DAMAI SEJAHTERA

*BUAH ROH : DAMAI SEJAHTERA*

Shalom

Siang Ini Saya Bertanya Kepada Roh Kudus Tentang Buah-buah Roh yang harus saya pelajari. Kemudian Tuhan memberikan kepada saya sebuah kata *Damai Sejahtera*

Lalu saya mendapatkan telepon dari seorang pembaca blog : beliau Hari-Hari ini selama dua bulan setengah dilanda ketakutan dan kekuatiran. Ia tinggal sendirian terpisah dengan anaknya akibat Pandemi ini.

Mari Kita Belajar dari Firman Tuhan dari Galatia 5:22 (TB)  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 

Kata Damai Sejahtera berasal dari bahasa Yunani *eirēnē G1515* Kata aslinya dalam bahasa Yunani "eirene" merupakan terjemahan dari kata bahasa Ibrani "syalom" (shalom) yang merupakan ekspresi dari kepenuhan, kesempurnaan atau ketenangan jiwa yang tidak dipengaruhi oleh keadaan ataupun tekanan dari luar. Kata eirene menegaskan kekuatan keteraturan yang berlawanan dengan kekacaubalauan.

"Damai sejahteraKu, Kuberikan kepadamu dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu." Yohanes 14:27. 

Kunci utama agar kita bisa hidup damai adalah bersekutu denganNya. Bangunlah keintiman denganNya seperti dengan membaca Firman dan berdoa. Satu hal yang perlu kita ingat, yaitu damai sejahtera hanya diberikan kepada orang yang taat kepada perintahNya.

Tetapi tidak hanya berhenti disitu saja. Damai sejahtera dapat kita dapatkan jika kita 
memenuhi syarat berikut ini:

1.      Luk 2 : 14 ; kedamaian diberikan kepada orang yang berkenan kepadaNya.

2.       Rm 2:10 ; kedamaian dimilki orang yang berbuat baik

3.       Gal 5:22 ; damai sejahtera adalah salah satu buah yang harus kita hasilkan

4.       Efs 2:17 ; damai sejahtera diberikan kepada yang dekat dengan Tuhan.

5.       Efs 6:15 ; damai sejahtera dimiliki orang yang punya kerelaan melayani.

6.       Kol 3 :15 ; damai sejahtera bisa kita dapatkan jika hidup kita dipimpin Kristus.

7.       1 Tes 5:23 ; damai sejahtera dimiliki semua orang yang hidupnya menjaga kekudusan

*Manfaat Damai Sejahtera :*

Meniadakan kegelisahan dan kegentaran.

Memerintah kita untuk selalu berada di jalan yg benar / menunjukkan jalan yg benar kepada kita (Kolose 3:15).

Mengarahkan kita ke jalan yg benar (Kolose 3:15).

*Cara menumbuhkan Damai Sejahtera :*

Yesaya 30:15 (TB)  Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." Tetapi kamu enggan, 

Serahkan semua di kaki Tuhan dan jangan sibuk dengan usaha sendiri --> Setiap manusia pasti mempunyai masalah dalam hidup dan kadar masalah yg dihadapi berbeda-beda. Sebenarnya bukan tentang seberapa besarnya masalah yg ada, tetapi lebih kepada iman kita kepada Tuhan. Kalau kita memiliki iman yg teguh dan kuat, kita pasti juga akan kuat dalam menghadapi masalah sebesar apapun. Serahkanlah segala kekhawatiran kita kepadaNya (Mazmur 55:22), niscaya semuanya akan Indah pada waktuNya (Pengkhotbah 3:11).

Filipi 4:7 --> Carilah Tuhan Yesus maka kita akan menemukan damai sejahtera. Selama kita berada di dalam Tuhan, tidak ada alasan bagi kita untuk merasa resah dan khawatir karena hati dan pikiran kita akan penuh dengan damai sejahtera yg dari padaNya.

Saat ini mari kita praktekkan Buah Roh *Damai Sejahtera* memenuhi hidup kita. Biarlah setiap hari kita dipenuhi oleh Shalom Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. Amin

Jatiwangi 02 Juni 2020
Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer