DOA PERMOHONAN

*DOA PERMOHONAN*

*Mazmur 143:1 (TB)  Mazmur Daud. Ya TUHAN, dengarkanlah doaku, berilah telinga kepada permohonanku! Jawablah aku dalam kesetiaan-Mu, demi keadilan-Mu! *

Filipi 4:6 (TB)  Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Definisi "doa" dari Kamus Besar Bahasa Indonesia

Doa : permohonan (harapan, permintaan, pujian) kepada Tuhan;
Berdoa : mengucapkan (memanjatkan) doa kepada Tuhan.

Definisi "doa" dari Alkitab kita:

"Doa" mengandung gagasan meminta, memohon, mengemis, memohon belas kasihan, mencari, meminta petunjuk, dan juga memuji, bersyukur, serta mengagungkan. Ada berbagai kata Ibrani dan Yunani yang berkaitan dengan doa. Namun "doa" dalam istilah yang umum, Ibrani: תְּפִלָּה - TEFILAH, feminine noun, Yunani: προσεύχομαι - PROSEUKHOMAI.

Tefilah adalah bahasa Ibrani yang jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya Doa. Tefilah terdiri dari huruf Taw Pe Yod Lamed dan He תפילה. Huruf-huruf atau abjad Ibrani itu seperti pictograph yang mempunyai arti. Kita akan mengartikan kata Tefilah (Doa) berdasarkan hurufnya.

1. Huruf (ת) Taw artinya Tanda , Doa menjadi tanda dan kunci orang Percaya kepada Abba YAHWEH beshem YESHUA
2. Huruf (פ) Pe artinya Mulut , kita Berdoa menggunakan mulut kita untuk mengungkapkan isi hati kita kepada Tuhan
3. Huruf (י) Yod artinya Tangan , kita berdoa dengan menegadahkan tangan tanda menyerah kepada Tuhan (Yesaya 1:15-17)
4. Huruf (ל) Lamed artinya Belajar , Doa menjadi pembelajaran Hidup untuk lebih sabar dan Baik dalam menghadapi setiap persoalan (Mazmur 37:5)
5. Huruf (ה) He artinya Kisi” Dimana tempat sirkulasi udara, begitu juga Doa sebagai nafas hidup orang percaya (1 Tesalonika 5:17)

Saya teringat Kotbah Engkong Yusak Tjipto yang mengajarkan kepada kita semua untuk selalu tanya Roh Kudus sebelum kita menaikkan doa permohonan. Supaya apa yang kita minta sesuai dengan Kehendak Tuhan.

Raja Daud berdoa kepada Tuhan, ia minta Tuhan Mendengar Permohonan Raja Daud. Daud meminta Tuhan menjawab doanya.

Sekitar Tahun 2007 di saat Saya mengikuti Retreat, disitu ada tantangan untuk memberikan Benih dalam Ketepatan. Saya memberikan sejumlah uang yang ada di dompet saya. Kemudian saya membutuhkan uang untuk berobat mama saya. Jumlah tersebut sangat banyak, kemudian Roh Kudus  memberikan arahan untuk saya mengikuti Lomba Essay Tingkat Nasional tentang Keluarga Kecil Sejahtera Menurut Pandangan Iman Kristen, tidak disangka saya mendapatkan Juara 2 Tingkat Nasional dan Mendapatkan Hadiah Uang Tunai sekitar Rp. 3,5 juta. Dan uang itu dipergunakan untuk berobat mama saya.

Itu adalah Jawaban Doa dan Tuaian apa yang saya tabur.

Kiranya Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer