MASA TRANSISI - Pdt Victor Kristijanto Purnomo

*MASA TRANSISI*
*JKI HIGHER THAN EVER*
*IBADAH RAYA ONLINE PAGI*
*Pdt Victor Kristijanto Purnomo*


Saat ini sedang "Masa Peralihan" dari masa yang sedang kita hadapi menuju masa yg baru, walau masa yang baru tidak begitu baik, jangan takut karena kita ada TUHAN yang membuat kita mampu melewati masa baru itu.

Masa transisi ini adalah masa yang krusial dan sangat penting,  kita bisa melewati masa transisi ini walapun tidak mudah, maka kita akan berhasil. 

Dunia memprediksi atas pandemi ini dengan membuat guncangan guncangan karena S19, tetapi TUHAN kita tidak pernah  mengizinkan anak anak-Nya terguncang. 
Dunia tidak diizinkan mempengaruhi hidup kita, sebab kira milik TUHAN, ada tanda T yang sah, semua itu tidak akan menimpa kita sebagai anak anak-Nya. Tuhan proteksi kita dan keluarga kita. Amen.

Tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia dinyatakan merdeka. Apakah langsung merdeka? Jawabannya, tidak mudah prosesnya  langsung merdeka. Indonesia harus melewati masa transisi yang berat juga untuk  siap memasuki masa pertumbuhan ekonomi yang baik dan ternyata Indonesia bisa!

Tuhan sudah membuat kita bisa melewati jalan ini, masa transisi, jika kita tetap percaya kepada-Nya, tidak bimbang & ragu, maka  maka kita bisa menang melewati masa transisi yang sukar ini. Keep Faith! 

Lukas 4:1-3

Yesus di cobai iblis sebanyak 3 kali dan Yesus menang atas cobaan itu. 

Yesus saat itu usia sekitar 30 tahun juga melewati masa transisi yg berat dan IA juga menang. 

Memang tidak banyak cerita tentang Yesus, hanya ada saat Yesus usia 12 tahun didapati hilang, namun ternyata IA sedang berbicara tanya jawab dengan para Ahli Taurat dan Orang2 Farisi, Yesus sangat pintar sekali. 

Masa transisi 40 hari di Padang Gurun, dilewati dengan 3 pencobaan yang datang dari iblis/Lucifer, satu diantaranya:

1. Pencobaan untuk mengubah batu menjadi roti, disuruh menjatuhkan diri dan menyembah iblis.

Tetapi YESUS kuat dan menang  atas pencobaan itu, karena  ada Firman Tuhan yang hidup  di dalam  diri Yesus.

Jika hari itu Yesus gagal dalam satu cobaan saja,  maka semua akan gagal dan iblis yang menang

Kita semua masih butuh dan harus makan banyak Firman Tuhan, agar roh di dalam kita menjadi semakin kuat. 
Important strong decision ...

Tuhan memiliki keputusan yang kuat supaya IA  tidak terjatuh kedalam pencobaan. Begitu pula dengan kita harus memiliki keputusan yang kuat untuk memutuskan yang penting agar tidak masuk dan jatuh dalam pencobaan. 
Kita pikul salib dan sangkal diri/daging,  jika kita serius mengikut Tuhan karena itu syaratnya. 

Memang ikut Tuhan itu banyak resikonya, tetapi endingnya dahsyat, luar biasa, masuk surga kekekalan. 
Banyak kerikil dalam mengikut Tuhan, tidak nyaman jika kita hanya suka kotbah tentang berkat jasmani, terutama uang, hati hatilah. Ikut Tuhan itu ada didikan, teguran, hajaran sebagai pembelajaran yang dibutuhkan, karena begitu sayangnya Tuhan atas kita. 

Datang ke gereja harus bertemu dengan Tuhan, miliki hubungan yang baik didalam diri kita, jangan hanya ingin kumpul kumpul saja.

Matius 26:39-42
Di masa kritis itu adalah  saat yang mengerikan, nyaris saja Yesus gagal, tetapi bersyukur  Yesus menang. Roh Kudus yang ada di dalam-Nya menuntun untuk berlaku benar, sebab  sebelum usia-Nya 33 tahun,  Yesus mutlak sebagai manusia daging. 

Yesus mengalami beberapa masa transisi dalam hidup-Nya: 

1. Ketika dilahirkan -> setan ingin mematikan Yesus.

2. Setelah puasa 40 hari, IA di cobai 3 kali.

3. Ketika di Taman Getsemani,  setan berusaha mencobai lagi dan lagi. 

Filipi 3 : 20 - 21

Kita adalah  Warga Kerajaan  Surga pada waktunya nanti jika kita pulang. Jangan takut. Ini adalah Masa Transisi ini, kita menunggu waktu nya untuk kita pulang ke Surga. Karena rumah kita di Surga.

Hari-hari ini kita harus melepaskan diri dari segala Ikatan-Ikatan dari dunia ini. Ini adalah *Syarat Untuk Kita Di Angkat Di Awan-awan*

Jangan cinta dunia, hati jangan melekat dengan dunia, lepaskan semua perkara duniawi, pasti ada hasilnya. Kita akan diangkat di awan awan, jika Tuhan  sewaktu waktu datang/rapture. 

Sekarang ini kita sedang masuk masa Transisi. Dari masa Pandemi ini kita tidak tahu kapan berakhirnya, hanya Tuhan yang menentukannya, jangan takut. Bangun hubungan baik yang semakin dekat dengan Tuhan, sebab ujungnya adalag Kemenangan. 

2 Petrus 3:10-12 (TB)  Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.  
Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup 
yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.

*KUNCI RAPTURE*

Hiduplah dengan kekudusan, saleh, supaya ketika waktu pengangkatan tiba, kita ikut didalamnya. 

Hidup kudus artinya dipisahkan dari dunia;
Hidup saleh artinya berada dalam koridor Kebenaran.

Ilustrasi : 

Saya teringat dengan Ilustrasi Kepiting Sedang Ganti Kulit atau Cangkang

Kepiting mengalami masa meninggalkan atau mengganti cangkangnya setiap 40 hari, padahal cangkang itu adalah alat perlindungan baginya.
Saat keluar dari cangkangnya, itu masa transisi yang amat  mengerikan. Bisa jadi ancaman dari  ikan buas untuk melahapnya karena tanpa cangkangnya kepiting menjadi lembut (yang disebut kepiting soka/lemburi).

Itulah proses untuk bisa bertumbuh menjadi semakin kuat & besar dan berat. Proses keluarnya kepiting dari cangkang disebut Moulting.

Disaat Kepiting berukuran 10 cm panjangnya dia lepaskan cangkangnya agar bisa Menjadi 15 cm dan mengeras lagi cangkangnya. Terus  memasuki masa transisi lagi, begitulah  setiap 40 hari agar semakin besar dan kuat selama masa transisi kepiting akan sembunyi untuk melindungi diri dari segala macam bahaya yang mengancamnya.

Begitu pula dengan kita,  juga sama. Kita harus mau masuk dan melewati masa transisi kita,  walau memang tidak enak, terasa memberatkan prosesnya.  

Tuhan dan Firman-Nya akan menguatkan kita sehingga kita bisa melewatinya,  maka kita berhasil melewati masa transisi kita dan semakin dekat pada Tuhan dengan makan banyak Firman Tuhan agar roh yang ada di dalam kita makin kuat. 
  
Saat kita mau di proses,  maka Yesus memberikan semua yang bagus.

Mari jalani dan lewati masa transisi kita,  maka Roh-Nya akan menyertai kita dan kita akan mengalami semua yang ajaib bersama DIA.
Lewati masa transisi ini, masa pandemi ini bersama Tuhan, jangan takut masuk dan melewati masa ini, Tuhan sudah memberikan kekuatan. 

Kesaksian beberapa hari yang lalu saya mengunjungi seorang teman Hamba Tuhan yang ada di Kota Tawangmangu. Saya mendengar kesaksian yang luar biasa. Dia membeli sebuah tanah dan dia sudah DP tinggal pelunasan. Tiba-tiba saja pemilik tanah membatalkan penjualan secara sepihak.

Teman saya syok, pada saat masa transisi ia berdoa, kemudian ia membeli sebuah tanah berbukit. Dia harus meratakan tanah berbukit itu. Saat dia meratakan tanah berbukit itu ternyata didalam bukit itu banyak pasir dan batu. Kemudian ia menjual pasir dan batu tersebut sampai ia bisa membangun pondasi bangunan untuk gereja. Ia juga mempunyai visi untuk membangun rumah untuk orang-orang gila dan stress.

Mari  kembali mendekat pada Tuhan dan semua Pekerjaan-Nya. 

Tetap tunduk dan  jaga protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. 

Tuhan Yesus setelah lolos  melewati masa transisinya,  DIA menjadi dahsyat dan  banyak buat mujizat. 

Kami bukan orang Kristen gampangan;
Kami adalah orang orang yang mau terima ajaran dan didikan Tuhan;
Izinkanlah kami mampu melewati masa transisi ini dan terus berjalan bersama dengan-MU, sampai kami melihat kemenangan kemenangan datang  yang dari Engkau dan kami terima. Amin

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer