METAMORFOSIS

*METAMORFOSIS*


*Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.*

Roma 12 : 2

Shalom

Siang ini saya mendapatkan Rhema dari Tuhan Mengenai *Metamorfosis*

Menarik untuk kita cermati kata “berubahlah”. Dalam alkitab versi NKJV, kata “berubahlah” memakai kata “transformed” yang dalam Bahasa asli (yunani) nya memakai kata ‘metamorphoo’ yang berarti change (berubah) atau transfigure (merubah bentuk). Kata ini memakai bentuk verb present passive imperatives yang berarti suatu tindakan atau sikap yang harus kita pertahankan secara terus menerus.

Kata setelah kata ‘berubahlah” yaitu kata “pembaruan budimu” dalam Bahasa aslinya kata “pembaruan” memakai kata “anakainosis”  yang berarti renewing (pembaruan) atau renovation (renovasi).

Hal ini menunjuk kepada sesuatu yang diubahkan, diperbaharui atau dibuat dalam bentuk lain. Sedangkan kata “budi” memakai kata “nous” yang bisa memiliki arti mind (pikiran), the intellect (kecerdasan), understanding (pengertian).

Ternyata, perubahan yang harus kita lakukan bukan sebuah perubahan yang terjadi sekali dalam sebuah peristiwa yang terjadi dalam sekejap melainkan sebuah proses yang berlangsung secara terus-menerus. Proses ini digambarkan seperti sebuah garis panjang bukan sebuah titik. Perubahan ini terletak pada perubahan pikiran.

Ilustrasi : Seekor Ulat kemudian menjadi kepompong, sebelum menjadi Kupu-kupu, kepompong itu akan menggunakan kekuatan nya untuk melubangi kepompong Sampai ia bisa keluar dari kepompong itu dan ia terbang menjadi kupu-kupu.

Kita juga harus belajar untuk terus berubah menjadi seperti Tuhan Yesus Kristus. Hidup kita ada pembaharuan akal Budi kita dan menjadi seperti Kristus.

Selasa 3 Maret 2020
Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer