MEMBANGUN MEZBAH

*MEMBANGUN MEZBAH*
*Pdt Petrus Agung Purnomo*


 Kalau anda perhatikan sebelum peristiwa di Mesir terjadi maka rupanya yang menonjol adalah 2x Abraham MEMBANGUN MEZBAH. Dan Tuhan berkata “ satu yang membuat hatiKU cinta banget dengan orang ini adalah karena MEZBAHnya “. Kalau anda baca sampai akhir hidupnya, setiap kali ia mencapai satu tempat atau ia mengalami apapun maka ia orang yang sigap membangun akan mezbah.

 Lalu saya bilang begini, “ Tuhan kenapa MEZBAH ? “, “ itulah caranya ia selalu menghadap kepadaKU dan muncul dalam hadiratKU “.

 Saudara sekalian lepas dari apapun yang anda dengar pengajaran Benny Hin dan seandainya anda tidak mudeng, atau anda lihat dia mendoakan orang,  kalau saya peras INTINYA adalah ia mengajar KITA PUNYA HADIRAT TUHAN DALAM HIDUP KITA, dan ternyata itulah MEZBAH DALAM HIDUPMU.

 Bahkan Tuhan berkata begini “ nak, orang yang setiap saat tahu membangun MEZBAH, dia akan mengalami blessing yang ajaib “, saya berkata  “ Tuhan apa kaitan MEZBAH dengan berkat mendadak yang Abraham terima?, kalau orang itu kerja dengan semua yang dia usahakan butuh berapa lama dapat kekayaan pemberian Firaun?, tetapi kenapa lewat MEZBAH semuanya CEPAT, lalu Tuhan tunjukan satu ayat yang ajaib sekali, mari kita lihat Mazmur 84 :

 Psa 84:1  Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Gitit. Mazmur bani Korah. (84-2) Betapa disenangi tempat kediaman-Mu, ya TUHAN semesta alam!

Psa 84:2  (84-3) Jiwaku hancur karena merindukan pelataran-pelataran TUHAN ( pelataran adalah tempat Mezbah ada ) ; hatiku dan dagingku bersorak-sorai kepada Allah yang hidup.

Psa 84:3  (84-4) Bahkan burung pipit telah mendapat sebuah rumah, dan burung layang-layang sebuah sarang, tempat menaruh anak-anaknya, pada mezbah-mezbah-Mu, ya TUHAN semesta alam, ya Rajaku dan Allahku!

Tempat paling aman, paling secure,  ada pada MEZBAH-MEZBAH TUHAN artinya MEZBAH bukan hanya dibangun 1x tapi harus berulang-ulang, HUBUNGAN kita dengan Tuhan tidak boleh hanya 1x sekian puluh tahun yang lalu tapi setiap hari bangun MEZBAH dalam kehidupan kita dan naikan doa penyembahan kita dengan MEZBAH itu.

 Kita lanjutkan lagi, lalu ayat ke 11 adalah point yang penting sekali

 Psa 84:10  (84-11) Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik.

 Saya mau ulang pada ayat yang ke 11 ini, saudara saya di dorong Tuhan, coba pelajari ayat ini , saya mau tunjukan, kata BAIK disini artinya :

Excellent

Prosperity

Welfare

Benefit

Favor

Precious

 Alkitab berkata lebih baik artinya lebih excellent, lebih membuat anda berkelimpahan, lebih membuat engkau sejahtera, lebih engkau mendapat keuntungan, lebih engkau mendapatkan kemurahan, kemudahan, lebih engkau mendapatkan yang berharga dalam 1 hari dirumah Tuhan dipelataranNya daripada seribu hari ditempat lain,

 ini pengertiannya :

 Kalau kita membangun MEZBAH pada kehidupan kita, anda adalah orang yang tiap kali menyebut nama Tuhan maka engkau bisa ada di hadiratNya, kalau engkau membangun sebuah KEINTIMAN dengan Tuhan, kalau engkau membangun sebuah PENYEMBAHAN didalam kehidupanmu dihadapan Tuhan, kalau setiap kali suaramu naik memanggil namaNYA dan tiba-tiba engkau tahu Tuhan begitu dekat dan hadiratNya begitu pekat dalam kehidupan anda maka satu hari itu akan lebih membuat anda berkelimpahan, lebih excellent, lebih sejahtera, lebih punya keuntungan, lebih punya anugerah dan kemudahan, lebih punya hal-hal yang precious dibandingkan 1000 hari ditempat lain,

 artinya begini :

 Kalau ditempat lain anda menghasilkan sejumlah itu membutuhkan waktu 1000 hari atau -/+ 3 tahun, maka kalau anda punya MEZBAH dalam hidupmu maka dalam 1 hari akan engkau capai dalam hidupmu.

