BERKAT DAN WARISAN IMAM

*BERKAT DAN WARISAN IMAM*
*Ev Daniel Ferry Setiawan MTh*
*Sabtu 4 Juli 2020*


Shalom

Destiny kita adalah menjadi Imamat yang Rajani. Seperti Tertulis dalam Alkitab 1 Petrus 2:9 (TB)  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: 

*IMAMAT YANG RAJANI*


1Pet 2:9 FAYH/BIS 

Tetapi Sdr tdk seperti itu, sebab Sdr telah
dipilih oleh Allah sendiri sbg imam2 yg melayani Raja itu,
bangsa yg kudus, & milik Allah pribadi, supaya Sdr dpt
memperlihatkan kepada orang lain bgm Allah memanggil Sdr
keluar dari kegelapan utk masuk ke dlm terang-Nya yg ajaib.

Pemimpin
Imam mjd perantara dg Tuhan.

Raja memimpin di antara sesama manusia
Di AZ perlu gabungan keduanya

Musa: mjd putra raja, menikahi putri imam
Yusuf: mjd raja muda, menikahi putri imam

*MILIK TUHAN*

Lev 27:26 VMD

Kalian dapat memberikan lembu & domba sbg
pemberian khusus kepada TUHAN. Jika hewan
itu anak sulung, hewan itu telah mjd
kalian dapat memberikan lembu & domba sbg
pemberian khusus kepada TUHAN. Jika hewan
itu anak sulung, hewan itu telah mjd
milik TUHAN. Jadi, kamu tdk dpt memberikan itu
sbg pemberian khusus.

Hewan Menjadi Milik Tuhan
Mempunyai Hak Untuk Mendekat kepada Tuhan.

*MEMINTA RAJA*

1Sam 12:19
Berkatalah seluruh bangsa itu kepada Samuel: "
Berdoalah utk hamba2mu ini kepada TUHAN,
Allahmu, supaya jgn kami mati, sebab dgn
meminta raja bagi kami, kami menambah dosa
kami dgn kejahatan ini."

*BOLEH MENDEKAT*

Bilangan 16:8-10 (TB)  Lalu berkatalah Musa kepada Korah: "Cobalah dengar, hai orang-orang Lewi! 
Belum cukupkah bagimu, bahwa kamu dipisahkan oleh Allah Israel dari umat Israel dan diperbolehkan mendekat kepada-Nya, supaya kamu melakukan pekerjaan pada Kemah Suci TUHAN dan bertugas bagi umat itu untuk melayani mereka, 
dan bahwa engkau diperbolehkan mendekat bersama-sama dengan semua saudaramu bani Lewi? Dan sekarang mau pula kamu menuntut pangkat imam lagi?

Umumnya raja tdk boleh mendekat & berikan persembahan
cth Saul, Uza, . Daud?

*Diperbolehkan untuk Mendekat*
*Bertugas Bagi Umat Tuhan*

Bilangan 17:8 (TB)  Ketika Musa keesokan harinya masuk ke dalam kemah hukum itu, maka tampaklah tongkat Harun dari keturunan Lewi telah bertunas, mengeluarkan kuntum, mengembangkan bunga dan berbuahkan buah badam. 

Korah itu Suku Lewi. Tidak semua Suku Lewi jadi Imam.

Tabut Tuhan ditarik pedati seharusnya di gotong oleh Imam Tuhan. Ketika Tabut Tuhan itu tergelincir dan Uza mencoba menahannya, Uza disambar oleh Api Tuhan.

Seharusnya Tabut Tuhan Berjalan didepan dan setiap beberapa langkah Daud mempersembahkan korban.

*BERKAT PERSEPULUHAN*

Heb 7:1-4 FAYH 

MELKISEDEK ini raja Kota Salem & juga imam Allah YangMahatinggi. Ia menemui Abraham, ketika Abraham sedang dlm perjalanan pulang sesudah menang dlm pertempuran melawan banyak raja, lalu Melkisedek memberkati dia. Kemudian Abraham mengambil 1/10 hasilkemenangannya & memberikannya kepada Melkisedek. Nama Melkisedek berarti 'Kebenaran'; jadi, ia adalah Raja Kebenaran; & ia juga Raja Damai berdasarkan nama kotanya, Salem, yg berarti 'Damai'.

Melkisedek tdk beribu & tdk berbapa, & tdk ada silsilah ttg nenekmoyangnya. Ia tdk pernah dilahirkan & tidak pernah mati, tetapi hidupnyaseperti hidup Anak Allah, yaitu mjd imam utk selama2nya. Lihatlah betapa besar Melkisedek ini: Meskipun Abraham org yg pertama & palingdihormati di antara segenap umat pilihan Allah, ia memberikan kepadaMelkisedek 1/10 hasil rampasan dari raja2 yg diperanginya.

*KUASA MEMBERKATI*

Ibr 7:5-7 FAYH 

Seandainya Melkisedek seorang imam Yahudi,
kita dpt mengerti mengapa Abraham melakukan hal ini, sebab Kemudian umat Allah diharuskan menurut hukum untukmemberi persembahan kepada imam2 mereka, sebab imam2 itu adalah kerabat mereka. Tetapi, walaupun Melkisedek bukankerabat, Abraham memberikan Persepuluhan kepadanya.


Melkisedek memberkati Abraham yg berderajat tinggi, & kita
tahu bhw seseorang yg berkuasa memberkati selalu lebih besar
daripada orang yg diberkatinya.

Abraham Mempunyai *Greatness*

*MILIK PUSAKA*

Yosua 18:7 (TB)  Sebab orang Lewi tidak mendapat bagian di tengah-tengah kamu, karena jabatan sebagai imam TUHAN ialah milik pusaka mereka, sedang suku Gad, suku Ruben dan suku Manasye yang setengah itu telah menerima milik pusaka di sebelah timur sungai Yordan, yang diberikan kepada mereka oleh Musa, hamba TUHAN." 

*TUGAS KORBAN*

Ibrani 8:3 (TB)  Sebab setiap Imam Besar ditetapkan untuk mempersembahkan korban dan persembahan dan karena itu Yesus perlu mempunyai sesuatu untuk dipersembahkan.

*BAGIAN DARI MEZBAH*

1 Korintus 9:13-15 (TB)  Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu? 
Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu. 
Tetapi aku tidak pernah mempergunakan satu pun dari hak-hak itu. Aku tidak menulis semuanya ini, supaya aku pun diperlakukan juga demikian. Sebab aku lebih suka mati dari pada ...! Sungguh, kemegahanku tidak dapat ditiadakan siapa pun juga! 

Orang yang setia Mendapatkan bagian dari Mezbah.

Contohnya : Paulus

*KORBAN BAKARAN*

Ayub 1:5 (TB)  Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah berlalu, Ayub memanggil mereka, dan menguduskan mereka; keesokan harinya, pagi-pagi, bangunlah Ayub, lalu mempersembahkan korban bakaran sebanyak jumlah mereka sekalian, sebab pikirnya: "Mungkin anak-anakku sudah berbuat dosa dan telah mengutuki Allah di dalam hati." Demikianlah dilakukan Ayub senantiasa.

Seperti Ayun mempersembahkan korban Bakaran untuk anak-anaknya. Seorang Imam harus mempunyai Hati Bapa.

Seorang Imam belajar untuk memberkati orang lain.

*KUASA KORBAN*

2 Raja-raja 3:26-27 (TB)  Ketika raja Moab melihat, bahwa peperangan itu terlalu berat baginya, diambilnyalah tujuh ratus orang pemegang pedang bersama-sama dia untuk menerobos ke jurusan raja Edom, tetapi tidak berhasil.
Kemudian ia mengambil anaknya yang sulung yang akan menjadi raja menggantikan dia, lalu mempersembahkannya sebagai korban bakaran di atas pagar tembok. Tetapi kegusaran besar menimpa orang Israel, sehingga mereka berangkat meninggalkan dia dan pulang ke negeri mereka. 

