BENALU

 *BENALU*

*ARK OF CHRIST BANDUNG*

*SENIN 10 AGUSTUS 2020*

*PS NANY SUSANTY SH*


Shalom


Saat ini kita sedang berada dalam waktu-waktu yang sangat singkat untuk menyambut Kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang kedua kalinya.


Saat saya berdoa untuk mempersiapkan Kotbah ditempat ini. Tuhan Yesus mau kita membersihkan hati dan hidup kita untuk mempersiapkan diri untuk Kedatangan Tuhan Yesus diatas awan-awan.


Ketika saya berdoa, Tuhan memberikan kepada saya suatu Penglihatan sebuah Pohon yang daunnya sangat rindang, Berbuah Besar-besar dan Sangat Lebat. Lalu saya melihat di salah satu dahan pohon itu tumbuh Benalu. Benalu adalah tumbuhan yang menempel di pohon inangnya, sifat Benalu sangat merugikan pohon inangnya. Benalu menyedot persediaan makanan bagi pohon dan ranting inangnya. Dahan pohon yang ditumbuhi benalu tidak bisa mendapatkan makanan sehingga lama kelamaan Dahan Pohon inangnya, akan gugur daunnya dan lama kelamaan Dahan nya menjadi kering dan mati.


Benalu jika dibiarkan tumbuh maka ia akan menutupi seluruh dahan pohon inangnya, dan lama kelamaan pohon ini akan mati dan kering karena tidak mendapatkan cadangan makanan.


Berbeda dengan Pohon Anggrek, Anggrek juga menempel di dahan pohon namun Anggrek tidak mengambil makanan dari pohon inangnya. Pohon inangnya akan tetap hidup. Dan mempunyai hubungan yang saling melengkapi dan menguntungkan.


Pertama kali Benalu tumbuh di suatu pohon itu tidak terasa, lama kelamaan Benalu itu akan merembet ke seluruh dahan pohon inangnya, Benalu itu menghambat pertumbuhan pohon inangnya.


Jika kita mempunyai Benalu dalam hidup kita maka itu akan menghambat pertumbuhan rohani kita. Jika kita menyadari ada sesuatu yang menghambat pertumbuhan rohani kita, kita harus cepat datang ke Tuhan, minta Tuhan membabat habis benalu-benalu yang ada di dalam hidup kita.


Hari ini kita akan belajar tentang Abraham. Mari Kita Buka Firman Tuhan : 

Kejadian 12:1-5 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 

Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.

Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." 

Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lot pun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran.

Abram membawa Sarai, isterinya, dan Lot, anak saudaranya, dan segala harta benda yang didapat mereka dan orang-orang yang diperoleh mereka di Haran; mereka berangkat ke tanah Kanaan, lalu sampai di situ.


Tuhan Memerintahkan kepada Abraham untuk :

*Pergi Dari Negerinya Abraham*

*Pergi Dari Sanak saudara Abraham*

*Pergi Dari Rumah Bapa nya*


Tuhan mau Abraham Pergi hanya Bersama Sarah istrinya saja. Namun Abraham pergi sambil membawa Lot Keponakannya. Padahal Tuhan menyuruh Abraham meninggalkan sanak-saudara nya.


Ketika Benalu itu tumbuh di dalam hidup kita, kita seringkali tidak menyadarinya. Benalu itu menempel di dalam hidup kita.


Ketika Benalu Menempel di dalam hidup Abraham, Abraham terhambat untuk menerima Janji Tuhan. Selama 25 tahun Abraham tidak mendapatkan anak.


Saat ini mari Kita periksa hidup kita, apakah ada yang menghambat pertumbuhan rohani kita ? Adakah Janji Tuhan yang belum digenapi didalam hidup kita ?


Kita harus periksa apakah ada Benalu yang menempel di dalam hidup kita ?


Abraham tidak menyadari ada Benalu yang menempel di dalam hidup dia.


*ABRAHAM MENDIRIKAN MEZBAH*


Kejadian 13:3-4 (TB)  Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah Negeb sampai dekat Betel, di mana kemahnya mula-mula berdiri, antara Betel dan Ai,

ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN. 


Kejadian 13:5-6 (TB)  Juga Lot, yang ikut bersama-sama dengan Abram, mempunyai domba dan lembu dan kemah. 

Tetapi negeri itu tidak cukup luas bagi mereka untuk diam bersama-sama, sebab harta milik mereka amat banyak, sehingga mereka tidak dapat diam bersama-sama.


Hidup Abraham diberkati oleh Tuhan namun ia tidak mempunyai anak padahal Janji Tuhan dalam hidup Abraham adalah dia menjadi Bapa bagi banyak bangsa.


*ABRAHAM BERPISAH DENGAN LOT*


Kejadian 13:7-9 (TB)  Karena itu terjadilah perkelahian antara para gembala Abram dan para gembala Lot. Waktu itu orang Kanaan dan orang Feris diam di negeri itu.

Maka berkatalah Abram kepada Lot: "Janganlah kiranya ada perkelahian antara aku dan engkau, dan antara para gembalaku dan para gembalamu, sebab kita ini kerabat.

Bukankah seluruh negeri ini terbuka untuk engkau? Baiklah pisahkan dirimu dari padaku; jika engkau ke kiri, maka aku ke kanan, jika engkau ke kanan, maka aku ke kiri."


Kita harus cepat menyadari jika ada Benalu didalam hidup kita. Kita harus tanya Roh Kudus apa yang menjadi Benalu didalam hidup kita. Setelah itu kita minta Tuhan membongkar atau membabat habis benalu-benalu yang ada di dalam hidup kita.


Kesaksian : ada seorang Hamba Tuhan yang menceritakan tentang kisah hidupnya kepada saya. Sewaktu kuliah ia adalah seorang yang mempunyai hobby untuk mengkoleksi kaset-kaset, baju-baju aktor atau artis idola nya, ia rela untuk makan hanya roti bagel dan susu saja demi mendapatkan barang-barang idolanya. Walaupun ia orang berada, ia mau membayar mahal hobinya.


Kemudian ia bertobat, lalu Tuhan mau ia membuang semua benalu dalam hidup nya. Awalnya ia tidak bisa, namun ia ambil keputusan untuk membakar seluruh koleksi kaset-kaset baju-baju idolanya. Ia mengatakan ketika ia membakar seluruh koleksi dia itu sangat menyakitkan. Setelah ia membakar seluruh koleksi dia, ia merasakan kelegaan dalam hidup dia.


*SETELAH ABRAHAM BERPISAH DENGAN LOT*


Kejadian 13:14-16 (TB)  Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan,

sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya.  

Dan Aku akan menjadikan keturunanmu seperti debu tanah banyaknya, sehingga, jika seandainya ada yang dapat menghitung debu tanah, keturunanmu pun akan dapat dihitung juga.


Semua Janji Tuhan dalam hidup Abraham digenapi.


*ISHAK LAHIR*


*Tuhan Memperhatikan Sarah*


Kejadian 21:1 (TB)  TUHAN memperhatikan Sara, seperti yang difirmankan-Nya, dan TUHAN melakukan kepada Sara seperti yang dijanjikan-Nya. 


Kejadian 21:2 (TB)  Maka mengandunglah Sara, lalu ia melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya, pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan firman Allah kepadanya. 


Pada waktu yang sudah ditentukan oleh Tuhan. Abraham memperoleh anak yang dijanjikan oleh Tuhan kepada Abraham.


Kejadian 21:5 (TB)  Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya. 


*JANJI TUHAN UNTUK SETIAP KITA*


*Dalam Waktu Tiga Tahun Kedepan Ada Sesuatu yang Luar Biasa yang Tuhan sediakan untuk kita Anak-anak Tuhan. Pada waktu yang sudah ditetapkan oleh Tuhan. Hal ini tergantung hubungan kita dengan Tuhan.*


*Ishak Lahir setelah Abraham membereskan Benalu didalam hidup dia*


Kejadian 21:3 (TB)  Abraham menamai anaknya yang baru lahir itu Ishak, yang dilahirkan Sara baginya. 


Benalu adalah sesuatu yang menghambat pertumbuhan rohani kita.


Jika kita memprioritaskan Hobby atau kesenangan atau bisnis atau kebutuhan kita Tuhan tidak suka. Tuhan mau kita memprioritaskan Tuhan diatas segalanya.


Mari Kita Selidiki Setiap Benalu didalam hidup kita dan minta Tuhan membabat habis benalu-benalu yang ada di dalam hidup kita. Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat




Komentar

  1. terimakasih..
    saya tadi ketiggalan live streamingnya di bagian Benalu.. tapi sudah langsung dirangkumkan di sini. It's so blessed. thankyou

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer