PERAYAAN SUKKOT 5780

*PERAYAAN SUKKOT 5780*
*JKI SHEKINAH GLORY*
*MINGGU 13 OKTOBER 2019*
*Pdt Petrus Hadi Mulja Santoso*

Shalom

Mari Kita Lihat Ezra 3:1-4 (TB)  Ketika tiba bulan yang ketujuh, setelah orang Israel menetap di kota-kotanya, maka serentak berkumpullah seluruh rakyat di Yerusalem.
Maka mulailah Yesua bin Yozadak beserta saudara-saudaranya, para imam itu, dan Zerubabel bin Sealtiel beserta saudara-saudaranya membangun mezbah Allah Israel untuk mempersembahkan korban bakaran di atasnya, sesuai dengan yang ada tertulis dalam kitab Taurat Musa, abdi Allah. 
Mereka mendirikan mezbah itu di tempatnya semula, sungguhpun mereka ketakutan terhadap penduduk negeri, lalu mereka mempersembahkan di atasnya korban bakaran kepada TUHAN, korban bakaran waktu pagi dan waktu petang. 
Mereka juga mengadakan hari raya Pondok Daun, sesuai dengan yang ada tertulis, dan mempersembahkan korban bakaran hari demi hari menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan, yakni setiap hari menurut yang ditetapkan untuk hari itu. 

Ezra adalah seorang Ahli Kitab, pada zaman Ezra bangsa Yahudi dikuasai oleh Bangsa Persia.

Pada saat itu Ezra ingin mendirikan Bait Allah, ia meminta ijin Raja Koresh, Raja mengijinkan Ezra mendirikan Bait Allah, bahkan Raja Koresh memberikan emas dan perak untuk membangun Bait Allah.

Sebelum Ezra membangun, ia Mempelajari Tentang Letak Mezbah dalam Bait Allah.

Kita harus membangun Mezbah Tuhan dalam hidup kita Sebelum kita menerima Janji Tuhan. Kita tidak boleh menjadi batu sandungan, kita harus menjadi berkat bagi orang lain.

Bangsa Israel Mendirikan Mezbah Tuhan disaat kondisi mereka tidak aman

Mari kita buka Ezra 3:4 (TB)  Mereka juga mengadakan hari raya Pondok Daun, sesuai dengan yang ada tertulis, dan mempersembahkan korban bakaran hari demi hari menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan, yakni setiap hari menurut yang ditetapkan untuk hari itu. 

*MENGAPA KITA MERAYAKAN HARI RAYA SUKKOT ?*

*DEFINISI SUKKOT*

Hari Raya Pondok Daun (bahasa Ibrani: סוכות or סֻכּוֹת, sukkōt) atau perayaan Tabernakel adalah sebuah Hari Raya Yahudi; merupakan perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen yang dirayakan selama tujuh hari pada bulan purnama di antara bulan September dan Oktober.

Sukkot” (yang juga dikenal dengan ejaan “Succot” atau “Sukkos”, atau dalam Bahasa Indonesia, perayaan “Pondok Daun”) adalah hari raya Yahudi yang jatuh pada tanggal 15 bulan "Tishri", tepat lima hari setelah hari raya “Yom Kippur”. Sukkot pada awalnya adalah suatu bentuk perayaan kaum petani untuk mengucap syukur kepada Tuhan atas panen yang berhasil. Ini adalah perayaan yang penuh sukaria yang berlangsung selama 7-8 hari dengan berbagai praktik tradisional yang menyertainya. Yang paling terkenal di antaranya adalah pembangunan “Sukkah”, suatu pondok atau gubuk kecil sebagai gambaran tempat tinggal para petani di zaman lampau sekaligus tempat tinggal sementara yang digunakan oleh Nabi Musa dan seluruh Bangsa Israel selama pengembaraan 40 tahun di padang gurun.

Bangsa Israel pada saat Masa Ezra merayakan Hari Raya Sukkot dalam keadaan Ketakutan.

*Mari kita serap semua Berkat Tuhan dalam Perayaan Sukkot*

*Hari Raya Sukkot ini adalah Harvest Festival* Hari Raya Sukkot ini merayakan peristiwa keluar nya Bangsa Israel dari Mesir dan mengembara selama 40 tahun di Padang Gurun. Saat mereka mengembara itulah mereka mendirikan pondok demi pondok selama di Padang Gurun.

Hari Raya Sukkot ini mengingatkan mereka darimana mereka di ambil.

Kita harus ingat selalu dari mana kita diambil. Tuhan Yesus tidak pernah berhutang dan jerih payah kita tidak akan sia-sia.

*Seringkali kita meruntuhkan apa yang sudah kita bangun dengan Omelan kita, gerutuan kita, kemarahan kita, Sungut-sungut kita.* Kita harus mengetahui dan mengerti dari mana kita diambil.

Di Hari Raya Sukkot ini Tuhan mau kita jangan merasa diri kita paling susah, paling menderita, paling melarat.

Selama Tujuh Hari Raya Sukkot dilakukan Hari Pengucapan Syukur. Dari Rosh Hashanah Sampai Ke Sukkot adalah Tujuh hari. Mari kita masuki Masa Tujuh Tahun Anugerah Tuhan yang besar.

Umat Israel selama tujuh hari datang ke Bait Allah sambil membawa Persembahan sebagai Ucapan Syukur.

Kita harus melewati apa yang tidak enak dalam hidup kita dengan Ucapan Syukur.

*SIKAP SEPERTI APA TUHAN YESUS DALAM MERAYAKAN PONDOK DAUN ?*

*TUHAN YESUS TERUS BERKELILING - TIDAK STAGNAN*

Mari kita buka Yohanes 7:1 (TB)  Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-Nya.

Tuhan Yesus tidak pernah berhenti di satu kota, dia terus berjalan, jika dia tidak berpindah ke tempat lain maka orang-orang Yahudi akan membunuhnya

Setiap orang pasti memiliki *Zona Nyaman* hal ini yang menyebabkan kita tidak mau bergerak. Kita harus belajar untuk terus bergerak dan tidak menjadi stag.

Perayaan Hari Raya Sukkot ini untuk mengingat Mujizat yang Tuhan lakukan mulai dari Mesir Sampai Ke Tanah Perjanjian.

Kita harus belajar Mengingat setiap Mujizat-Mujizat yang terjadi di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kita tidak boleh berhenti di satu Pengalaman saja.

*HATI-HATI DENGAN ZONA NYAMAN*

Contohnya : Pertempuran Yom Kippur

Perang Yom Kippur, dikenal juga dengan nama Perang Oktober adalah perang yang terjadi pada tanggal 6 - 26 Oktober 1973 antara negara Israel melawan koalisi negara-negara Arab yang dipimpin oleh Mesir dan Suriah. Perang ini berakhir dengan kekalahan negara-negara Arab. Sumber : Wikipedia

Kita harus terus bergerak sama seperti Tuhan Yesus terus bergerak.

*WAKTU TUHAN*

Yohanes 7:8 (TB)  Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap."

Tuhan Yesus tidak mau pergi atas kehendak manusia. Dia menurut kepada Kehendak Bapa.

Seringkali kita bergerak atas kemauan sendiri bukan karena kehendak Tuhan.

Seringkali kita hanya mau melakukan apa yang kita suka dan tidak mau melakukan apa yang kita tidak suka.

Tuhan Yesus melakukan Kehendak Bapa. Mari kita buka Yohanes 7:6 (TB)  Maka jawab Yesus kepada mereka: "Waktu-Ku belum tiba, tetapi bagi kamu selalu ada waktu.

Jika kita mengutamakan apa yang Tuhan mau maka Tuhan akan mengutamakan hidup kita.

*Waktu Tuhan adalah Waktu Yang Terbaik*

*JANGAN HIDUP DARI APA KATA ORANG*

Yohanes 7:12 (TB)  Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata: "Ia orang baik." Ada pula yang berkata: "Tidak, Ia menyesatkan rakyat."

Jangan kita hidup apa kata orang tetapi belajar hidup apa kata Tuhan. Tetapi kita bukan berarti hidup seenaknya. Kita harus belajar menundukkan diri kepada Tuhan.

*Ini adalah Masa Anugerah Tuhan yang luar biasa, saya mendengar Bunyi Derau Hujan*

*Penglihatan Bu Linda : sewaktu saya dan Bu Linda berdoa untuk pergi ke Israel, dia melihat pintu gerbang terbuka sedikit dan lama kelamaan akan tertutup. Mungkin sebentar lagi Pintu Gerbang Ke Israel akan tertutup, kami belum tahu penyebabnya*

*Kita Hidup Tidak Boleh Santai*

*Derau Hujan akan turun : Kita akan menerima Berkat-berkat yang besar yang belum pernah kita terima*

*HATI-HATI DENGAN PERKATAAN*

Yohanes 7:18 (TB)  Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.

Di Tahun Pey ini kita harus berhati-hati dengan perkataan kita. Jaga mulut kita. Apa yang kita katakan penuh kuasa dan otoritas.

Kita harus melihat Sikap dan Cara Tuhan
Kita harus belajar KERENDAHAN HATI dari Tuhan Yesus
Kita harus belajar dari Ketaatan Seperti Tuhan Yesus.

Jangan Mengucap Perkataan yang negatif.

*HIDUP SUNGGUH-SUNGGUH DALAM TUHAN*

Yohanes 7:30 (TB)  Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorang pun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya belum tiba.

Jika kita Hidup sungguh-sungguh Didalam Tuhan maka setan tidak bisa menyentuh kita..

*Tuhan selalu menyertai kita*

*WAKTU PERPANJANGAN ANUGERAH*

Yohanes 7:33 (TB)  Maka kata Yesus: "Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku.

Mari kita pergunakan waktu perpanjangan Anugerah Tuhan ini dengan sungguh-sungguh.

*PUNCAK PERAYAAN*

Yohanes 7:37 (TB)  Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!

Minuman Yang Dari Tuhan menyebabkan kita tetap kuat untuk berjalan.

*Ilustrasi:*

Menurut Penelitian Di Afrika, Kehidupan Singa mempunyai koloni. Satu Koloni mempunyai seekor Singa Jantan, ada beberapa Singa Betina. Kemudian Betina ini melahirkan Singa-singa muda, singa jantan muda akan diusir keluar oleh ayahnya. Singa Jantan muda ini jika ingin mempunyai pasangan maka ia akan mengaum, jika Auman singa jantan ini berhasil maka Singa Jantan yang lama akan keluar dan Singa Jantan muda ini akan bisa menguasai Koloni Singa-singa betina.

Iblis akan seperti singa yang mengaum-aum dia akan menakut-nakuti kita. Jika kita didalam Tuhan maka iblis tidak bisa menyentuh kita.

Auman kita menggetarkan dunia. Ini Tahun Pey kita ucapkan Perkataan yang Tuhan mau.

*Jangan sampai kita takut karena Tuhan menyertai kita*

Ini waktu Gereja-gereja di Indonesia mengaum jika kita diam saja maka kita akan habis. Setan akan terus mengintimidasi kita supaya kita takut.

Mari kita katakan Masa Depan Kita Didalam Tuhan adalah Masa Depan yang penuh dengan Harapan dan Gilang gemilang.

*Caranya Kita Kuat : Menyembah Tuhan, Membaca Firman Tuhan, Deklarasi Perjanjian Tuhan, Dengar Kotbah-kotbah yang Tuhan mau kita dengar kan.* Amin

Penulis Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer