TIGA PENGURAPAN DAUD

*TIGA PENGURAPAN DAUD*
*Pdt Petrus Agung Purnomo*

Hari ini kita akan belajar tentang *Tiga Pengurapan Daud*

Didalam Alkitab mencatat bahwa Daud yang mendapatkan Tiga Kali Pengurapan, tidak ada tokoh Alkitab yang mendapatkan Tiga Kali Pengurapan.

Kita Mendapatkan Pengurapan untuk mendapatkan Pendidikan Tuhan.

*PENGURAPAN PERTAMA DAUD*

1 Samuel 16:1-3 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Berapa lama lagi engkau berdukacita karena Saul? Bukankah ia telah Kutolak sebagai raja atas Israel? Isilah tabung tandukmu dengan minyak dan pergilah. Aku mengutus engkau kepada Isai, orang Betlehem itu, sebab di antara anak-anaknya telah Kupilih seorang raja bagi-Ku."
Tetapi Samuel berkata: "Bagaimana mungkin aku pergi? Jika Saul mendengarnya, ia akan membunuh aku." Firman TUHAN: "Bawalah seekor lembu muda dan katakan: Aku datang untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN.
Kemudian undanglah Isai ke upacara pengorbanan itu, lalu Aku akan memberitahukan kepadamu apa yang harus kauperbuat. Urapilah bagi-Ku orang yang akan Kusebut kepadamu."

Pengurapan Pertama Daud dilakukan oleh Samuel didalam Rumah Isai ayah Daud

Pengurapan Pertama Daud membuat Perubahan Yang Radikal dalam hidup Daud  Roh Tuhan berkuasa atas Daud

*APA YANG DIDAPAT DAUD DARI PENGURAPAN PERTAMA ?*

*MENJADI GIANT KILLER*

1 Samuel 17:45-46 (TB)  Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.
Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah,

Daud mengalahkan Goliath, Raksasa Filistin, Daud mempunyai *Iman yang Besar* Dia datang ke pertempuran dengan nama Allah Semesta alam.

Didalam Pengurapan Pertama ini kita mempunyai Iman yang besar, Penuh Perkataan Positif, Penuh Iman.

*MENJADI SEORANG WORSHIPPER*

1 Samuel 16:23 (TB)  Dan setiap kali apabila roh yang dari pada Allah itu hinggap pada Saul, maka Daud mengambil kecapi dan memainkannya; Saul merasa lega dan nyaman, dan roh yang jahat itu undur dari padanya.

Ketika Daud memainkan Kecapi Penyembahan roh jahat yang ada dalam diri Saul Undur dari hidup Saul.

Kapan Kita Terima Pengurapan Pertama ? Ketika kita Lahir Baru, Bertobat, Dipenuhi oleh Roh Kudus. Kita masuk dalam Pendidikan Tuhan.

*MENJADI PAHLAWAN*

1 Samuel 18:7 (TB)  dan perempuan yang menari-nari itu menyanyi berbalas-balasan, katanya: "Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa." 

Kita harus mengalami satu periode pendidikan Tuhan dan dalam periode ini banyak orang Kristen yang gugur.

Daud dikejar Saul dan Dia masuk dalam Gua Adulam dan Dia tidak memberontak terhadap Saul.

1 Samuel 22:1 (TB)  Lalu Daud pergi dari sana dan melarikan diri ke gua Adulam. Ketika saudara-saudaranya dan seluruh keluarganya mendengar hal itu, pergilah mereka ke sana mendapatkan dia.

Didalam Gua Adulam Daud mematikan Kedagingan nya walaupun dia mempunyai kesempatan untuk membunuh Saul namun Daud tidak melakukan nya.

Saul artinya seseorang yang meminta-minta, pengemis, mempunyai mental pengemis

Daud belajar menundukkan diri kepada orang yang ada diatasnya

*Dalam Sebuah Bukunya Watchmen Nee berkata bahwa setiap orang Kristen harus belajar Penundukan Diri.

Daud sanggup melewati proses pendidikan Tuhan dalam level pertama ini Daud tidak mempunyai rasa dendam, marah kepada Saul

Efesus 6:1-4 *Anak Tunduk pada Orang Tua*

*Kolose 3:20 (TB)  Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.*

*HUBUNGAN ANTARA HAMBA DENGAN TUANNYA*

Efesus 6:5-9 (TB)  Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus,
jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan hati orang, tetapi sebagai hamba-hamba Kristus yang dengan segenap hati melakukan kehendak Allah,
dan yang dengan rela menjalankan pelayanannya seperti orang-orang yang melayani Tuhan dan bukan manusia.
Kamu tahu, bahwa setiap orang, baik hamba, maupun orang merdeka, kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan.
Dan kamu tuan-tuan, perbuatlah demikian juga terhadap mereka dan jauhkanlah ancaman. Ingatlah, bahwa Tuhan mereka dan Tuhan kamu ada di sorga dan Ia tidak memandang muka.

Kolose 3:22 (TB)  Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan.

1 Timotius 6:1-2 (TB)  Semua orang yang menanggung beban perbudakan hendaknya menganggap tuan mereka layak mendapat segala penghormatan, agar nama Allah dan ajaran kita jangan dihujat orang.
Jika tuan mereka seorang percaya, janganlah ia kurang disegani karena bersaudara dalam Kristus, melainkan hendaklah ia dilayani mereka dengan lebih baik lagi, karena tuan yang menerima berkat pelayanan mereka ialah saudara yang percaya dan yang kekasih. (6-2b) Ajarkanlah dan nasihatkanlah semuanya ini.

Pemimpin Kristen jangan sampai kurang disegani oleh bawahannya. Para bawahan harus melayani pemimpin Kristen dengan sebaik-baiknya.

Bawahan harus hormati pemimpin dan jangan berbuat kurang ajar.

*HUBUNGAN ANTARA ISTRI DENGAN SUAMI*

Efesus 5:22-23 (TB)  Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

1 Korintus 11:7-10 (TB)  Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki.
Sebab laki-laki tidak berasal dari perempuan, tetapi perempuan berasal dari laki-laki. 
Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki.
Sebab itu, perempuan harus memakai tanda wibawa di kepalanya oleh karena para malaikat.

Istri harus tunduk pada suami. Suami adalah Tudung Istri. Sebagai Tudung suami harus mempunyai jam doa, baca Firman Tuhan dan mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan,

Sebagai Tudung suami tidak boleh bolong. Ini berbicara tentang Otoritas.

*HUBUNGAN JEMAAT DENGAN PEMIMPIN*

*Ibrani 13:7 (TB)  Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.*

Roma 13:1-3 (TB)  Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.
Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.
Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.

1 Tawarikh 12:16-18 (TB)  Sebagian dari bani Benyamin dan Yehuda datang kepada Daud di kubu itu,
lalu keluarlah Daud menyongsong mereka. Berkatalah ia kepada mereka: "Jika kamu datang kepadaku dengan maksud damai untuk membantu aku, maka aku rela bersekutu dengan kamu, tetapi jika untuk menyerahkan aku dengan tipu muslihat kepada lawanku, sedang aku tidak melakukan kelaliman, maka biarlah Allah nenek moyang kita melihat itu dan menghukum kamu."
Lalu Roh menguasai Amasai, kepala ketiga puluh orang itu: Kami ini bagimu, hai Daud, dan pada pihakmu, hai anak Isai! Sejahtera, sejahtera bagimu dan sejahtera bagi penolongmu, sebab yang menolong engkau ialah Allahmu! Kemudian Daud menyambut mereka dan mengangkat mereka menjadi kepala pasukan.

Lalu Roh Menguasai Amasai dalam bahasa aslinya mengatakan Roh itu mengenakan Amasai seperti pakaian.

*PENGURAPAN KEDUA DAUD*

2 Samuel 2:1-7 (TB)  Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: "Apakah aku harus pergi ke salah satu kota di Yehuda?" Firman TUHAN kepadanya: "Pergilah." Lalu kata Daud: "Ke mana aku pergi?" Firman-Nya: "Ke Hebron."
Lalu pergilah Daud ke sana dengan kedua isterinya: Ahinoam, perempuan Yizreel, dan Abigail, bekas isteri Nabal, orang Karmel itu.
Juga Daud membawa serta orang-orangnya yang mengiringinya masing-masing dengan rumah tangganya, dan menetaplah mereka di kota-kota Hebron.
Kemudian datanglah orang-orang Yehuda, lalu mengurapi Daud di sana menjadi raja atas kaum Yehuda. Ketika kepada Daud diberitahukan bahwa orang-orang Yabesh-Gilead menguburkan Saul, 
maka Daud mengirim orang kepada orang-orang Yabesh-Gilead dengan pesan: "Diberkatilah kamu oleh TUHAN, karena kamu telah menunjukkan kasihmu kepada tuanmu, Saul, dengan menguburkannya.
Oleh sebab itu, TUHAN kiranya menunjukkan kasih dan setia-Nya kepadamu. Aku pun akan berbuat kebaikan yang sama kepadamu, karena kamu telah melakukan hal yang demikian.
Kuatkanlah hatimu sekarang dan jadilah orang-orang yang gagah perkasa, sekalipun tuanmu Saul sudah mati; dan aku telah diurapi oleh kaum Yehuda menjadi raja atas mereka."

Pengurapan Yang Kedua Dilakukan Di Hebron. Daud Menjadi Raja atas Kaumnya.

Pengurapan Yang Kedua ini didapatkan kita, ketika kita dalam Pemberkatan Pernikahan.

Tujuan untuk Memimpin Rumah Tangga kita. Pengurapan ini membuat Keluarga kita Solid, Kuat dan Kokoh

Untuk kita yang belum menikah : kita harus mendapatkan Jodoh Dari Tuhan, Waktunya Pas Dengan Waktu Tuhan, Jaga Kekudusan

Jangan ada pemberontakan dengan Tuhan. Kita harus menjaga Keintiman dengan Tuhan

Setelah Mendapat Pengurapan di Hebron, Daud menjadi Raja yang kuat

Dalam Pengurapan Yang Kedua ini Daud berperang lama dengan Isyboset.

Dalam bahasa aslinya itu, Isyboset tersusun dari kata "isy" artinya "orang laki-laki [agung]" dan "boset" artinya "[mempunyai sifat] pemalu [atau rendah hati]" atau "[sensitif terhadap rasa] malu", tetapi dapat pula diartikan "pria yang memalukan".

Pengurapan Yang Kedua ini membuat kita tidak terikat dengan roh Agamawi, rutinitas, tradisi. Goalnya adalah Ketaatan Melakukan perintah Tuhan.

Contohnya Bob Weiner adalah seorang Hamba Tuhan yang tidak terikat dengan tradisi dan liturgi. Ketika gereja nya sudah besar dan mempunyai 100 cabang, kemudian Tuhan berkata kepada Bob Weiner untuk membubarkan Jemaat nya. Biasanya gereja besar akan terjadi perpecahan, namun Bob Weiner tidak mau ada perpecahan di dalam gereja.

Didalam Kegerakan Tuhan biasanya ada Change Of Leadership

Seringkali kita gereja Kharismatik terjebak dengan liturgi yang tidak tercatat. Kita harus belajar mengikuti Aliran Roh Kudus dalam setiap ibadah kita.

*PENGURAPAN KETIGA DAUD*

2 Samuel 5:1-5 (TB)  Lalu datanglah segala suku Israel kepada Daud di Hebron dan berkata: "Ketahuilah, kami ini darah dagingmu.
Telah lama, ketika Saul memerintah atas kami, engkaulah yang memimpin segala gerakan orang Israel. Dan TUHAN telah berfirman kepadamu: Engkaulah yang harus menggembalakan umat-Ku Israel, dan engkaulah yang menjadi raja atas Israel."
Maka datanglah semua tua-tua Israel menghadap raja di Hebron, lalu raja Daud mengadakan perjanjian dengan mereka di Hebron di hadapan TUHAN; kemudian mereka mengurapi Daud menjadi raja atas Israel.
Daud berumur tiga puluh tahun, pada waktu ia menjadi raja; empat puluh tahun lamanya ia memerintah.
Di Hebron ia memerintah atas Yehuda tujuh tahun enam bulan, dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun atas seluruh Israel dan Yehuda.

Daud memerintah di Hebron selama Tujuh Tahun Enam Bulan dan memerintah atas Yehuda dan Israel selama 33 tahun.

Hanya Daud yang mendapatkan Kubu Pertahanan Sion yaitu Kota Daud

Allah menjanjikan Kanaan Kepada Abraham, Ishak dan Yakub Yosua tidak bisa menaklukkan Gunung Sion dan Yerusalem.

Yosua 15:63 (TB)  Tetapi orang Yebus, penduduk kota Yerusalem, tidak dapat dihalau oleh bani Yehuda. Jadi orang Yebus itu masih tetap diam bersama-sama dengan bani Yehuda di Yerusalem sampai sekarang.

Sejak jaman Musa hanya Daud yang bisa merebut Gunung Sion dan Yerusalem.

Harus ada Target didalam hidup kita. Jika kita tidak mempunyai target bisa runtuh Imanmu karena berputar-putar terus.

Kita harus mempunyai Extraordinary dalam hidup kita.

Amin

Only By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

  1. Luka batin para pendukung Daud, Raja Yehuda dan para pendukung Raja israel (Saul) disembuhkan oleh Singa Yehuda, Elohim Israel, sehingga mereka rukun sehati sepikir dan berkat Abraham, Ishak dan Yakub mengalir dari Gunung Hermon ke Bukit Sion. Saat itu Daud diurapi menjadi Raja Israel, maka berkat dari Gunung Hermon mengalir, sehingga Bukit Sion dan Yerusalem menjadi milik Israel. Baiklah dengan 3 Pengurapan Kristus yang ada pada kita, yang mengajar kita sembuhkan luka batin kita saat doa puasa (Yesaya 58:6-8), sehingga kita juga dipakai Bapa Yesus sembuhkan luka batin orang-orang di kota dan desa kita serta di seluruh Indonesia, sehingga rumah kita menjadi Indonesian Healthy and Healing House, bagi kemuliaan Bapa Yesus Kristus, Raja Damai, Penasehat Ajaib dan Allah Yang Perkasa. Singa Yehuda memberkati kita dan melindungi kita dengan kuasa DarahNya. Dia menyinari kita dengan wajahNya dan memberi kita kasih karuniaNya, Dia menghadapkan wajahNya kepada kita dan membeikan damai sejahteraNya kepada kita. Amin, (Ev. dr. Habel Marthen Ndoen)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer