PANGGUNG-MIMBAR ATAU MEZBAH

Bp.  Pdt Petrus Hadi
14 Juli 2019
*Panggung, Mimbar atau Mezbah?*


_Yesaya 60:1-6 (TB)  Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.
Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.
Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.
Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong.
Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.
Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN._


---° apa yang kita dengar itu akan punya pengaruh yang besar.
Mana yg kita pilih untuk didengar?  Sudut yg positif atau Negatif? 
Pandangan gelap maka yg dilihat adalah Gelap
Pandangan terang maka akan teranglah jalan kita.
Telinga kita dihadapkan ke Dunia atau Tuhan? 






_Yesaya 60:7 (TB)  Segala kambing domba Kedar akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku sebagai korban yang berkenan kepada-Ku, dan Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku._


--° Persoalan nya Mezbah Tuhan itu apakah sudah ada ditengah kita?  Atau bahkan belum jadi karena belum dibangun....
Apa yang akan dipersembahkan kalau mezbah nya blm ada?
Ujung dari ayat diatas adalah *MEZBAH* nya...


Mezbah bicara Tentang Kedagingan yang diletakkan dikorbankan dibakar dan mati..


Bicara 3 hal diatas ( Tema) bicara tentang sikap Hati.. Bicara banyak tentang Nilai kesetiaan...
Dimulai dari kita harus terus kejar sedemikian rupa untuk berubah dari Panggung ,Mimbar ke Mezbah..


*PANGGUNG*
Segala sesuatu yang sentris nya diri sendiri.
Yang penting AKU! Yang Puas hanya untuk diri sendiri,  cari Penghargaan... Ga bisa all out dan sukacita saat Pelayanan tdk hasilkan Uang bahkan.
Ga perlu pikirkan yang lain... Kerugian orang lain.




*MIMBAR*
Itu hanya sekedar melakukan Tugas.  Bukan lagi karena Passion dan Cinta.




*MEZBAH*
Ini bicara Korban, paling tdk enaknya disembelih, dibakar.. Yang dikejar adalah Perkenanan Tuhan.. Hidup hanya untuk senangkan Tuhan,  lewati masa nggak enak.. Tetapi motivasinya mencintai Tuhan.


Th 1979, awal saya Bertobat tidak mudah untuk Mencintai Tuhan.. Mencintai Tuhan berarti mencintai Allah Bapa.. 


Mari lihat contoh :


*_Matius 6:2-4 (TB)  Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.
Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."_*


---° (v.2) yang dipersembahkan blm mati,  blm ditaruh diatas mezbah.. Jadi masih bisa teriak.. Masih minta dihargai.. Dan Hatinya merasa berjasa dan curi kemuliaan Tuhan.
Jangan mengeluh,  berespon lah yang benar..


*_Matius 5:23-24 (TB)  Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,
tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu._*


---° trnyata saat menaruh sesuatu diatas Mezbah itu tidak asal,  tidak sembarangan... Bahkan saat hatinya blm bersih beres harus diselesaikan lebih dahulu.. Karena bisa menjadi kendala Nilai Mezbah dihadapan Tuhan. 
Jangan bicara ketidakcocokan..  Buang kemarahan, kebencian dan dendam...  Buang Rasa dan sikap Kekanak-kanakan..




*_Kisah Para Rasul 5:1-4 (TB)  Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah.
Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul.
Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."_*


---° JANGAN SUKA MENAHAN APA YANG TUHAN TARUH DIHATI, YANG TUHAN PERINTAHKAN.. 
Trnyata Ananias memberi persembahan ke Tuhan tanah yang jelek,ditambah Menahan dan ujungnya adalah Kematian..
Mau tidak mau Mezbah Tuhan itu harus ada..




*_1 Korintus 9:13 (TB)  Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu?_*


---° Tuhan akan berikan berkat kepada seseorang saat ada di Posisi Mezbah.. Bukan Panggung atau Mimbar.. 
Apapun yang kita lakukan selama hati dan pengertian kita terus kejar untuk terus mau di mezbah Tuhan,  ada kerinduan dan kemauan untuk terus di mezbah Tuhan..maka Sentuhan NYA akan terjadi,  Sentuhannya Tuhan akan terus ada didalam hidup kita.


Pilihan nya Dunia, Manusia,  atau Tuhan?
Panggung,  Mimbar,  atau Mezbah?

Komentar

Postingan Populer