BATU PUTIH

 *BATU PUTIH*

*SARAPAN PAGI BIBLIKA*


*Batu Putih*


Mengidentifikasi "batu putih" yang dimaksud dalam Wahyu 2:17 ini agaknya lebih rumit. Ada 3 interpretasi yang mungkin cocok. Di bawah ini akan kita bahas 3 penafsiran tentang "Batu Putih" ini:


a. BATU PUTIH SEBAGAI MEDALI KEMENANGAN:


Di antara interpretasi yang mungkin cocok dengan konteksnya adalah bahwa batu putih, dengan nama-nama penerima tertulis, diberikan kepada pemenang kompetisi olahraga olahraga Yunani/ Romawi. Batu putih bertuliskan nama pribadi seseorang yang menang, barangkali ini seperti medali yang diterima para pemenang yang lazim kita lihat dalam pertandingan olah raga. Atau barangkali ini seperti "tanda kelulusan" untuk suatu jenjang pendidikan yang bergengsi di suatu universitas yang hanya diberikan kepada para siswa yang telah lulur. Batu ini akan diterima setelah selesainya perlombaan/ atau suatu jenjang pendidikan. Meskipun ini bukan contoh yang mengambil latar-belakang budaya Yahudi, kita tahu banyak pula contoh di Alkitab PB yang penggunaan referensi budaya Yunani-Romawi sebagai ilustrasi. Misalnya, Rasul Paulus menggunakan banyak metafora olahraga Yunani/Romawi untuk membuat point dalam pengajarannya, misalnya dalam Filipi 3:12-14; 1 Korintus 9 24-27; 2 Timotius 4:6-8. Penulis surat Ibrani juga digunakan perlambangan olah-raga Yunani/Romawi (Ibrani 12:1). Analogi semacam cocok untuk digunakan dalam menjelaskan suatu tuntutan ketaatan kepada Kristus yang dimana ketaatan itu harus dipertahankan hingga pada akhirnya.



b. BATU PUTIH - PAKAIAN IMAM:


Kemungkinan lain untuk mengidentifikasi "batu putih" yang dimaksud adalah dengan menghubungkannya dengan batu-batu yang dipakai dalam pakaian imam dalam bagian "petutup dada". Jubah Imam Besar memiliki 12 batu dengan nama-nama 12 suku Israel. Salah satu batu memang berwarna "putih", yaitu batu יַהֲלֹם - YAHALOM, (Diamond/ Intan/ Berlian), batu untuk suku Zebulon.



Dibawah ini adalah jenis-jenis batu pada "penutup dada" Pakaian Imam:


- Baris Pertama:

- אֹדֶם - 'ODEM, Ruby, Sardius, Carnelian, Yaspis merah, batu untuk suku Ruben

- פִּטְדָה - PIT'DAH, Topaz, Krisolit , batu untuk suku Simeon

- בָּרֶקֶת - BAREQET, Emerald, Zamrud, batu untuk suku Lewi


- Baris kedua:

- נֹפֶךְ - NOFEKH, Turquoise/ Batu Pirus Hijau Urat Emas, juga diterjemahkan

Carbuncle, Batu darah, batu ini untuk suku Yehuda

- סַפִּיר - SAPIR, Sapphire/ Unam, batu untuk suku Isakhar

- יַהֲלֹם - YAHALOM, Diamond/ Intan/ Berlian, Quartz, batu untuk suku Zebulon


- Baris ketiga:

- לֶשֶׁם - LESYEM, Jacint, Zircon, Ligure, Ambar, batu untuk suku Dan

- שְׁבוֹ - SYEVO, Agate/ Akik, batu untuk suku Gad.

- אַחְלָמָה - 'AKH'LAMAH, Amethys, Kecubung, batu untuk suku Naftali.


- Baris keempat:

- תַּרְשִׁישׁ - TARSYISY, Beryl/ Pirus, Aquamarine, batu untuk suku Asyer

- שֹׁהַם - SYOHAM, Onyx, batu untuk suku Yusuf

- יָֽשְׁפִה - YASY'FIH, Jasper, Nefrit, batu untuk suku Benyamin.


Image



Apa yang penting dari Zebulon? Kita membaca di Yesaya 8:23-9:1-6, dikutip dalam Matius 4:15 bahwa:


* Yesaya 8:23-9:1-6

8:23 Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu TUHAN merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain.

9:1 Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.

9:2 Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan.

9:3 Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian.

9:4 Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api.

9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

9:6 Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.


Bandingkan:


Matius 4:15

LAI TB, "Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain,

KJV, The land of Zabulon, and the land of Nephthalim, by the way of the sea, beyond Jordan, Galilee of the Gentiles (bangsa-bangsa kafir);

TR, γη ζαβουλων και γη νεφθαλειμ οδον θαλασσης περαν του ιορδανου γαλιλαια των εθνων

Translit interlinear: gê {tanah} zaboulôn {zebulon} kai {dab} gê {tanah} nephthaleim {Naftali,} hodon {jalan (ke)} thalassês {laut} peran {di seberang} tou iordanou {Sungai Yordan,} galilaia {Galilea} tôn ethnôn {bangsa-bangsa (bukan Yahudi/ Kafir),}


Menurut penafsiran ini, "batu putih suci" adalah simbol dari Zebulon yang merupakan wilayah bangsa-bangsa (non Yahudi), ini dapat pula merujuk kepada bangsa yang berkaitan dengan tanah Zebulon pada zaman itu: bangsa Yunani-Romawi yang berada di Galilea, bahwa yang akan menerima cahaya melalui kelahiran Yesus Kristus.



c. BATU PUTIH - BATU PENJURU - LAMBANG KESUCIAN:


Rahasia "batu putih" di sini adalah Sang Mesias sendiri. Warna Putih dalam Alkitab melambangkan kemurnian atau kesucian. Selain itu "batu" menunjuk kepada Kristus yang juga disebut sebagai "batu penjuru yang utama", dan Dia adalah "Sang Batu Karang" (1 Korintus 10:4, Matius 21:42, Yesaya 28:16). 1 Korintus 10:4 berkata kepada kita:


* 1 Korintus 10:4

LAI TB, dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang (PETRA) itu ialah Kristus.

KJV, And did all drink the same spiritual drink: for they drank of that spiritual Rock that followed them: and that Rock (PETRA) was Christ

TR, και παντες το αυτο πομα πνευματικον επιον επινον γαρ εκ πνευματικης ακολουθουσης πετρας η δε πετρα ην ο χριστος

Translit., kai pantes to auto poma pneumatikon epion epinon gar ek pneumatikês akolouthousês petras hê de PETRA ên ho khristos .


Jemaat Kristus mengimani bahwa Yesus Kristus adalah Allah. Dalam Perjanjian Lama (PL) sebanyak 34 kali menyebut banwa Allah sebagai "Batu Karang" atau "Gunung Batu" atau "the Rock" (Ibrani, צור - TSUR) bagi Israel.


* Mazmur 94:22

LAI TB, Tetapi TUHAN adalah kota bentengku dan Allahku adalah gunung batu perlindunganku.

KJV, But the LORD is my defence; and my God is the rock of my refuge.

Hebrew,

וַיְהִי יְהוָה לִי לְמִשְׂגָּב וֵאלֹהַי לְצוּר מַחְסִי׃

Translit, VAYEHI YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) LI LEMIS'GAV VELOHAY LETSUR MAKH'SI


* 1 Samuel 2:2

LAI TB, Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita.

KJV, There is none holy as the LORD: for there is none beside thee: neither is there any rock like our God.

Hebrew,

אֵין־קָדֹושׁ כַּיהוָה כִּי אֵין בִּלְתֶּךָ וְאֵין צוּר כֵּאלֹהֵינוּ׃

Translit, 'EIN-QADOSY KAYEHOVAH (dibaca: Ka'Adonay) KI-'EIN BILTEKHA VE'EIN TSUR KELOHEINU


Dengan demikian, pemberian "batu putih" dengan tulisan "nama pribadi" yaitu "nama baru" kepada para pemenangnya, adalah pengukuhan bahwa dia yang telah menang (setia sampai pada akhirnya) itu resmi menjadi Warga Kerajaan Surga yang Kekal, anak-anak dari Allah yang maha Kudus (simbol warna putih), yang adalah Gunung Batu kita.


Jadi, ada 3 penafsiran untuk mengidentifikasi "batu putih" yang dimaksud Wahyu 2:17. Anda bisa memilih salah satu darinya, yang Anda rasa paling tepat. Saya pribadi, memilih kemungkinan penafsiran yang ketiga.

Komentar

Postingan Populer