TAMAN GETSEMANI

*TAMAN GETSEMANI*
*IBADAH JUMAT AGUNG ONLINE*
*JUMAT 10 APRIL 2020*
*JKI HIGHER THAN EVER*
*Pdt Victor Kristijanto Purnomo*


Getsemani adalah Tempat Malam Terakhir Sebelum Tuhan Yesus dijual, ditangkap, disiksa dan disalibkan.

*Getsemani artinya Tempat Pemerasan Minyak*

Taman Getsemani (bahasa Yunani: ΓεσΘημανι, Gesthēmani bahasa Ibrani: גת שמנים, Aram גת שמנא, Gat Šmānê) adalah sebuah taman di kaki bukit Zaitun di Yerusalem, Israel dan dipercaya sebagai tempat Yesus berdoa yang terakhir kalinya sebelum disalibkan.


Kata Gethsemane muncul pada Injil Matius dan Injil Markus berbahasa Yunani sebagai Γεθσημανἱ (Gethsēmani). Kata ini berasal dari Assyria ܓܕܣܡ (Gaṯ-Šmāne), yang artinya “alat pemeras (penghasil) minyak”. Matius 26:32 dan Markus 14:32 menyebutnya χωρἰον (kho-ree’-on) atau “tempat”. Injil Yohanes 18:1 mengatakan Yesus memasuki sebuah “taman” κῆπος (kēpos) bersama dengan murid-muridnya.


Di Taman Getsemani itu ada sebuah Perkebunan Zaitun yang tidak begitu besar dan ditempat ini juga ada Tempat Pemerasan Minyak Zaitun dan Penyulingan minyak zaitun.

Buah Zaitun itu dihancurkan dan digiling halus dengan batu sampai menghasilkan bubur zaitun, kemudian ampasnya dibuang sampai tersisa Juice, kemudian air dipisahkan dari minyak. Air dibuang dan minyak diolah menjadi minyak untuk menyalakan lampu dan semua kebutuhan orang Yahudi.

Ketika Buah Zaitun itu *dipress* atau ditekan maka keluar minyak zaitun. Kita ingat kembali Perempuan Bijaksana, Gadis yang bijaksana membawa lampu dan persediaan minyak untuk menyambut Kedatangan Mempelai Pria.

Di Taman Getsemani ada tekanan dan tekanan itu memunculkan *Yang Terbaik atau Precious*

Ketika kita mengalami Tekanan di dalam hidup kita yang dihasilkan adalah Yang *Terbaik dan Berharga* didalam hidup kita.

Ketika Buah Zaitun itu ditekan dan dihancurkan maka ia mengeluarkan Minyak Zaitun yang Terbaik.

*Ada orang-orang yang mengalami tekanan, Mereka mengambil keputusan untuk melewati Getsemani dan itu menghasilkan Minyak Zaitun yang berharga*

Semua Kita Harus Mengalami Getsemani terlebih dahulu sebelum kita mengalami *Kemenangan dan Kemuliaan*

*ADA APA DI GETSEMANI ?*

*TEMPAT DUKA CITA MATIUS 26:36-38*

Getsemani adalah *The Place The Great Sorrow* Di Taman Getsemani ada Dukacita, Siksaan, Tuhan Yesus menanggung segala dosa manusia di dunia, Dia yang tidak pernah berbuat dosa harus menanggung dosa manusia. Tuhan Yesus Mengalami Hal-hal yang sangat mengerikan.

Tuhan Yesus harus mengalami kengerian dan seluruh dosa umat manusia ditimpakan kepada dirinya.

Kenapa Bapa Di Surga Memalingkan WajahNya ? Karena Bapa tidak tahan melihat Tuhan Yesus menanggung semua dosa-dosa kita diseluruh dunia diatas Kayu Salib.

Tuhan Yesus menanggung semua Dukacita dunia.

Di Taman Getsemani Tuhan Yesus mengambil semua Dukacita dan Penderitaan kita semua.

*TEMPAT PENDERITAAN - THE GREAT SUFFERING*

*Kita Baca Lukas 22:44*

Getsemani adalah Tempat Penderitaan dan Ketakutan. Tuhan Yesus ketakutan sampai pembuluh darah Yesus pecah, darah itu bercampur dengan tetesan keringat Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus rela melewati jalan yang sukar supaya kita dapat melewati penderitaan.

*TEMPAT DIA SENDIRIAN - THE GREAT LONELINESS*

Mari Kita Buka Matius 26:40. Ketika Tuhan Yesus berdoa di Taman Getsemani, ia mengajak tiga muridNya namun Murid-muridNya Tertidur, Tuhan Yesus berdoa dan bergumul sendirian, tidak ada yang menemani Dia.

Ada orang-orang yang merasakan kesepian, sendirian, dia merasa tidak ada yang dapat mengerti saya, tidak bisa merasakan perasaan ku.

Tuhan Yesus Mengerti Perasaan mu Dia mengambil semua kesepian mu, Dia mau menjadi Sahabat mu ! Aku Sahabatmu yang akan mendampingi mu. Dia mengerti rasa kesepian mu.

Tuhan Yesus mengatakan *Jangan Takut* Dia tidak pernah meninggalkan mu, Dia mengerti Perasaan mu.

*TEMPAT PENYERAHAN TOTAL*

Mari Kita Baca Matius 26:39,42 Di Taman Getsemani Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita Tentang Berserah Total. Tuhan Yesus berserah diri kepada Allah Bapa dan Ia taat melaksanakan Kehendak BapaNya.

Mari Kita Belajar BERSERAH TOTAL Kepada Tuhan, Mari Kita Percaya Tuhan Yesus Menolong Hidupmu

*Ada Doa Yang Kuat dinaikkan oleh Tuhan Yesus di Getsemani* Sampai Sekarang TUHAN YESUS masih Bersyafaat Untuk Kita.

*TEMPAT PENGHIBURAN*

Di Getsemani ada Tempat Penghiburan. Tuhan Yesus memberikan Kekuatan Baru Didalam Hidup Kita.

Orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan akan memberikan Kekuatan Baru (Yesaya 40:31)

*TEMPAT DIPERMALUKAN SANGAT BESAR*

Mari Kita Buka Matius 26 : 47-48, 56. Hari itu ada Perasaan Malu dan gagal ada seorang murid Tuhan Yesus yang mengkhianati Dia. Tujuan supaya kita tidak dipermalukan.

Tuhan Yesus mengambil semua rasa malumu.

*TEMPAT KEMENANGAN BESAR*

Mari Kita Buka Matius 26:46 Di Getsemani adalah Tempat Kemenangan Besar. Mari Kita pergi artinya *Hadapi Hari-Hari Didepan*

Tuhan Yesus tahu ia akan ditangkap. Dia berani menghadapi hari esok. Dia melalui Jalan Salib dan Ia Menerima Kemenangan Besar.

Dia lakukan semuanya untuk kita supaya kita mengalami Kemenangan Besar. Dia angkat semua rasa takutmu, rasa malumu, Dia angkat sakit Penyakit mu.

Tuhan Yesus sedang mengalirkan Kemenangan Besar di dalam hidup kita.

Kesaksian : Orang Yang Lolos Dari Tenggelamnya Kapal Titanic.

Biarlah hari ini kita mengalami Kasih dan AnugerahNya yang ajaib dalam hidup kita. Amin

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer