BAPA SURGAWI

BAPA SURGAWI


Message ini adalah kelanjutan dari message kemarin.

Kita sedang membahas tentang pentingnya memastikan setiap orang percaya harus memiliki adanya aliran air hidup yang bisa membawa terobosan atau perubahan dalam hidup setiap orang yang berinteraksi dengan dirinya.

Selama ini ada banyak orang percaya yang jadi kehilangan dampak atau pengaruh dengan hilangnya aliran air hidup dalam diri mereka. Penyebabnya adalah karena:

1. Aspek menyimpan ganjalan dalam hati

2. Aspek kekuatiran dan ketakutan

Matius 6:25 (TB) "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu...
(6:27) Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?
(6:31) Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?
(6:32) Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

1 Petrus 5:7-8 (TB) Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Dalam kehidupan orang percaya, adalah tidak normal untuk terus 'diganggu' dengan berbagai perasaan, firasat ataupun pemikiran-pemikiran yang membuat galau, gundah, takut maupun kuatir atas apa pun juga! Sadari sungguh-sungguh bahwa segera setelah kita menjadi Ciptaan Baru, status kita bukanlah lagi manusia biasa, namun kita adalah anak dari Yang Maha Tinggi! Bahkan Sang Pencipta itu sendiri sudah memanggil Dirinya sebagai seorang Bapa bagi kita dan Dia adalah Bapa yang terbaik! Sebelum muncul adanya rasa butuh sesuatu, Dia sudah menyediakan kebutuhan kita tersebut. Sebagai seorang Bapa, Dia selalu merancangkan hal-hal yang terbaik bagi kita, bahkan Dia sudah menetapkan masa depan yang gilang gemilang dan penuh pengharapan bagi kita! Rancangan-Nya atas hidup kita adalah selalu 'Happy Ending' - jika sekarang kita 'masih belum happy', artinya Dia memang masih belum selesai melakukan proses pembentukan yang Dia ingin lakukan dalam hidup kita. Jadi teruslah percaya dan melangkah mengikuti arahan Roh-Nya!

Bahkan di saat kita sedang tidak akurat pun, sebagai seorang Bapa, Dia tetap setia pada janji-Nya! Dia selalu menguatkan kita dan membukakan jalan keluar bagi segala bentuk permasalahan yang sedang kita hadapi (1 Korintus 10:13). Jadi, sudah sewajarnya untu kita selalu menjalani hari-hari kehidupan kita dengan kadar sukacita dan damai sejahtera yang terus melimpah!

Ketakutan dan kekuatiran merupakan 'tipu muslihat' Musuh yang membuat mata hati kita jadi teralihkan dari yang seharusnya selalu berfokus kepada-Nya, berubah jadi tidak lagi melekat kepada-Nya, tapi mulai 'ditarik keluar dari naungan anugerah-Nya' dan mulai mengandalkan kemampuan manusiawi kita! Inilah yang kemudian membuat aliran air hidup dalam batin kita jadi tersumbat dan kita justru hidup di bawah kutuk! (Yeremia 17:5-10).

Yang seharusnya kita lakukan adalah memastikan pikiran kita selalu tertuju atau berfokus kepada hal-hal yang dari Roh (Roma 8:5-6), selalu memikirkan hal-hal yg baik, positif dan yang membuat diri kita jadi selalu optimis dalam menjalani hari-hari kita (Filipi 4:8). Karena sesungguhnya, semua pemikiran yang melintasi pikiran kita dan mulai membuat kita jadi kuatir atau takut merupakan 'suara-suara yang berasal dari alam roh' - Iblis sedang bertindak seperti seekor singa yang dengan aumannya mengintimidasi dan menakut-nakuti semua penghuni hutan. Inilah yang menyumbat aliran air hidup dalam diri kita sebagai orang percaya! Sebaliknya, dengan kita terus memastikan pikiran kita tertuju kepada Kristus dan penggenapan rencana-Nya, sesungguhnya setiap pikiran kita juga merupakan suatu doa di hadapan hadirat Tuhan! (Efesus 3:20).

Saya berdoa, biarlah mulai hari ini, setiap orang yang membaca Daily Devotion ini akan mendapati bekerjanya roh terobosan dalam kehidupannya - memastikan selalu ada aliran air hidup dalam batinya. Dengan adanya aliran air hidup dalam dirimu, marilah kita bangkit dalam kuasa Roh untuk melayani bangsa ini! Mari kita putuskan mata rantai penyebaran roh ketakutan, kekuatiran atau paranoid yang sedang mengintimidasi Indonesia bahkan bangsa-bangsa melalui merebaknya penyebaran virus Corona! Biarlah terang Tuhan dalam hidupmu mulai menerangi kegelapan yang sedang mencengkeram bangsa-bangsa. Berhentilah men-share berita-berita yang membuat banyak orang jadi bertambah takut - semua itu harus berhenti di HP kita! Sebaliknya, mulailah mem-viralkan kabar baik! Jadilah the Agent of Transformation bagi bangsa ini! #AkuCintaTuhan

Ps. Steven Agustinus

(Bagi Anda pengguna Instagram, ikuti IG terbaru Ps. Steven Agustinus di @psstevenpersonal – Gbu)

Komentar

Postingan Populer