ALLAH ABRAHAM ISHAK DAN YAKUB

*ALLAH ABRAHAM, ISHAK DAN YAKUB*
*IBADAH RAYA ONLINE PAGI*
*MINGGU, 31 MEI 2020*
*Pdt Victor Kristijanto Purnomo*



Shalom

*Keluaran 3:6 (TB)  Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.*

Hari itu Tuhan Menjumpai Musa, Ia memperkenalkan diri sebagai Allahnya Abraham, Ishak dan Yakub. Saat itu ALLAH menjumpai Musa dalam bentuk Semak Berapi. Ketika Musa Melihat Semak Berapi maka Musa mendekati Semak Berapi itu.

Tuhan selalu tarik kita dan membuat kita penasaran. Dia tarik kita untuk mendekat kepada Tuhan.

Ada sebuah Nama yang *Luar Biasa* di dalam Nama Allah Abraham, Ishak dan Yakub.

Pada masa sekarang kita mempunyai Identitas, Identitas kita baik Paspor atau KTP, didalam Paspor tersebut ada identitas diri kita, melalui Identitas tersebut. Orang-orang Mengenal melalui Identitas tersebut.

Pada waktu itu belum ada KTP, orang-orang dikenal dari daerah mana, misalnya Yesus Orang Nazaret itu. Yusuf Arimatea, mari kita belajar mengenai ALLAH ABRAHAM ISHAK DAN YAKUB.

*ALLAH ABRAHAM*

Kejadian 12:1-4 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 
Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.
Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." 
Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lot pun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran.

Allah memanggil Abram untuk keluar dari negeri Haram. Jarak diantara Nuh dan Abraham : 292 tahun. Ada rentang waktu yang sangat panjang dari Nuh sampai Ke Abraham.

Pada waktu umur 75 tahun Abraham mulai mengerti dan mengenal Panggilan Tuhan dalam hidup dia.

*Abraham adalah seorang yang merespon dengan cepat akan Panggilan Tuhan*

Abraham melakukan Perintah Tuhan penuh ketaatan walaupun Perintah Tuhan itu tidak masuk akal.

Karena Ketaatan Abraham melakukan Perintah Tuhan maka Abraham disebut *Sahabat Allah*

Abraham adalah seorang yang mendengar Suara Tuhan dan dengan Penuh Ketaatan ia melakukan Kehendak Tuhan.

Ketika Tuhan Meminta Kepada Abraham untuk mempersembahkan Korban Bakaran yaitu Anaknya yang tunggal, ia sendiri Menyiapkan Kayu Bakar dan Berjalan Bersama Ishak dan bujangnya.

Ada Dua Pilihan Saat itu : *Abraham Taat* atau Abraham *marah dan kecewa*

Kenapa Tuhan Meminta Kepada Abraham Untuk Mempersembahkan Korban Bakaran yaitu Anak yang tunggal ? Karena Tuhan sedang menguji kesetiaan dan ketaatan Abraham.

Abraham lulus ujian ketaatan dan Imannya sehingga Abraham disebut Sahabat Allah. Allah bangga disebut sebagai *Allah Abraham*

*ALLAH ISHAK*

*Kejadian 17:19 (TB)  Tetapi Allah berfirman: "Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.*

Ishak lahir karena Perjanjian Tuhan dengan Abraham. Ishak lahir secara ajaib. Abraham memberikan atau mewariskan yang baik kepada Ishak.

Hidup Ishak nyaris sempurna. Ishak dipersembahkan oleh Abraham diatas Gunung Moria, ia membawa kayu bakar di punggungnya dan ia berjalan bersama Abraham. Ia bertanya kepada Abraham, Ayah disini ada kayu bakar dan api, dimana Korbannya, Abraham menjawab Tuhan menyediakan. Ishak tidak bertanya lagi kepada Abraham, ia jalan bersama dengan Abraham ke Atas Gunung. Ishak tidak memberontak, ia taat.

Ishak pun Mengenai Jodohnya dicarikan oleh Abraham. Abraham mengutus Eliezer untuk menjemput Ribkah di rumah sanak saudaranya. Ishak *Mendapatkan Warisan dari Abraham.*

*Ishak juga menggali kembali Sumur-sumur Abraham* Perjalanan Ishak sangat enak, walaupun Ishak Mengalami Proses Yang Crusial, ketika ia naik ke Gunung Moria. Ishak lulus ujian sehingga Allah bangga disebut *Allahnya Ishak*

Mezbah didirikan dan Korban SACRIFICE diberikan diatas Mezbah.

*ALLAH YAKUB*

*Kejadian 25:26 (TB)  Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub. Ishak berumur enam puluh tahun pada waktu mereka lahir.*

Yakub lahir memegang Tumit Esau. Yakub sangat menginginkan Hak Kesulungan. Yakub sejak didalam kandungan mempunyai Inquity atau Kecenderungan untuk berbuat dosa.

Kejadian 28:20-21 (TB)  Lalu bernazarlah Yakub: "Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, 
sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku. 

Yakub bertemu dengan Tuhan di Lus, ia bernazar Kepada Tuhan, jika hidup nya disertai oleh Tuhan dan ia selamat sampai Kembali Kepada Keluarganya Abraham. Ia menjadikan Tuhan sebagai Allahnya.

Di Padang Aram ia bekerja keras di rumah Laban pamannya. Yakub Mempunyai Kelemahan dari Warisan Ibunya Ribkah. Ia mendapatkan Hak Kesulungan dengan cara kotor sehingga ia harus lari ke rumah pamannya Laban.

Yakub mendapatkan konsekuensinya, ia bekerja keras di rumah Laban untuk mendapatkan Rahel dan Yakub beberapa kali ditipu oleh Pamannya.

Yakub Mempunyai Sifat yang jelek dan arti Yakub adalah Tukang Jegal. Yakub Sebelum ia kembali ke rumah nya Yakub Ketemu Pasukan Malaikat Tuhan berkemah. Kemudian Yakub bergulat dengan Tuhan. Sampai Tuhan mengubah nama Yakub Menjadi Israel yang artinya *PRINCE OF GOD*

Tuhan Yesus tidak pernah malu dengan Yakub Sang Penipu. Tuhan bukan hanya saja bangga dengan Allahnya orang suci.

Kita harus terus bergumul dan berteriak sama Tuhan sampai Tuhan mengubahkan kecenderungan untuk berbuat dosa menjadi orang-orang yang dibenarkan oleh Tuhan.

Mari Hari-Hari ini ijinkan Roh Kudus untuk mengubah hidup kita menjadi baik. Amin

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer