ROSH HASHANAH 5780

*ROSH HASHANAH 5780*
*JKI SHEKINAH GLORY*
*Minggu 29 September 2019*
*Pdt Petrus Hadi Mulja Santoso*

Shalom

Hari ini ada beberapa teman kita ada di Israel, baru pulang hari Rabu besok..

Ada Berita yang menarik, bahwa Tahun Baru kali ini di Israel ada yang berbeda..
Mereka Menemukan ada orang-orang Jewish yang sudah jadi Anak Tuhan, perjuangan yang sedemikian rupa dan betapa Ajaib Nya.

Mari kita buka : Roma 11:17-18* (TB)  Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah,
janganlah kamu bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu.

Meskipun masih ada beberapa kaum Israel yang menolak Tuhan Yesus sebagai Mesias, namun Tuhan Yesus merindukan mereka kembali kepada Tuhan.

Ada beberapa cabang yang dipatahkan dari pohon zaitun liar. Kita adalah cabang-cabang liar yang dicangkokkan ke pohon zaitun yang penuh getah.

ROSH Hashanah berbicara tentang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. Kita adalah orang-orang yang menyerap dari Pohon Zaitun yang bergerak.

Saat ini mari Kita Belajar apa yang Tuhan mau didalam kita *Memasuki Rosh Hashanah Tahun Pey*

Mari kita buka 2 Samuel 11:1 (TB)  Pada pergantian tahun, pada waktu raja-raja biasanya maju berperang, maka Daud menyuruh Yoab maju beserta orang-orangnya dan seluruh orang Israel. Mereka memusnahkan bani Amon dan mengepung kota Raba, sedang Daud sendiri tinggal di Yerusalem.

Hari ini saya tidak memusingkan perayaannya tetapi pada saat pergantian tahun pada saat Raja-Raja Israel maju berperang. Pada saat Pergantian tahun Raja-Raja Israel untuk menaikkan harkat dan derajat rakyat maka mereka maju berperang.

Tahun Israel adalah tahun yang paling tua diantara tahun-tahun yang ada di dunia ini.

*ROSH Hashanah Tahun Pey ini mari kita pelajari PesanNya dan HatiNya*

Pada saat Pergantian tahun ini ada Pesan Tuhan secara khusus dan ada Favor Tuhan yang khusus.

*Tahun Pey ini adalah Tahun Mulut, Mulutnya siapa ? Mulutnya Tuhan*

Mari kita memperhatikan Mulut nya Tuhan.

Contohnya : 1 Samuel 15:22 (TB)  Tetapi jawab Samuel: "Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan.

Mari kita mendengarkan apa yang Tuhan mau kita lakukan di Tahun Pey ini. Mendengar suara Tuhan dan maunya Tuhan jauh lebih penting dari segalanya. Ketika kita mau mempersembahkan sebuah korban kita harus tahu selera dan hatiNya. Dalam hidup kita yang penting adalah Mengenal HatiNya dan Mengetahui Seleranya

Mari Kita Dengar Suaranya dan Mengenal HatiNya.

*Di Tahun Pey ini Mari Kita perhatikan apa yang Tuhan mau dan dengarkan PesanNya.*

*Hari-Hari ini kita sangat penting untuk mendengar suara Tuhan*

Mari kita buka Pengkhotbah 5:1-2 (TB)  (4-17) Jagalah langkahmu, kalau engkau berjalan ke rumah Allah! Menghampiri untuk mendengar adalah lebih baik dari pada mempersembahkan korban yang dilakukan oleh orang-orang bodoh, karena mereka tidak tahu, bahwa mereka berbuat jahat.
(5-1) Janganlah terburu-buru dengan mulutmu, dan janganlah hatimu lekas-lekas mengeluarkan perkataan di hadapan Allah, karena Allah ada di sorga dan engkau di bumi; oleh sebab itu, biarlah perkataanmu sedikit.

*Mari kita belajar untuk memperhatikan apa yang Tuhan suka* Kita Belajar memberikan korban yang Tuhan suka.

Kita buka 1 Petrus 3:10 (TB)  "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.

*Kita harus mencintai hidup, mau melihat Hari-Hari baik dalam hidup kita sepanjang Tahun Pey ini, kita harus menjaga perkataan kita, jaga lidah kita dari yang jahat*

Kita lihat dari hidup Daud, dia tidak mau mengatai Saul. Di Tahun Pey ini adalah *Hati-Hati dengan Roh Dusta*

*Matius 12:37* (TB)  *Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."*

Di Tahun Pey ini semua Perkataan kita semua dihitung dan tidak asal bunyi. Di Tahun Pey semua harus dihitung dan ditimbang.

*Lukas 11:54*(TB)  *Untuk itu mereka berusaha memancing-Nya, supaya mereka dapat menangkap-Nya berdasarkan sesuatu yang diucapkan-Nya.*

Pada saat Ahli Taurat dan Imam-imam Menunggu Ucapan Tuhan Yesus yang salah agar mereka dapat menangkap Tuhan Yesus.

Di Tahun Pey ini kita harus hati-hati dengan Ucapan kita supaya tidak dituntut oleh iblis.

Kita harus belajar untuk memperbanyak kita tenggelam di Hadirat Tuhan dan baca Firman Tuhan, Renungkan Firman Tuhan.

*Matius 12:36* (TB)  Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.


Setiap Perkataan kita dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan.

Setiap Perkataan kita punya Otoritas dan Integritas.

*Efesus 4:29*(TB)  Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

*Jangan sampai Perkataan Kotor keluar dari mulut kita*

*Kolose 3:8-9*(TB)  Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.
Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, 

Di tahun Pey ini setiap Perkataan kita Diurapi oleh Tuhan. Jaga Perkataan kita.

*Lidah itu kecil dan jahat sehingga perlu ditaklukkan*

_Yesaya 10:27_(TB)  _Pada waktu itu beban yang ditimpakan mereka atas bahumu akan terbuang, dan kuk yang diletakkan mereka atas tengkukmu akan lenyap."_(10-27b) Asyur telah muncul dari Rimon

 *Isaiah 10:27 (NHEB)  It will happen in that day, that his burden will depart from off your shoulder, and his yoke from off your neck, *and the yoke shall be destroyed because of the anointing oil.*

*Ayub 42:6* (TB)  *Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu."*

1 Korintus 2:6 (TB)  Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan.

Di Tahun Pey ini Mulut kita harus Penuh Dengan Hikmat Tuhan.

Roma 12:1-2 (TB)  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kita harus mengalami Pembaharuan Akal Budi di Tahun Pey ini.

Matius 16:23 (TB)  Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."

Contohnya : Petrus

Amin

Penulis Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer