KELETIHAN JIWA

*KELETIHAN JIWA*
*MINGGU, 1 DESEMBER 2019*
*IBADAH RAYA SORE*
*JKI HIGHER THAN EVER*
*Pdt Victor Kristijanto Purnomo*

Shalom

Mari kita buka Mazmur 61:2 (TB)  (61-3) Dari ujung bumi aku berseru kepada-Mu, karena hatiku lemah lesu; tuntunlah aku ke gunung batu yang terlalu tinggi bagiku.

Daud Mengalami Keletihan di Jiwa, Dia berseru kepada Tuhan karena hatinya lemah lesu. Daud merasa ada gunung batu yang terlalu tinggi bagi dia.

*Tuntunlah Aku artinya ada yang memegang tangannya saat menaiki gunung terjal*

Hari ini kita belajar dari Elia yang mengalami Keletihan di Jiwa.

1 Raja-raja 18:36-40 (TB)  Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: "Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.
Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali."
Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.
Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: "TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!"
Kata Elia kepada mereka: "Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorang pun dari mereka tidak boleh luput." Setelah ditangkap, Elia membawa mereka ke sungai Kison dan menyembelih mereka di sana.

Elia Mengalami banyak hal yang Supranatural di dalam hidup nya. Dia membunuh lebih dari 400 Nabi-nabi Baal dan Nabi-nabi Asytoret diatas Gunung Karmel.

Elia Mengalami Kemenangan Yang Besar, namun Elia Mengalami Keletihan Di Jiwa.

Elia mendahului kereta Ahab, Elia Sampai Ke Yizreel.

1 Raja-raja 18:45-46 (TB)  Maka dalam sekejap mata langit menjadi kelam oleh awan badai, lalu turunlah hujan yang lebat. Ahab naik kereta lalu pergi ke Yizreel.
Tetapi kuasa TUHAN berlaku atas Elia. Ia mengikat pinggangnya dan berlari mendahului Ahab sampai ke jalan yang menuju Yizreel.

Hidup kita kuat karena Kuasa Tuhan.

*ELIA DIGUNUNG HOREB*

1 Raja-raja 19:1-4 (TB)  Ketika Ahab memberitahukan kepada Izebel segala yang dilakukan Elia dan perihal Elia membunuh semua nabi itu dengan pedang,
maka Izebel menyuruh seorang suruhan mengatakan kepada Elia: "Beginilah kiranya para allah menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jika besok kira-kira pada waktu ini aku tidak membuat nyawamu sama seperti nyawa salah seorang dari mereka itu."
Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya; dan setelah sampai ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana.
Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: "Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku."

*Elia Mengalami Keletihan*

Kita tidak hidup dalam 24 jam Pengurapan. Ketika Elia tidak berada dalam Pengurapan, Elia Mengalami Intimidasi Izebel saat ia tidak berada dalam Pengurapan dan Kuasa Tuhan

*Elia Mengalami Sendirian*

Disaat Elia sendirian, ia mengalami Ketakutan, ia merasakan intimidasi dari Izebel.

*Elia Berada Di Padang Gurun*

Saat Elia Mengalami Keletihan dan Jiwanya Lemah.

Saat Elia lelah, ia tertidur dan ia dibangunkan oleh Malaikat Tuhan, ia disuruh makan roti bakar.

Ketika kita merasa letih, kita harus makan lebih banyak Firman Tuhan. Kita baca Firman Tuhan lebih banyak lagi.

Setelah Elia Makan Roti Bakar, ia pergi berjalan ke Gunung HOREB atau Sinai.

Musa naik ke atas Gunung HOREB, disana ia membuat Loh Batu, Musa Mendapatkan REVELATION dan Musa Mendapatkan Gambaran Tentang Kemah Tabernakel. Musa menulis Kitab mulai dari Kitab Keluaran, Bilangan, Ulangan.

Perjumpaan dengan Tuhan maka semuanya terbuka rahasia-rahasia dari Tuhan.

*TUHAN MENJUMPAI ELIA*

1 Raja-raja 19:11-13 (TB)  Lalu firman-Nya: "Keluarlah dan berdiri di atas gunung itu di hadapan TUHAN!" Maka TUHAN lalu! Angin besar dan kuat, yang membelah gunung-gunung dan memecahkan bukit-bukit batu, mendahului TUHAN. Tetapi tidak ada TUHAN dalam angin itu. Dan sesudah angin itu datanglah gempa. Tetapi tidak ada TUHAN dalam gempa itu.
Dan sesudah gempa itu datanglah api. Tetapi tidak ada TUHAN dalam api itu. Dan sesudah api itu datanglah bunyi angin sepoi-sepoi basa.
Segera sesudah Elia mendengarnya, ia menyelubungi mukanya dengan jubahnya, lalu pergi ke luar dan berdiri di pintu gua itu. Maka datanglah suara kepadanya yang berbunyi: "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?"

DALAM THE SECRET PLACE IMAM BESAR BERTEMU DENGAN TUHAN

TUHAN ingin menjumpai kita di SECRET PLACE nya

Perjumpaan dengan Tuhan akan mengubah hidup kita.

Tuhan menyuruh Elia kembali ke jalan yang benar, Tuhan memberikan Visi-Visi yang baru.

Elia menutup hidupnya dengan kemenangan besar.

Elia menutup hidupnya dengan Kemuliaan Tuhan, ia dijemput kereta kuda berapi

Daud adalah Orang Yang Mengalami RESTORE.

DISAAT DAUD TERJEPIT DIA MENGUATKAN KEPERCAYAAN NYA.

DAUD TERUS MENCARI TUHAN SAMPAI JIWANYA DIPULIHKAN.

AMIN

Penulis Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer