KETAKUTAN


*KETAKUTAN*

Shalom

Pagi ini saya belajar mengenai Ketakutan, Tuhan ingatkan bahwa dari almarhum mama sangat kuat dengan ketakutan dan kekuatiran.

Setelah mama Meninggal dan saya berjuang untuk mengalahkan ketakutan dan kekuatiran saya.

Saya belajar berjalan bersama Tuhan dan mengalami Tuhan Yesus secara pribadi, saya belajar tentang Tuhan Menyediakan, Belajar namanya Iman dan Mengaum Seperti Singa Dari Yehuda.

Apakah arti ketakutan? Ketakutan adalah suatu reaksi emosional yang mengganggu atas luka, penyakit, atau bahaya yang mengancam, baik itu berupa kenyataan maupun khayalan belaka. Ketakutan dapat bersifat rasional, normal maupun abnormal. 

Dan sekarang kita akan membahas : *OBAT PENAWAR KETAKUTAN.*

Ada lima kata dalam bahasa Ibrani yang diterjemahkan sebagai ketakutan. Dan sekitar 600 kali kata ketakutan itu disebutkan dalam Alkitab.

“PAKHAD” yang berasal dari kata “PAKHADA” berarti takut, ketakutan. Ketakutan yang dimaksud adalah ketakutan negatif. Takut karena trauma sehingga timbul rasa benci kepada sesuatu atau kepada seseorang, dll.

Untuk dapat menguasai kecenderungan kita kepada ketakutan, kita perlu memahami perbedaan antara perasaan takut dan roh ketakutan.

*PERASAAN TAKUT*

Tuhan memberikan perasaan takut kepada kita untuk menolong kita menanggapi keadaan-keadaan yang mengancam hidup kita.

Jangan berpikir bahwa hanya manusia yang diberikan Tuhan rasa takut itu. Coba saja Saudara mengagetkan seekor kucing, dipastikan binatang itu akan bangkit berdiri dengan ekor yang terangkat plus bulu-bulunya yang meruncing ke sana-sini. Manusia pun perlu rasa takut untuk keamanannya. Misalnya, setiap pintu rumah dipastikan telah terkunci pada malam hari untuk aman dari pencurian, membayar pajak dengan tepat waktu bukan karena mengasihi si petugas pajak tapi untuk menghindari konsekuensi masuk penjara.

Allah juga menanam perasaan takut dalam moral Saudara untuk membuat Saudara gelisah karena dosa-dosa.

Mazmur 119:120 - Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu.

Alasan yang paling kuat kenapa Saudara memilih untuk takut kepada Tuhan tentunya karena Saudara takut masuk neraka. Coba bayangkan jika neraka tidak menakutkan atau bahkan enak untuk ada di sana, yah hampir setara dengan Sorga-lah, maka dipastikan kita akan memilih untuk berada di sana.

*ROH KETAKUTAN*

Roh ketakutan adalah produk neraka dan raja kegelapan (Iblis). Tahukah bahwa, krisis terbesar Saudara berasal dariketakutan akan masalah bukan kehadiran masalah?! Psikiater menggambarkan roh ketakutan sebagai "fobia'. Ada 75 fobia yang menjadi penyebab : ketakutan abnormal, tidak rasional dan melumpuhkan pikiran.

Dosa lahir di taman Eden, ketika manusia jatuh dalam dosa àAdam ketakutan dan bersembunyi dari Tuhan. Padahal sebelumnya mereka tidak pernah takut untuk bertemu dengan Tuhan.

*Akibat Roh ketakutan :*

*1. Menyerang pikiran*

Elia adalah nabi luar biasa yang baru saja mengalahkan 850 nabi palsu, kemudian ia diancam oleh seorang perempuan dan ia "ketakutan'.

1 Raja-Raja 19:4 - Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: "Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku."

*2. Ketakutan itu menular.*

Ketika Goliat menantang orang Israel , tiba-tiba semua prajurit Israel ketakutan, mulai dari raja sampai prajuritnya.

1 Samuel 17:11 - Ketika Saul dan segenap orang Israel mendengar perkataan orang Filistin itu, maka cemaslah hati mereka dan sangat ketakutan.

*3. Ketakutan bisa menjadi nubuat yang menggenapi dirinya sendiri.*

Ayub 3:25 - Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku.

*4. Ketakutan dapat merampas warisan rohani.*

Dua belas pengintai mengintai tanah perjanjian, 10 orang diantaranya menjadi ketakutan dan akhirnya mereka tidak dapat masuk ke tanah perjanjian Tuhan.

Bilangan 14:29-30 - Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepada-Ku. Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!

Mari Kita Belajar untuk mengalahkan roh ketakutan dalam hidup kita, kita percaya bahwa di dalam Tuhan Yesus ada Masa Depan yang Gilang Gemilang. Tuhan Yesus memberkati.

Amin

Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer