MENJADI CIPTAAN BARU

MENJADI CIPTAAN YANG BARU


2 Korintus 5 : 16-21
Sesuatu yang baru biasanya menarik perhatian orang. Barang-barang elektronik, otomotif, alat rumah tangga, perawatan kecantikan seringkali membuat orang tertarik untuk memperhatikan bahkan kadang-kadang ingin memilikinya. Tentu tidak mengherankan jika orang tertarik untuk memiliki sesuatu yang baru dalam kehidupannya. Beberapa alasan seseorang ingin memiliki sesuatu yang baru diantaranya yang lama sudah rusak, tidak menarik lagi, tidak sesuai kebutuhan dan mungkin juga sekedaar ingin mencoba sesuatu yang baru.
Semua hal yang ada di dunia ini pada mulanya merupakan sesuatu yang baru namun sejalan dengan perjalanan waktu yang baru akan menjadi lama. Demikian pula manusia, seiring dengan bettambahnya waktu manusia akan menjadi ‘makhluk lama’ yang oada waktunya akan meninggalkan dunia ini. Jika demikiam kenyataannya maka sesuatu yang baru hanya akan sebentar saja usiannya sebab akan segera menjadi lama bahkan kemudian hilang.
Berbeda dengan kehidupan yang fana ini, Paulus dalam 2 Korintus 5 : 16-21 mengajarkan kepada kita bahwa manusia yang berada dalam Kristus akan dalam ciptaan baru. Apannya yang baru ? Tubuh manusia akan tetapi menjadi renta, lemah bahkan kemudian meninghal. Bukan tubuh akan tetapi akan menjadi renta, lemah bahkan kemudian meninggal. Bukan tubuh atau badannya yang berubah menjadi baru akan tetapi kepercayaan, kesetiaan, semangat, perjuangan dan kehidupannya setelah mati akan menjadi. Paulus mencontohkan dengan jelas kehidupan yang menjadi baru setelah ia menyerahkan dirinya kepada Kristus.
Menjadi ciptaan baru dimulai dengan pertobatan Bacaan Lukas 15 : 11b – 32 mengingatkan pertobatan anak bungsu kepada bapanya yang menjadi dia sebagai ‘anak baru’ . Demikian pula Bangsa Israel yang di kisahkan pada  Yosua 5 : 9 – 12 yang dihapuskan segala celannya dan dijadikan baru setelah mereka bertobat kepada Tuhan. Sebagai umat Tuhan yang hidup saat ini, kita juga telah diperbaharui oleh  Kristus dan tugas kita adalah menjag agar tetap menjadi ciptaan baru.
Ada 3 poin utama untuk menjadi Ciptaan Baru :
1. Seseorang baru akan menjadi ciptaan baru setelah dia mengakui dosa.
2. Kematian Yesus menjadi simbolik matinya dosa dan bangkitnya Yesus menjadi simbolik kehidupan baru.
3. Ciptaan baru juga mampu meninggalkan prakmatis dalam kehidupan kita, ciptaan batu mampu menerima cara baru Allah yang penuh dengan misteri.
Tidak melihat seseorang dari tampilan.
Tuhan Memberkati Kita

Komentar

Postingan Populer