BUAH ROH : KASIH

BUAH ROH : KASIH

*BUAH ROH : KASIH*

*Galatia 5:22 (TB)  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,*

Shalom

Pagi ini saya diberi Firman Tuhan Rhema Buah Roh Yaitu *Kasih*

Kasih berasal dari Bahasa Yunani adalah agapē - G26. (bahasa Yunani: agape, bahasa Latin: caritas, bahasa Inggris: love, charity).

Kasih itu berbeda dengan cinta. Kasih lebih mengarah pada kepedulian seseorang pada orang lain tanpa meminta balasan atau imbalan. Menurut 1 Korintus 13 : 4-8, ciri-ciri kasih, yaitu :


Sabar


Murah hati


Tidak cemburu


Tidak memegahkan diri


Tidak sombong


Tidak melakukan yang tidak sopan


Tidak mencari keuntungan diri sendiri


Tidak pemarah


Tidak menyimpan kesalahan orang lain


Bersukacita karena kebenaran


Menutupi segala sesuatu


Percaya segala sesuatu


Mengharapkan segala sesuatu


Sabar menanggung segala sesuatu


Tidak berkesudahan

*EMPAT MACAM KASIH*

Kasih merupakan unsur yang terdapat dalam hidup manusia yang mampu menciptakan keharmonisan, kedamaian, serta hubungan sosial yang baik antara satu sama lain. Ada 4 jenis Cinta/Kasih menurut pemahaman Kristen, yaitu:

1. Kasih Agape

Kata benda αγαπαω - AGAPAÔ dengan kata kerjanya αγαπαν - AGAPAN, yang kita terjemahkan AGAPE, artinya kasih yang tanpa perhitungan dan tanpa peduli orang macam apa yang dikasihinya. Seringkali disebut dengan kasih yang walaupun.

Kasih Agape adalah kasih tak bersyarat, Cinta kasih yang tetap mengasihi walaupun tak dikasihi. Kasih Agape biasanya dipergunakan umat Kristen untuk menggambarkan kasih Allah kepada manusia. Allah mengasihi manusia karena Allah itu adalah kasih, seperti yang tertulis dalam kitab 1 Yohanes 4:8 “...sebab Allah adalah kasih.”

Mari kita lihat dalam Matius 5:44.


ITB : Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

KJV : But I say unto you, Love your enemies, bless them that curse you, do good to them that hate you, and pray for them which despitefully use you, and persecute you;


Dalam ayat ini, Tuhan Yesus memberikan perintah kepada kita untuk mengasihi musuh kita dengan kasih agapate yang merupakan akar kata dari AGAPE/AGAPAO. Apabila Tuhan memberikan perintah seperti itu, seharusnya kita sebagai manusia sanggup memberikan kasih agape kepada sesama kita, dalam ayat ini secara khusus, kepada musuh kita. Berarti manusia mampu memberikan kasih agape terhadap sesama, bahkan kepada musuh kita.

2. Phileo

Kata benda φιλεω - PHILEÔ dengan kata kerjanya φιλειν - PHILEIN berarti kasih sayang yang sejati antar sahabat dekat. Biasanya kasih ini tidak mempunyai hubungan darah. Kasih ini lebih kepada persahabatan.

Phileo adalah kasih yang bias terjadi di lingkungan persaudaraan atau sahabat. Artinya, kkasih ini muncul karena adanya suatu hubungan saudara atau sahabat: kasih karena saling menguntungkan, kasih karena saling menyenangkan, kasih karena saling mengagumi.Phileo menggambarkan tentang hubungan kasih antara Kristus dengan para murid dan sahabat-Nya

Mari kita lihat dalam 1 Korintus 6:22.


ITB: Siapa yang tidak mengasihi Tuhan, terkutuklah ia. Maranata!

KJV: If any man love not the Lord Jesus Christ, let him be Anathema Maranatha.

GNT: εἴ τις οὐ φιλεῖ τὸν Κύριον ᾿Ιησοῦν Χριστόν, ἤτω ἀνάθεμα. Μαράν ἀθά.

Ayat ini mengajarkan kita untuk mengasihi Tuhan dengan kasih phileō. Berarti Tuhan juga memberi perintah supaya kita mengasihi Dia sebagai sahabat dekat, karena Allah kita selain Allah yang Trasenden (yang jauh dan tidak bisa dijangkau), Allah juga Allah yang Imanen (Allah yang dekat dengan kita), Jadi Allah tidak selalu memakai kasih agape. Bahkan dalam ayat ini dengan jelas bahwa kita dituntut untuk mengasihi Allah kita dengan kasih sebagai seorang sahabat (phileo).

3. Eros

Kata EROS dari kata Yunani, yang kita terjemahkan EROS, artinya kasih asmara antara pria dan wanita yang mengandung nafsu birahi.

Eros merupakan jenis kasih yang muncul karena ada perasaan menginginkan. Eros lebih sering digunakan untuk menggambarkan cinta kasih kepada lawan jenis. Kasih “eros” sering muncul secara tiba-tiba dan tanpa direncanakan. Secara kontekstual iman kristen, eros merupakan kasih yang perlu dijaga dalam hubungan suami-istri. Eros merupakan kasih yang melibatkan jiwa dan perasaan.

4. Storge

Kata benda στοργη - STORGÊ dengan kata kerjanya STERGEIN berarti kasih mesra dari orang tua kepada anaknya dan begitu juga sebaliknya.

Merupakan kasih mesra orang tua terhadap anak dan sebaliknya.Storge merupakan hasil atau turunan dari eros.

*Dalam Alkitab kita diajarkan, ada tiga obyek "mengasihi" yaitu :*

Luk 10:27  Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." Jadi ada tiga obyek mengasihi yang Firman Tuhan ajarkan, yaitu:


Mengasihi Tuhan Allah. Hal ini perintah yang pertama dan yang terutama, yang harus kita lakukan. Allah sudah terlebih dahulu mengasihi kita, untuk itulah kita harus mengasihi Allah.


Mengasihi sesama manusia. Mengasihi sesama yang baik kepada kita mungkin adalah hal yang mudah kita lakukan, tetapi bagaimana mengasihi sesama yang jahat kepada kita? Tentu hal ini sangat sulit, tetapi Firman Tuhan dengan tegas mengatakan, kita harus mengasihi.


Mengasihi diri-sendiri. Mengasihi diri sendiri sering terlupakan, karena memang tidak secara langsung Alkitab mencatatnya. Mengasihi diri sendiri bukan berarti mementingkan kepentingan diri sendiri, tetapi lebih kepada penerimaan diri, Karena masih banyak orang yang tidak bisa menerima dirinya sendiri dari fisik, latar belakang keluarga, kemampuan, dll.  

*DEFINISI KASIH*

STORGÊ berarti kasih mesra dari orang tua kepada anaknya dan sebaliknya.

    Storge – Kasih antara orangtua dan anak-anak, atau antara saudara kandung.

“Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat” – Roma 12:10.



EROS artinya kasih asmara antara pria dan wanita yang mengandung nafsu birahi.


PHILEÔ berarti kasih sayang yang sejati antar sahabat dekat.

Phileo – Kasih Persaudaraan/Persahabatan; kasih antar sesama.

“Peliharalah kasih persaudaraan” – Ibrani 13:1.

Kasih persaudaraan harus ada di antara kita: sesama jemaat, anggota tubuh Kristus.  Dunia mengajarkan, “kasihilah saudaramu, tetapi bencilah musuhmu”. Tetapi Tuhan Yesus mengajar saudara dan saya justru untuk “mengasihi musuhmu”.

Puji Tuhan, Orang Kristen dikenal sebagai orang yang penuh kasih:

“Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi” – Yohanes 13:35.

AGAPAÔ/AGAPE, artinya kasih yang tanpa perhitungan dan tanpa peduli orang macam apa yang dikasihinya.

Agape – kasih tertinggi, yaitu Kasih Allah.

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”

– Yohanes 3:16.

Mari Kita Hari Ini Belajar Mengasihi Karena Kita Telah Menerima Kasih AGAPE Dari Tuhan Yesus sendiri. Kiranya Tulisan ini menjadi Berkat bagi kita semua. Amin

Tuhan Yesus memberkati

Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat






Komentar

Postingan Populer