 Dan Tuhan berkata “ Sudah waktunya anak-anakKU ngerti itu “, seringkali kita tidak punya MEZBAH walaupun kita saat teduh,  anda baca alkitab, anda berdoa sebentar tapi engkau tidak punya MEZBAH, karena setiap kali engkau bicara, setiap kali engkau datang ke Tuhan tidak ada sesuatu yang bisa menarik hatiNYA untuk datang dan melingkupi anda dengan anugerahNya.

 Orang yang membangun MEZBAH adalah orang yang setiap kali dia duduk menghadap TuhanNya, atau mungkin dia lagi di mobil atau di pesawat atau dibus atau dimana pun, tiap kali dia penjamkan matanya dan hatinya berkata “ TUHAN “ tiba-tiba dia tahu dia bukan didunia ini lagi, spiritnya atau manusia rohnya sedang berhadapan dengan Tuhan yang ajaib, yang begitu mengasihi dan begitu berkuasa.

 Tetapi sebagian besar orang Kristen dia tidak punya itu, otaknya jalan terus, tidak salah anda menggunakannya untuk hal-hal yang baik, tidak salah, tapi kalau itu diluar MEZBAHnya apa yang seharusnya 1 hari anda dapatkan maka engkau harus bekerja 3 tahun untuk mendapatkannya.

 Hari ini Tuhan mau berbicara “ nak sampaikan kepada anak-anakKU waktu PERCEPATAN sudah tiba tapi caranya harus didepan MEZBAH “.

 Kalau kita masing-masing pribadi membangun akan sebuah HUBUNGAN YANG INTIM dengan Tuhan, apapun engkau bicara dengan Tuhan, apapun engkau ungkapkan hatimu ke Tuhan, saudara akan melihat sesuatu yang berbeda akan terjadi tetapi kita sering kali melakukan yang lain, yang kita pandang baik yang kita lakukan dan ujungnya kita tidak membangun MEZBAH sama sekali. Mazmur mengatakan “ ada MEZBAH-MEZBAH “ artinya ada lebih dari satu MEZBAH yang harus dibangun. Dan inilah hari-hari PERCEPATAN itu.

 Saya melihat ajaib, ini hari-hari yang buat saya berkata “ Tuhan terlalu ajaib “, apa yang buat orang lain anda harus kejar, anda harus cari, anda harus mengupayakan, tiba-tiba di MEZBAHNYA dalam kehendakNYA itu muncul dihadapan kita. Dan apa yang Tuhan katakan “ lebih baik, lebih berkelimpahan, lebih excellent, lebih sejahtera, lebih menguntungkan, lebih terima kemurahan dan kemudahan, lebih berharga, satu hari dipelataran Tuhan ditempat dimana MEZBAH itu ada, lebih menguntungkan dibandingkan 1000 hari di tempat lain, minimal perbandingannya 1 hari berbanding 3 tahun.

 Pertanyaannya adalah apakah anda hari ini adalah orang yang sedang 3 tahun mencoba meraih sesuatu?, sebagian berkata “ sudah 30 tahun pak “, atau engkau berkata “ biar aku bangun MEZBAH Tuhan dan MEZBAH itu akan naik dihadapan Tuhan setiap saat “. Mezbah itu tempat dari batu dikasih kayu dinyalakan apinya, tapi MEZBAH itu hanya bisa menyala setiap kali ada KORBAN ditaruh diatasnya, kalau KORBANNYA berhenti maka apinya padam.

 MEZBAH artinya engkau taruh DAGINGMU ditempat itu dan engkau berkata “ Tuhan dagingku maunya begini, mauMU apa?, taruh disitu “.

Orang yang bisa seperti itu ia MEMBANGUN MEZBAH, itu bukan teriak-teriak bahasa roh walaupun bahasa roh itu penting, itu bukan orang yang nyembah nyanyi nangis-nangis walaupun itu Tuhan juga suka karena keluar dari hatimu daripada anda beku nangis pun tak bisa tapi MEZBAH YANG SEJATI ADALAH DAGINGMU TARUH DISITU. Ada orang-orang yang penuh dengan kebencian, engkau mau membangun MEZBAH, letakkan kebencianmu biar dibakar habis di MEZBAHNYA. Percuma anda teriak-teriak bahasa roh hidupmu penuh dengan kebencian. Anda penuh dengan kemarahan taruh sembelih kemarahan di MEZBAHNYA. Saya beritahu percuma anda teriak-teriak bahasa roh, mau nari, mau joget, mau tertawa terbahak-bahak 36 jam, tidak ada gunanya kalau tidak ada MEZBAH anda taruh. Buat Tuhan DIA berkata “ Buat apa kalau KEDAGINGANMU TETAP NO 1 dalam hidupmu “.

 Banyak orang tidak bisa bangun MEZBAH karena ketika MEZBAH dibangun itu bukan tumpukan batu, harus ada SACRIFICE yang ditaruh diatasnya dan dibiarkan terbakar dan itu bagian yang sulit.

 Banyak orang berteori tentang DOA, saya beritahu saudara, simple, “ SEMBELIH DAGINGMU TARUH DIMEZBAH IKUTI KATANYA TUHAN TIDAK KATA DAGINGMU SENDIRI “.

 Saya melihat ada terlalu banyak orang yang tidak bisa bangun MEZBAH dan kita mengeluh berkata “ saya tidak bisa pak merasakan HADIRAT TUHAN, saya tidak ngerti pak soal URAPAN, saya tidak tahu pak Tuhan bicara apa “, kalaupun Tuhan bicara menurut saya kacau itu, sudah tidak jelas, Tuhan kalau ngomong itu tidak belat belit, satu kata dia ngomong jelas, clear, apa yang harus dibuat, kenapa kacau?, sebab MEZBAHnya tidak ada. Ada orang-orang yang begitu kuat dipikirannya tidak pernah kau taruh di MEZBAHNYA. Apa yang terjadi asapnya hitam dan tidak bisa naik keatas.

 Saya berdoa tidak ada orang yang gagal MEZBAHNYA, sebab kalau MEZBAHMU gagal terlalu mengerikan. Ada orang bertanya “ apa itu pak contohnya MEZBAH yang gagal ? ”. Coba buka Kejadian 4 : 3 – 8 :

Gen 4:3  Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan;

Gen 4:4  Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu,

Gen 4:5  tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.

Gen 4:6  Firman TUHAN kepada Kain: “Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?

Gen 4:7  Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.”

 Anda perhatikan orang yang gagal MEZBAHnya itu begini, apinya bukan api Tuhan tapi apinya api asing yang menghanguskan dirinya sendiri, ketika Tuhan ngajak bicara dia begitu marah, sampai Tuhan pun tidak disahutinya. Saudara raja Saul juga sama belum waktu dan bukan haknnya membangun MEZBAH waktu itu harusnya adalah Samuel, dia melakukannya, ditegur, marah, dan jubah Samuel dikoyak. Selalu kecenderungannya adalah menyakiti orang lain, melukai orang lain, membunuh orang lain, ITU MEZBAH YANG GAGAL.

Kalau MEZBAH KITA GAGAL, perhatikan baik-baik, jiwa orang itu labil, tidak pernah bisa tenang, tidak pernah bisa mengendalikan dirinya, emosinya, ledakannya, kemarahannya, sakit hatinya NO 1. Sebab MEZBAHNYA GAGAL.

Saya pernah lihat gambar bagaimana Kain memberikan korban, Habel itu asapnya naik sampai ke sorga, Kain asapnya balik kedirinya sampai ia batuk-batuk, Gambarnya itu mengerikan.

Alkitab berkata “ orang yang berpengertian itu COOL SPIRIT, adem dalemnya “. Kalau anda ketemu Tuhan tidak ada marahnya, “ saya marah dihadirat Tuhan “,  wah cepat mati saudara kesamber tenan “.

Bangun MEZBAH !, ini menyangkut soal PERCEPATAN dalam kehidupan kita.

Yang orang lain 3 tahun kerjakan tetapi anda dan saya cukup 1 hari. Tapi kalau engkau merupakan MEZBAH YANG GAGAL itulah MASALAH. Dan believe me lah, anda boleh punya kartu nama pendoa, orang lain mungkin percaya, saya tidak, sebab engkau tidak pernah bisa bangun MEZBAH yang benar dihadapan Tuhan. Kain seperti itu ketika ditegur Tuhan tidak disahut, ayat berikutnya dia bunuh adiknya.

Saya diceritain si Felix punya anjing Pitbul, katanya baru gigit orang, termasuk majikannya digigit, saya omelin kenapa anjing gitu dipelihara. Itu anjing kalau sudah marah cirinya telinganya menutup, kalau sudah kena trauma mata gelap majikannya yang begitu mencintainya di cokot juga. Memang Felix agak gemuk enak digigit mungkin ya, tapi itukan majikanne, itu waktu gigit diteriaki orang engga dengar, kenapa?, TELINGANYA NUTUP. Jangan kaya Pitbul, itu MEZBAH YANG GAGAL !, siapa disini suami atau istri yang diomongin sudah tak bisa, ngomong “ pa, ma … mezbah gagal, pitbul blecky blecky keluaar…keluar, jangan keras – keras tengkingannya “, Sander tenan. “ Sampai heran loh kamu digigit?, ditunjukan gigitannya, aku bilang gini “ bo kamu menderita karena Yesus tuh rodo gagah kok menderita di cokot asune dewe “ .

Tapi manusia dalam KEDAGINGANNYA, kalau anda tidak punya MEZBAH ini sebetulnya JIWAMU LABIL,  karena selalu orang tanpa Tuhan itu berlobang dalamnya itu kosong, ketika itu kosong, loh anda…berkata “ saya punya Yesus pak, …saya pendoa pak…, itu kosong tetap kosong, “ jadi selama ini apa pak?,  agamawi …, itu bukan hubungan dengan Tuhan… tidak kelihatan buahnya tok “.

Anjing jenis itu pendedam, saya pernah dengar tuh di satu kota, anjing jenis yang sama digodain sama perempuan setelah sekian minggu, tiba-tiba anjing ini lepas keluar, si perempuan lagi jalan-jalan, sander…saudara, pendendam, nutup telinganya, bahaya.

Coba lihat kanan kiri saudara, apa ada yang nutup telinganya hari ini, tidak mau mendengar suara Tuhan, MEZBAH YANG GAGAL. Kain diomongin Tuhan, ditegur, diam…, Saudara bisa lihat tidak?, kalau sampai Tuhan ngomong tidak disahutin, anda ngerti orang bangun MEZBAH gagal itu sampai kurang ajarnya seperti itu, raja Saul sampai merobek jubahnya Samuel, padahal Samuel yang mengurapi dia, sudah tidak bisa diberi tahu, sudah nutup telinganya, mengerikan sekali.

Saya berdoa, ayo bangun MEZBAH, tiap kali dagingmu ingin sesuatu, dan sebetulnya hati kecilmu tahu Tuhan tidak suka maka letakkan di MEZBAHNYA, sesakit apapun taruh itu, naikan dihadapan Tuhan, saudara akan lihat PERCEPATAN Tuhan dalam hidupmu itu luar biasa.

Kalau anda lihat Abraham, Ishak, Yakub, tidak ada satu pun yang hidupnya dikuasai oleh emosinya dalamnya itu STABIL. Ishak itu dibawa naik diikat mau dibunuh, tidak teriak sama sekali, diam, dalamnya TENANG. Yakub di tipu berkali-kali oleh Laban, sebelumnya alkitab berkata Yakub orang yang tenang dan suka tinggal dikemah, cirinya sama TENANG, orang bangun MEZBAH itu TENANG DALAMNYA. Yusuf 13 tahun teraniaya tidak ada marahnya, tidak ada bencinya, ketemu semua saudaranya ia memberkati mereka, TENANG dalamnya, MEZBAHNYA jalan. Sampai kalau anda baca Israel juga sama, hal yang sama juga dengan Salomo COOL, ada 2 orang ibu rebutan bayi, dia selesaikan dengan TEDUH dan TENANG.

Kalau anda betul orang yang NO 7, anda harus punya KETENANGAN yang sama, itu hanya muncul jika MEZBAHMU jalan dan naik dihadapan Tuhan.

 Lihat ayat ke 8 :

Gen 4:8  Kata Kain kepada Habel, adiknya: “Marilah kita pergi ke padang.” Ketika mereka ada di padang, tiba-tiba Kain memukul Habel, adiknya itu, lalu membunuh dia.

Tuhan tidak dijawab, nutup telinganya, Kristen pitbul mata gelap, Indikasinya tidak sekali mati, di pukul dulu jatuh dibunuh, anda bisa bayangkan Tuhan sudah ngomong tidak disahutin, MEZBAH yang gagal seperti ini.

MEZBAH yang jadi akan melahirkan PERCEPATAN.

Ketika Tuhan marah dan Kain dibuang.

Gen 4:11  Maka sekarang, terkutuklah engkau, terbuang jauh dari tanah yang mengangakan mulutnya untuk menerima darah adikmu itu dari tanganmu.

Gen 4:16  Lalu Kain pergi dari hadapan TUHAN dan ia menetap di tanah Nod, di sebelah timur Eden.

Kalau anda dan saya gagal membangun MEZBAH, satu kali engkau akan terlalu jauh dari hadapan Tuhan. Saudara ini bukan soal bahasa roh, ini bukan soal manifestasi ketika Roh Tuhan kerja tetapi….

Ini soal DAILY, anda MEMBANGUN MEZBAH HARI DEMI HARI, TARUH KORBAN DAGINGMU, yang engkau suka dan engkau tahu Tuhan tidak suka, letakkan.

Tapi berapa banyak yang rela seperti itu, kalau anda berpikir kekristenan adalah KEGIATAN, anda sedang salah besar, kalau anda berpikir kekristenan merupakan sebuah AKTIVITAS, itu salah besar.

Kekristenan adalah ketika kita taruh apa yang Tuhan tidak suka dan kita suka tapi kita taruh di MEZBAHNYA.

Tiap kali kau lakukan itu, tiap kali kau membiarkan DAGINGMU DISALIB, tiap kali kau membiarkan batu dihantamkan ke hidup mu dan engkau hanya mengangkat tangan, anda sedang membangun MEZBAH yang luar biasa.

Tidak ada sakit hati, tidak ada kemarahan, tidak ada kebencian, tidak ada kelabilan di jiwamu, yang ada Cuma KETENANGAN, COOL SPIRIT , anda menyembah ke Tuhan dan disitulah orang-orang seperti ini tiap kali dia hanya menyebut nama Tuhan Yesusnya, tiba-tiba HADIRAT TUHAN akan turun, kemanapun dia pergi dia bisa sebut nama itu dan HADIRATNYA turun dengan cara yang luar biasa. Tiba- tiba KETENANGAN ILAHI dimiliki dalam hidupnya, tidak ada lagi kemarahan.

Orang bertemu dengan kita dan orang berkata “  aku lihat ada sesuatu yang ajaib dalam hidupnya karena ada HADIRAT TUHAN “. Lalu apapun yang kita sentuh tiba-tiba semuanya jadi dengan cara Tuhan yang luar biasa. Sebab dia tinggal DIPELATARANNYA, di zaman itu Abraham belum punya dupa untuk masuk ke ruang maha kudus, dia pakai MEZBAH tapi bani Korah mengatakan “ baru di pelataranNYA saja dalam 1 hari anda menghasilkan apa yang orang kerjakan dalam 3 tahun “, bukankah itu ANUGERAH yang DIA sediakan buat kita. Ada PERCEPATAN TUHAN sedang Tuhan kerjakan dalam hidup anak-anakNYa.

Saya berdoa kita belajar MEMBANGUN MEZBAH hari demi hari. Yang percaya katakan. Amin.

Disalin Oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer