JEMAAT PERGAMUS

*JEMAAT PERGAMUS*

*PEDANG BERMATA DUA*

*Wahyu 2:12 (TB)  "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua:*

PERGAMUS dalam bahasa Yunani berasal dari kata *Pergamos G4010* Yang Artinya *Height, Elevation : Tinggi, Ketinggian*

*PERGAMUS artinya :*

*Perkawinan, mercusuar, suatu bentang yang tinggi.*


Firman Allah ini memiliki ketajaman yang sungguh sehingga mampu membedakan pertimbangan dan pikiran kita

*Ibrani 4:12 (TB)  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.*

Untuk Menerima *Warisan Ilahi* kita harus memotong setiap Kedagingan kita, emosi sampah, motong setiap kemarahan, Kekecewaan, kepahitan kita

*Ada Dua Macam Perkataan :*

*Perkataan yang Menyakitkan Hati*
*Perkataan yang Menyatakan Kebenaran*

Jemaat PERGAMUS ini Mempunyai Kuasa Perkataan ada Otoritas dalam Perkataan.

Kesaksian : Seorang Hamba Tuhan dari Kota Jepara yang mempunyai seorang istri yang cerewet, ketika ia berkata kamu kok mulutnya cerewet sekali nanti mulutmu bergeser kemudian mulut istrinya bergeser, Istri dia menangis terus lalu didoakan dengan ditumpangi tangan langsung kembali normal.

*PRESTASI*

Wahyu 2 : 13. Walaupun ada di takhta iblis mereka berani :

*Berpegang kepada nama Yesus*

*Tidak menyangkal iman kepada Yesus*.
Matius 10 : 32-33; 2 Timotius 2 : 12. Jangan menyangkal Yesus hanya karena materi atau kedudukan. Ingat Petrus menyangkal Yesus tiga kali.


*DICELA*

Wahyu 2 : 14-15.

Karena mereka menganut doktrin Bileam (2 Petrus 2 : 15). Bileam menerima upah untuk mengutuk Bangsa Israel. Tetapi dalam Bilangan 23 mencatat bahwa Bileam tidak bisa mengutuk orang Israel, justru Bileam memberkati mereka. Mengapa bisa demikian? Karena Israel berkemah dalam posisi salib (hidup di dalam salib).

Saat kita berjalan Firman Allah, jangan takut terhadap apa pun karena itu adalah jaminan dari Tuhan .

Supaya bisa dikutuk, orang Israel harus dibelokkan dari PRINSIP SALIB atau ajaran sehat.

*"menyesatkan" (YUN) -* *Ballo, artinyamenyebarkan, melemparkan, melepaskan hal tanpa peduli di man aia jatuh.*


*Disesatkan dalam hal apa?*

Makan persembahan berhala (1 Korintus 10 : 19-22)

Berbuat zinah (Semua bentuk dosa sexual)

Berpegang pada ajaran Nikolaus. NIkolaus ini adalah seorang dari tujuh orang pilihan. Ia menyimpang dari ajaran sehat dan mengajarkan : orang Kristen bebas berbuat apa saja, karena sudah diselamatkan dan mencampur baurkan kekristenan dan kekafiran (bisa ikut adat tradisi agama penduduk sekitar). Wahyu 2 : 20-23.


*BARANGSIAPA MENANG -- Wahyu 2 : 17*

Kata "*Menang*" (Bahasa Yunani) - *Nikao yang artinya :menaklukkan. *


Yang bisa menaklukkan akan diberi :

*MANNA TERSEMBUNYI*

*Diberikan Manna yang tersembunyi* *(pemeliharaan Allah).*

*Manna adalah simbol berkat Allah*

Manna (Ibrani: מָן - MAN, Yunani: μάννα - MANNA) adalah bahan makanan pokok umat Israel selama 40 tahun mengembara di padang gurun (Keluaran 16:35). Tatkala Israel bersungut-sungut karena kekurangan makanan di padang gurun Sinai, Allah menurunkan 'hujan roti dari langit' untuk mereka (Keluaran 16:4; Mazmur 78:23-24). Pemberian makanan ini tidak berhenti sampai mereka memasuki tanah Kanaan dan makan dari hasil negeri itu (Yosua 5:12), walaupun mereka sering bersungut-sungut (Bilangan 11:6; bnd Nehemia 9:20). Tiap tahun Israel harus memungut satu gomer tiap hari selama 5 hari, dan dua kali lipat pada hari keenam untuk keperluan hari Sabat, karena pada hari itu manna tidak akan turun.

Manna ini disembunyikan disana untuk satu kali akan diberikan kepada orang-orang yang terhisap dalam Kerajaan Tuhan Yesus Kristus.

*BATU PUTIH*

*Batu putih adalah tanda pemulihan nama baik atau pembebasan, nama baru*

Ada Tiga Pengertian Tentang Batu Putih Yaitu :

*BATU PUTIH SEBAGAI MEDALI KEMENANGAN*

*BATU PUTIH - PAKAIAN IMAM*
Salah satu batu dalam Pakaian Imam memang berwarna "putih", yaitu batu יַהֲלֹם - YAHALOM, (Diamond/ Intan/ Berlian), batu untuk suku Zebulon.

*BATU PUTIH - BATU PENJURU - LAMBANG KESUCIAN*

Rahasia "batu putih" di sini adalah Sang Mesias sendiri. Warna Putih dalam Alkitab melambangkan kemurnian atau kesucian. Selain itu "batu" menunjuk kepada Kristus yang juga disebut sebagai "batu penjuru yang utama", dan Dia adalah "Sang Batu Karang" (1 Korintus 10:4, Matius 21:42, Yesaya 28:16). 1 Korintus 10:4 berkata kepada kita:

* 1 Korintus 10:4
LAI TB, dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang (PETRA) itu ialah Kristus.

Dikaruniakan batu putih dengan nama baru .
Ingat : Abram menjadi Abraham, Sarai menjadi Sara

Ingat namamu bukan lagi Yakub. Tetapi Israel.
Dimeteraikan nama Allah di dalamnya sebagai bukti milik Allah.

(Roma 8 : 31-37). Kita lebih dari pada orang-orang yang menang.

Pilihan ada pada kita. Mau kalah atau menang. Kalau kita mau menang maka teruslah maju ikut Tuhan. Jangan takut, janji Tuhan menyertai kita.

18 Agustus 2019
Rhema Yang Saya Dapatkan Dari Membaca Buku WARISAN TUJUH JEMAAT

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer