BERSERU KEPADA TUHAN

*BERSERU KEPADA TUHAN*

Mazmur 145:18 (TB)  TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.

Shalom
Pagi ini saya teringat dengan lagu Asmirandah dan Jonas Rivanno :
FirmanMu ya dan amin
JanjiMu menopangku
Berjalan bersamaMu
Disetiap musim hidupku

Kemudian Saya Mendapatkan Rhema Tentang Berseru Kepada Tuhan.

*Memanggil, menyerukan, membaca, menamakan" diterjemahkan dari verba Ibrani: קָרָא - QARA*

Berseru merupakan ungkapan doa yang aktif dan dapat didengar. Bahasa Ibrani untuk ‘berseru’ adalah Qara artinya berteriak atau menjerit. Bahasa Yunani untuk ‘berseru’ adalah Kaleo artinya memanggil nama seseorang.  Doa dengan berseru merupakan doa yang dibawakan seseorang kepada Tuhan dengan segenap hati, jelas dan terperinci terkadang disertai dengan erangan dan cucuran air mata. Ada beberapa contoh: kuasa dalam berseru.

Contohnya :

*HANA*

Ketika Hana berseru, berteriak, mengerang, menangis kepada Tuhan untuk minta seorang anak, Allah mengingat seruan doanya. Allah bukan saja memberikannya seorang anak tetapi seorang Nabi Besar untuk Israel yaitu Samuel [1 Samuel 1:8-13].

*BARTIMEUS*

Bartimeus, Pengemis buta di Yerikho berseru-seru kepada Tuhan, “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!” Seruan Bartimeus menghentikan derap langkah kaki Tuhan. Lalu Tuhan menjawab seruan Bartimeus dengan menanyakan, “Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat?” Jawab Bartimeus, “Rabuni, Supaya aku dapat melihat.” Dan Yesus bukan hanya menyembuhkan tetapi juga menyelamatkan hidupnya. [Markus 10:46-52]

*Bagaimanakah ‘seruan’ kita dapat memiliki kuasa?*

*Pertama, Anda harus mengenal dan dikenal oleh Allah [Keluaran 2:24]*

Allah mendengar seruan orang-orang Israel di Mesir oleh karena Ia mengingat kepada perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak, dan Yakub. Allah mengenal mereka oleh karena Allah mengikat perjanjian dengan nenek moyang mereka.

Oleh karena ada ikatan perjanjian, Allah bertanggung jawab untuk mendengar dan menjawab seruan orang Israel. Bukankah Allah mengenal kita melalui Yesus Kristus? Anda dapat mengenal dan dikenal oleh Allah sejak Anda bertobat dan percaya bahwa Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi Anda.

Kita harus mengenal Tuhan Yesus secara pribadi dan melakukan apa yang menjadi HatiNya.

*Dikenal Tuhan*

*1 Kor 8:3 “Tetapi orang yang mengasihi Allah, ia dikenal oleh Allah”.*

Contohnya : Daud adalah Seorang Raja yang mengenal Allah nya dan Dia dikenal Tuhan. Daud seorang  *A man After Mine Own Heart* Daud adalah seorang yang Berkenan Di Hati Tuhan.

Kisah Para Rasul 13:22 (TB)  Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.


*Kedua, Anda harus bersyafaat bagi orang lain*

Doa adalah menyatakan kebutuhan kita kepada Tuhan. Syafaat adalah menyatakan kebutuhan orang lain kepada Tuhan. Melalui syafaat, Anda mulai mendoakan segala macam kebutuhan orang lain sampai Tuhan memberikan jawaban-Nya atas doa Anda. Fondasi syafaat adalah roh belas kasihan yang lahir dari keintiman dengan Tuhan secara pribadi. Anda tidak dapat bersyafaat sebelum Anda memiliki kemampuan untuk mengenali dan merasakan kebutuhan [penderitaan] orang lain. Artinya, Anda bersyafaat setelah Anda membangun keintiman pribadi dengan Tuhan. Tetapi yang jelas saat kita bersyaafaat untuk orang lain, kebutuhan kitapun akan dipenuhi Tuhan.

Beberapa orang yang saya doakan dan saya menjadi Pensyafaat bagi orang-orang yang Tuhan berikan dalam hidup saya.

*Ketiga, Anda harus melakukan Invasi*

Invasi merupakan penyerangan untuk merebut dan menduduki wilayah kekuasaan musuh [kerajaan Iblis]. Invasi dilakukan dalam beberapa bentuk tindakan seperti yang dilakukan Tuhan Yesus ketika Ia melayani di dunia ini [Markus 1:29-45]

Senjata peperangan kita adalah senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah yaitu berupa Darah Yesus; firman Allah dan Nama Yesus. Tujuan dari invasi adalah menghasilkan pertobatan sejati yang berdampak kepada transformasi kota-kota dan bangsa. Doa kita adalah doa peperangan yang bersifat menerobos dan merebut. Jiwa-jiwa harus direbut dalam doa kita. Mereka harus dilepaskan terlebih dahulu dari cengkeraman iblis supaya dapat diselamatkan.

Tuhan Yesus melatih saya untuk berperang. Tuhan membawa saya untuk ikut dalam Doa Peperangan. Saya pernah dipercayakan oleh Tuhan untuk masuk ke daerah yang baru dan saya ikut membersihkan daerah tersebut.

Ada suatu pengalaman saya ketika saya di percayakan Tuhan ikut dalam tim Pendudukan di Propinsi Bengkulu. Waktu itu ada tugas untuk menduduki tempat-tempat KKR Bangkit nya Generasi Yoel. Saya melihat keajaiban Tuhan, target KKR itu yg hadir minim 800 orang, sewaktu KKR dimulai yang hadir belum ada 800 orang, kemudian orang-orang berdatangan memenuhi KKR dan Jumlah yang hadir 1000 orang lebih.

Tuhan Yesus memberkati Amin

Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer