukan apapun yang Tuhan katakan

Mendengarkan Baik - baik dan Taat kepada Tuhan.
Amin

Penulis

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer