ROH KUDUS DALAM KESEHARIAN KITA

ROH KUDUS DALAM KESEHARIAN KITA
IBADAH RAYA, MINGGU 16 JUNI 2019
Pdt. Lukas Yoesianto


Sebelum Tuhan Yesus naik ke Sorga; Dia menjanjikan bahwa akan memberikan Penolong lain, yaitu Roh Kudus. Dialah pribadi yang akan tampil sebagai penghibur, penolong, pembantu dan penguat kita yang diam di dalam kita bahkan menyertai kita sampai selama-lamanya.
Semakin banyak kita menyadari, tahu dan mengenal Roh Kudus maka hidup kita akan mudah menghadapi kehidupan ini dan akan mengalami kemenangan demi kemenangan.

3 Peranan Roh Kudus Dalam Kehidupan Orang Percaya

1. Roh Kudus Menjadi Penolong Bagi Hidup Kita

Yohanes 14:15-18
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.”

Untuk menuruti perintah Tuhan dan hidup sesuai kehendak Tuhan; itu tidak akan pernah mudah jikalau tidak ada yang menolong setiap kita. Di dalam sebuah pergerakan besar supaya kita tidak melakukan hal-hal yang bodoh, yang salah bahkan menyedihkan, harus ada yang menolong kita.

Bagaimana caranya kita bisa mengikuti perintah Tuhan? Tuhan Yesus akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepada kita seorang Penolong yang lain. Penolong inilah yang membantu setiap kita dan diam di dalam diri kita. Bagi kita yang suka berpergian maka di dalam gadget kita ada peta yang akan menolong setiap kita. Percayalah, itulah yang membantu dan menolong setiap kita serta menunjukkan arah yang membuat kita sampai dengan tujuan. Begitu juga dengan Roh Kudus. Ia akan memandu dan menolong setiap kita untuk menuruti perintah Tuhan dan menggenapkan kehendak Tuhan di dalam hidup setiap kita.

2. Roh Kudus Yang Mengajar dan Mengingatkan Kita Atas Semua Yang Tuhan Sampaikan

Yohanes 14:23-26
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Roh Kuduslah yang akan mengajar dan mengingatkan kita dalam seluruh kebenaran; bahkan Dia akan menyatakan dalam hidup kita atas semua janji-janji Tuhan yang Dia berikan kepada setiap kita sehingga kita mengerti kita sedang mengalami seperti Abraham atau Yusuf atau bahkan Ayub. Saudaraku, janganlah takut jikalau kita masuk dalam sumur pembentukan. Siapakah yang mengingatkan kita atau mengingat tentang sesuatu yang kita alami? Roh Kuduslah yang menyatakannya.

3. Roh Kudus Yang Memimpin Kita Di Dalam Seluruh Kebenaran

Yohanes 16:12-15
Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku."

Roh Kuduslah yang memimpin setiap kita di dalam seluruh kebenaran. Dialah Roh Kebenaran. Dialah yang akan mengajar dan membantu setiap kita untuk mengalami dan mengenal seluruh kebenaran!

Pekerjaan Roh Kudus Dalam Kehidupan Kita Sehari-Hari

1. Roh Kudus Memberikan Hikmat Untuk Pelayanan (KPR 6:1-3, 8:29, 9:31, 10:19)

Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari-hari. Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja. Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu. Peran Roh Kudus sangat dominan di dalam pelayanan keseharian. Karena itu, apapun tanggung jawab pelayanan yang dipercayakan di dalam hidup setiap kita membutuhkan kerja Roh Kudus. Dibutuhkan Roh Keperkasaan yang memenuhi setiap kita untuk melayani jiwa-jiwa dan memampukan kita menyelesaikan semua tanggung jawab yang kita emban. Percayalah, setiap pelayanan membutuhkan kekuatan dari Roh Kudus.  Yesaya  11:2, “Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; dalam setiap pelayanan membutuhkan Roh Kudus.”

2. Roh Kudus akan Mengintervensi Kehidupan Kita ketika Kita Memberi Ruang BagiNya dalam Hidup Kita

Sementara kita sedang memikirkan apapun juga; berilah ruang kepada Roh Kudus sehingga Dia bisa mengintervensi dan memberikan pengertian sehingga kita bisa memahami semuanya.

KPR 15:28
Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:

KPR 16:6-7
Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.

KPR 20:22
Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ

Tiga Langkah Hidup Dipimpin Roh Kudus

1. Sabar Menunggu atau Menanti-nantikan Roh Kudus (KPR 1:4-5).

Artinya untuk bisa bergaul dengan Roh Kudus kita harus belajar sabar menunggu Dia dan menantikan Roh Kudus untuk memberikan pimpinan dan arahan.

2. Membiasakan Diri Untuk Bergaul Dengan Roh Kudus.

Setiap kita harus membiasakan diri untuk bergaul dengan Roh Kudus; karena Dia menolong kita dalam segala sesuatu bahkan hal yang praktis sekalipun. Dia pasti menyertai kita serta diam di dalam kita. Percayalah, yang ada dalam hidup kita adalah Roh Kudus. Dia punya pekerjaan menolong, menyertai dan memimpin kita dalam seluruh kebenaran.

3. Meminta Roh Kudus Menolong Dalam Pengambilan keputusan.

Ketika kita menghadapi permasalahan dan kita harus mengambil keputusan namun kita tidak tahu apa yang harus kita putuskan, jangan takut untuk berdoa supaya Roh Kudus menggagalkan keputusan yang sudah kita ambil. Biar Roh Kudus menghadang rencana kita, sehingga hanya rencana Tuhan yang terjadi dalam kehidupan kita.

Komentar

Postingan Populer