*MENGHENTIKAN KORBAN*

Daniel 9:27 (TB)  Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu." 

*TIDAK AKAN TERPUTUS*

Yeremia 33:18-22 (TB)  Dan keturunan imam-imam orang Lewi tidak akan terputus mempersembahkan korban bakaran di hadapan-Ku dan membakar korban sajian dan mengorbankan korban sembelihan sepanjang masa."
Firman TUHAN datang kepada Yeremia, bunyinya: 
"Beginilah firman TUHAN: Jika kamu dapat mengingkari perjanjian-Ku dengan siang dan perjanjian-Ku dengan malam, sehingga siang dan malam tidak datang lagi pada waktunya,
maka juga perjanjian-Ku dengan hamba-Ku Daud dapat diingkari, sehingga ia tidak mempunyai anak lagi yang memerintah di atas takhtanya; begitu juga perjanjian-Ku dengan orang-orang Lewi, yakni imam-imam yang menjadi pelayan-Ku. 
Seperti tentara langit tidak terbilang dan seperti pasir laut tidak tertakar, demikianlah Aku akan membuat banyak keturunan hamba-Ku Daud dan orang-orang Lewi yang melayani Aku."

*TIDAK DAPAT DIRUSAKKAN*

Lev 8:30 

Dan lagi Musa mengambil sedikit dari minyak
urapan & dari darah yang di atas mezbah itu, lalu
dipercikkannya kepada Harun, ke pakaiannya, dan juga
kepada anak-anaknya dan ke pakaian anak-anaknya. Dengan
demikian ditahbiskannyalah Harun, pakaiannya, dan juga
anak-anaknya dan pakaian anak-anaknya.

Musa : Minyak dan Darah

Wahyu 6:6 (TB)  Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Abiram dari Suku Ruben. Imam tidak boleh sakit.

*DIKECUALIKAN*

Wahyu 11:1-2 (TB)  Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.
Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."  

*TANDA*

Yehezkiel 9:4-6 (TB)  Firman TUHAN kepadanya: "Berjalanlah dari tengah-tengah kota, yaitu Yerusalem dan tulislah huruf T pada dahi orang-orang yang berkeluh kesah karena segala perbuatan-perbuatan keji yang dilakukan di sana." 
Dan kepada yang lain-lain aku mendengar Dia berfirman: "Ikutilah dia dari belakang melalui kota itu dan pukullah sampai mati! Janganlah merasa sayang dan jangan kenal belas kasihan.
Orang-orang tua, teruna-teruna dan dara-dara, anak-anak kecil dan perempuan-perempuan, bunuh dan musnahkan! Tetapi semua orang yang ditandai dengan huruf T itu, jangan singgung! Dan mulailah dari tempat kudus-Ku!" Lalu mereka mulai dengan tua-tua yang berada di hadapan Bait Suci. 

Untuk Mendekat kepada Tuhan ada harga yang harus dibayar. Ada Tandanya.

Tugas Imam : Meratapi Dosa.

*MEMBANGUN TEMBOK*

Yehezkiel 22:30 (TB)  Aku mencari di tengah-tengah mereka seorang yang hendak mendirikan tembok atau yang mempertahankan negeri itu di hadapan-Ku, supaya jangan Kumusnahkan, tetapi Aku tidak menemuinya.

Tugas Imam adalah Membangun Tembok

*HAPUSKAN*

Keluaran 32:31-32 (TB)  Lalu kembalilah Musa menghadap TUHAN dan berkata: "Ah, bangsa ini telah berbuat dosa besar, sebab mereka telah membuat allah emas bagi mereka. 
Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu — dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis." 

Amin

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer