BUAH ROH : KELEMAHLEMBUTAN

*BUAH ROH : KELEMAHLEMBUTAN*


Shalom

Pagi ini saya diberi Firman Tuhan mengenai *Kelemahlembutan* Hari Ini Saya Mengalami suatu hal yang membuat hati saya mengerti artinya Lemah Lembut

Mari Kita Buka *Galatia 5:23 (TB)  kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.*

*DEFINISI KELEMAHLEMBUTAN*

Kelemahlembutan, diterjemahkan dari kata Yunani πραοτης - PRAOTÊS berasal dari kata sifat πραος - PRAOS, lemah, ringan, perlahan, lembut atau "meek" (Inggris).

kutip :

Meekness, (Greek: πραοτης - PRAOTÊS) is founded upon this idea, and goes beyond it. It is the attitude of mind and behavior which, arising from humility, disposes one to receive with gentleness and meekness whatever may come to him from others or from God.

Kata Yunani πραοτης - praotês merupakan kata yang cukup sulit untuk diterjemahkan. Dalam Perjanjian Baru, kata πραοτης - praotês ini memiliki tiga makna utama:

1. Tunduk kepada kehendak Allah;
2. Mau diajari, dalam arti tidak sombong untuk menerima pengajaran;
3. lemah lembut.

kata "lemah-lembut" bukan saja menyangkut sikap hati, tetapi juga tingkah laku (behavior). Kata sifat πραος - praos berasal pula dari kata sifat πραυς - praus, dengan makna yang tidak jauh berbeda, namun ditekankan pada kelembutan dalam pembawaan, kelemahlembutan dalam roh.

* Matius 5:5
LAI TB, Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.
KJV, Blessed are the meek: for they shall inherit the earth.

Contohnya : Musa
Musa sudah membuktikan bahwa kelemahlembutan bisa membawa revival bagi bangsa Israel. Saatnya kita berjuang untuk menghasilkan Roh kelemahlembutan, agar revival terjadi dalam dan melalui kehidupan kita.

Bilangan 12:3 (TB)  Adapun Musa ialah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi. 

*FUNGSI KELEMAHLENBUTAN*

Fungsi pertama dari buah Roh kelemahlembutan adalah memampukan orang-orang beriman untuk mengembangkan roh penguasaan diri sehingga tidak mudah menyerang ataupun membalas.

Fungsi kedua dari buah kelemahlembuatan adalah membuat orang-orang beriman mampu hidup dalam roh dan pikiran yang rendah hati. Seorang sarjana Alkitab terkemuka W.E Vine mengartikan kelemahlembutan sebagai "kebalikan dari sikap suka menonjolkan dan mementikan diri sendiri;..sama sekali tidak memusatkan perhatian kepada diri sendiri."

Fungsi ketiga dari buah Roh kelemahlembutan adalah membuat orang-orang Kristiani mau menerima pengajaran Firman.

*APLIKASI**

1. Bagaimana sikap hati Anda saat menghadapi situasi atau orang-orang yang tidak menyenangkan?
2. Sudahkah Anda memiliki buah roh kelemahlembutan? Mengapa?
3. Apa yang dapat Anda lakukan sehingga menghasilkan roh kelemahlembutan?


Only By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer