TAHU DIRI

*TAHU DIRI"

*IBADAH RAYA ONLINE PAGI*

JKI Hananeel Surya, 5 July 2020
Pembicara : Ev. Stephanie Rachel



1 kor 4:13
Sikap tahu diri adalah sebuah senjata yg luarbiasa. Ini yg menjadi senjata paulus, difitnah ttp menjawab dengan ramah. Sikap spt ini membuat kita ttp bertahan dan tdk hancur lewatin setiap process dan perendahan maupun peninggian.

Apakh kita pny sikap tahu diri dlm hidup kita? 

Matius 9:1
Ada satu kota yg sgt dicintai oleh Tuhan, kota tersebut adalah Kapernaum. Itulah kota yg Ia datangi setelah ia selesai berpuasa dan dicobai. Itulah tempat dimana Yesus mengadakan begitu banyak mujizat (wanita pendarahan, org buta di betsaida, di dekat yerikho, galilea, hamba perwira, dll) 

Kapernaum = The village of Nahum (comforted, nyaman) sebuah desa yg nyaman.

Pernahkah kita bayangkan? Apakah Tuhan nyaman ada di hidup kita? Atau kita masih menyimpan banyak hal yg Thn gasuka? Dan membuat Tuhan gak nyaman? Brp bnyk dr kita msh menyimpan luka? Sombong? 

Lukas 10:13
Betapa ironisnya sebuah kota yg pernah sangat dicintai Tuhan berujung dikecam dan bibuang oleh Tuhan. Itu sebabnya penting sekali yg namanya “tahu diri” krn saat Thn angkat kita tinggi itulah ujian yg sesungguhnya. Apakah kita akan merasa kita yg paling hebat dan diberkati? Atau ttp miliki sikap yg benar?

Hosea 1:2
Hosea diberikan sebuah perintah yg “gila” yaitu untuk menikahi seorang perempuan sundal, iapun lgsung melakukannya.. bagaimana dengan kita?
Kita berkata bahwa kita adalah hamba Tuhan, kita mau mengabdi pada Tuhan, tpi saat datang sebuah perintah “gila / aneh” apakh kita akan melakukannya? Bahkan setelah Hosea menikahinya dan menaikan derajatnya perempuan itu (Gomer) kembali bersundal.

Sebenarnya kita tdk lebih baik dr seorang Gomer, kita org yg hina dan kita org yg terus kembali bersundal dengan dosa. Kembali pahit, kembali marah. Kita perlu tahu diri. Krn ingat bahwa Tuhan itu panjang sabar (ada batasannya) Tuhan bukan Maha sabar

Psalm 138:1-4&8
Belajar dr Daud, dipuncak hidupnya, Ia tdk pernah menulis ttg kehebatannya, ia hanya berkata “Thank You” dia sangat sadar bahwa apapun yg ia bs dapatkan semuanya adalah dr Tuhan.. bahkan diakhir ayat ini dia berkata “don’t quit on me” 

Mari miliki sikap tahu diri dlm hidup kita.

AMIN

Komentar

Postingan Populer