TANDA BINATANG ITU DATANG

Tanda Binatang itu datang!

Sadhu Sundar Selvaraj 

Konferensi Profetik



Tahun 2020 ini bukanlah menjadi tahun yang cukup menyenangkan, bahkan kenyataannya sangat berbeda dgn yg dinubuatkan banyak org utk tahun 2020 ini.  


Peristiwa2 yg telah terjadi sejauh ini belum line-up together (membentuk suatu garis bersama?)

Tetapi satu hal saya percaya, musibah apapun seperti coronavirus yg telah terjadi dari bulan Januari sampai saat ini adalah penghakiman dari Tuhan krn Tuhan sendiri yg telah menunjukkan hal itu sendiri kepada saya. 


Saya sudah bagikan sebelumnya penglihatan saya: kuda putih yg lari dari Timur ke Barat. Wabah pandemik yg bermula dari wilayah Timur dengan sangat cepat sekali menyebar ke wilayah Barat dunia. 

Di penglihatan saya: seekor kuda putih berlari sangat cepat dari arah timur ke barat, dan ketika kuda itu sudah mencapai wilayah barat, kita pikir, kuda putih itu akan berhenti di sana (Barat), begitu juga pikiran saya. Tetapi ketika kuda putih itu sudah mencapai wilayah barat paling jauh, Sadhu kaget sekali ketika melihat kuda itu memalingkan kepalanya & melihat ke arah Timur lagi. Ketika kuda itu memutar kepalanya utk melihat ke arah timur, Sadhu sangat terkejut, krn binatang itu tidak kelihatan seperti kuda, melainkan binatang yg sangat ganas (verocious beast), kelihatan sangat murka & haus darah.

Mulutnya sangat lebar seperti mulut buaya, giginya sangat tajam & dalam seperti gigi buaya, dan terlihat berlumuran darah. Matanya merah darah. 


Ketika Sadhu melihat binatang itu menolehkan kepalanya melihat ke belakang (arah timur), Sadhu tahu bahwa ini belum berakhir. Tepat sekali, ketika wabah ini mereda di bagian Barat, muncul lagi wabah ini di bagian Timur dgn jumlah yg sangat meningkat. 


Pada masa penghakiman Tuhan sekarang ini, berapa banyak dari kita yg benar2 merendahkan diri di hadapan Tuhan? 


Banyak negara2 & pemerintahan dunia memberlakukan langsung lockdown, yg sudah berjalan ber-bulan2. Bahkan di India, lockdown berlangsung dari bln Maret sampai Agustus. 


Masa lockdown ini adalah kesempatan emas yang Tuhan berikan untuk kita supaya mempersiapkan hati, jiwa & roh. Pertanyaannya, seberapa banyak kesempatan emas itu yg kita gunakan? 

Satu hal yg menarik ttg lockdown ini, kalau kita baca di 


Yesaya 26:20

“Mari bangsaku, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintumu sesudah engkau masuk, bersembunyilah barang sesaat lamanya, sampai amarah itu berlalu.”

‭‭Yesaya‬ ‭26:20‬ ‭TB‬‬


Beribu-ribu tahun sebelum wabah ini menimpa, Firman Tuhan sudah memberitahukan kita apa yg harus kita lakukan (Yesaya 26:20). 


Tetapi di sisi yg lain, banyak negara2 dunia ber-lomba2 menemukan vaksin utk menyembuhkan wabah ini, bahkan banyak ilmuwan dari pelbagai negara ini sudah dekat sekali utk mengabarkan suatu terobosan dalam penemuan vaksin utk coronavirus ini. Negara pertama yg mengumumkan terobosan ini adalah Rusia. Ttp banyak negara2 lain di Barat yg tidak setuju bahwa Rusia telah berhasil mencapai terobosan ini. Perlombaan ini untuk mencari ‘obat’.


Di tengah2 semua ini, ada suatu peristiwa yg telah dinubuatkan di dalam Alkitab 2000 tahun yang lalu, yang sekarang sudah sangat dekat masa penggenapannya.


Ini adalah Firman yang saya (Sadhu) sampaikan kepada anda saat ini: 

Siang ini ketika saya (Sadhu) di rumah saya berdoa mempersiapkan diri, bertanya ke Tuhan apa yg akan disampaikan kepada kalian. 

Sadhu melihat langit terbuka dan Sadhu melihat ke dalam Surga. Sadhu melihat ada seorang suci yang berdiri dalam Surga & dia juga melihat ke Sadhu. Sadhu bertanya ke Roh Kudus, “Siapakah orang suci itu?”

Sadhu terkejut ketika diberitahu bahwa orang suci itu adalah tua2 (elder) yang berbicara ke Rasul Yohanes di Wahyu 5:5.


Ketika Sadhu mempersiapkan hatinya utk bertanya kepada tua2 itu ttg apa Firman Tuhan yg akan disampaikan, ini yang dikatakan tua2 itu:


“Warn the world this danger that is coming!!!”

(Peringatkan ke seluruh dunia ttg bahaya yg akan datang!!!)


“Warn the world this danger that is coming!!!”


Bahaya apa? 

Sekitar 10 hari yg lalu kami menyiarkan program mingguan TV kami di India, suatu program 20 menit di mana saya (Sadhu) membagikan ttg sesuatu yang drastic yang akan terjadi & sangat2 berbahaya. 

Ketika saya memikirkan ttg pesan tersebut, saat itulah saya melihat ke dalam Surga, dan mendengar tua2 ini berkata:  “Peringatkan seluruh dunia ttg bahaya ini!!!”


Suatu struktur (platform) identitas digital biometrik akan datang. 


Saya (Sadhu) berharap anda membuka hati, pikiran dan pengertian anda utk mengerti dengan benar.

Selalu ada 2 sisi dalam segala sesuatu: baik & buruknya.


Saya bagikan sebuah misteri: ketika Tuhan menciptakan Adam & Hawa, Tuhan menempatkan mereka di taman yg terletak di sebuah tempat yg luas yg disebut Eden. Tuhan mengatakan bahwa mrk bisa makan semua buah2an di taman itu kecuali pohon pengetahuan baik dan jahat. Bahkan mrk bisa saja makan buah2 dari pohon kehidupan.

Sekarang saya akan membagikan sebuah misteri ttg pohon kehidupan.


Pohon kehidupan itu adalah hidup keilahian Tuhan sendiri. Bila makan dari pohon kehidupan itu, Adam & Hawa akan selalu sehat: tidak ada sel2 dalam tubuh mereka yang akan capek, tidak akan ada bagian tubuh mereka yg rusak, krn itu bila mrk selalu sehat senantiasa, otomatis mrk akan hidup selamanya. 


Ini adalah suatu aspek dari pohon kehidupan itu. Aspek yg lainnya: ada hikmat & pengetahuan Tuhan yg juga bersemayam dalam pohon itu. Ketika kita ambil bagian dalam hidup Tuhan, otomatis kita juga ambil bagian dalam hikmat & pengetahuan Tuhan, kita akan mulai punya pikiran Tuhan. 

Bila kita dipenuhi dgn pikiran Tuhan, kita akan dimampukan utk melihat & meraih pengetahuan yg tidak terbatas. 


Saat hidup dari Tuhan itu ada/tinggal mengalir di dalam diri kita, kita akan selalu berbuat baik, sebagaimana sejatinyanTuhan itu sendiri, yang berlimpah dalam kebaikan dan kebenaran. 


Sebaliknya, apa yg dilakukan oleh leluhur kita (Adam & Hawa)? 

Mrk makan buah2 an dari pohon yg baik & jahat. Terus, apa yg mrk dapatkan?

Dua macam pengetahuan: baik dan jahat. Tetapi dasar dari pengetahuan itu bukan berasal dari kebenaran, melainkan dari ketidaktaatan (disobedient) dan ketidak-benaran (unrighteousness). 

Jadi artinya, di dalam diri kita ada korupsi (corruption) dan ketidak-benaran (unrighteousness). 

Akibatnya, hikmat dan pengetahuan yg kita dapatkan & mengalir dlm diri kita, lebih condong/ berat sebelah ke arah ketidak-benaran & kejahatan daripada ke arah kebaikan. 


Setiap penemuan yg telah terjadi di dunia ini, lihatlah penggunaannya, lebih condong dipakai utk kejahatan daripada utk kebaikan. 

Contoh:

Bom atom, pada awalnya ditemukan utk hal2 yg baik.

Baru saja Sadhu membaca (artikel) ttg penemu bom atom itu.  Tujuan awal dari penemuannya keluar dari hati yang baik & motif yg murni utk dipergunakan dlm hal2 yg baik.  Ttp dari satu bom atom itu, lihatlah betapa byk kejahatan yg keluar/bermula dari sana. 


Pengetahuan yg didapatkan dari ketidak-benaran artinya kita gunakan utk tujuan yg jahat drpd tujuan yg baik. 


Dengan cara yg sama, ada byk sekali penemuan2 luar biasa bagusnya di abad 21 ini, salah satunya: teknoligi identitas digital biometrik yg byk sekali kegunaan positifnya. Tetapi sekarang, satu kegunaan jahatnya akan datang.


Di tengah2 wabah coronavirus yg menyebar di seluruh dunia, seperti yg saya (Sadhu) sebutkan, negara2 di dunia ber-lomba2 mencari obatnya. Utk melakukan riset tsb perlu dana yg cukup besar dan di antaranya ada org2 kaya dunia yg berkontribusi di dalamnya, di mana satu org berdiri sangat menonjol yaitu Bill Gates. Semua org pasti sudah tau siapa BG, yg 95% komputer kita pakai dibuat oleh dia, sebagaimana kita pakai Windows operating system buatan dia. 

Dia adalah salah satu dari multi-bilioner di seluruh dunia, BG mungkin bukan satu2 nya multi-bilioner di dunia ttp dia bagian dari para multi-bilioner itu. Harta pribadinya mencapai sekitar US$105,6 billion. Masih byk juga multi-bilioner seperti dia, ttp baru2 ini dia menyumbang US$100 juta utk mencari vaksin utk covid-19. Suatu jumlah yg sangat banyak; betapa dermawannya dia utk menyumbang ke ilmu pengetahuan & riset utk mencari obat utk menghapuskan masalah ini dari bumi.


Tetapi yg sangat mengejutkan adalah hal sbb: 

Sejak saat virus covid-19 nongol, BG mulai membuat pernyataan2 ttg covid-19. Sebagaimana seluruh dunia ber-lomba2 mencari obat/vaksin utk virus ini, BG buat pernyataan yg ‘memaksa’ seperti ini: “Setiap orang yg hidup di dunia ino harus di-vaksin.”


Cara BG berbicara sangat memaksa. Ketika Sadhu membaca interview & pernyataannya BG, Sadhu jadi ber-tanya2, BG itu bukan presiden ataupun perdana menteri dari negara manapun, bukan juga raja suatu negara, malahan BG tidak terlibat dlm politik pemerintahan atau parpol suatu negara, ttp ada sesuatu yg ‘aneh’, krn BG sering sekali didapati berada dalam kerumunan para pemimpin dunia ketika mrk berkumpul bersama dlm suatu konferensi. 

Yg buat Sadhu ber-tanya2 adalah ini: ada banyak multi-bilioner di dunia ini ttp mrk tidak ikut campur dgn para pemimpin dunia di konferensi2 seperti ini ttp BG melibatkan dirinya. 

Kenapa? Big question!!! 

Ketika BG buat pernyataan bhw setiap manusia hrs divaksin, dia berbicara sepertinya dia seorg pemimpin yg terkenal sebuah negara yg beri pernyataan spt itu. 


Dan apa yg paling aneh dari semua ini? Tidak ada satupun dari para pemimpin dunia ini yg menegur BG atau berkomentar ttg hal ini, baik mendukung atau membantah pernyataan & tingkah polah BG.

Malahan byk pemimpin negara2 buat pernyataan seperti ini: “Kita tidak bisa kembali ke masa2 sebelum covid-19 menyerang, kita skr memasuki masa hidup yg baru, masa ‘penyesuaian’ hidup baru.”


Pernyataan2 yg sama ini dibuat oleh byk pemimpin negara2 di dunia, persis sejalan dgn yg BG katakan.


Semakin Sadhu pikirkan, bagaimana BG dari entah darimana, dunia komputer bisa menjadi menonjol sendiri, jadi jubir seakan berbicara utk seluruh dunia. 

Ketika Sadhu merenungkan hal ini, ada ayat yg muncul: 


Dan 7:8

“Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.”

‭‭

Daniel mendapat penglihatan, 4 binatang keluar dari air, yg pertama seperti singa, yg kedua beruang, ketiga macan tutul, sedang yg ke empat, Daniel tidak pernah melihat binatang yg seperti ini, bahkan binatang itu tidak mirip dgn binatang apapun yg ada di dunia ini, sehingga Daniel menyebutnya sbg: binatang yg buas. Ada 10 tanduk di kepala binatang buas ini & ketika Daniel memperhatikan binatang ini, tiba2 muncul satu tanduk kecil yg sedang meningkat, sehingga 3 tanduk lainnya tercabut, jadi total tinggal hanya ada 7 tanduk. Tanduk kecil yg makin lama makin besar & meningkat itu punya mata spt mata manusia & punya mulut yg menyombong. 


Ketika Sadhu melihat yg dilakukan BG. Ayat ini muncul & Sadhu bertanya ke dirinya sendiri, apakah BG itu adalah tanduk kecil itu? Sampai skr hal itu masih dlm tanda tanya. Ttp ketika Sadhu mulai merenung lebih dalam lagi: ada group yg bernama Forbes group yg menerbitkan majalah2, berita2 finansial, mrk juga melacak siapa yg terkaya di seluruh dunia: ada paling tidak 10 org atau lebih org paling kaya seluruh dunia, ttp tidak ada dari mrk yg aktif ambil peranan spt BG. Ini benar2 jadi tanda tanya bagi saya, dan pernyataan2 yg BG buat ‘membunyikan alarm’ .


Sementara kita kesampingkan hal ini & bahas yg lain dulu.


Ads pusat riset mengenai obat2an yg disebut Gavi center, nama lengkapnya Gavi, The Vaccine Alliance (pusat vaksin).


Ini bukan pusat riset & pengembangan medik & obat2an independen. BG sangat dekat sekali terhubung dgn organisasi ini. Malahan ada catatan resmi bhw BG yg mendukung organisasi tsb, menyumbang US$1.6 milyar utk bekerjasama dgn Gavi buat vaksin utk covid-19. 

Anda mungkin bertanya ke saya: apa yg salah/jahat dgn hal itu?

Org yg super kaya ini menyumbangkan uangnya utk mencari solusi utk wabah ini? Sadhu setuju dgn kalian bhw itu hal itu adalah perbuatan mulia. Ttp ada suatu masalah di sini, yg akan buat kita berpikir, hal tsb mungkin bukan perbuatan mulia. 


Sadhu mau kita mencatat baik2 hal ini: 

GAVI, The Vaccine Alliance


Alliance = aliansi perusahaan2 yg bekerjasama utk tujuan sama


Mrk bekerjasama dgn organisasi lain, catat baik2 namanya: TrustStamp


TrustStamp adalah perusahaan teknologi yg berinvestasi besar2-an utk mengembangkan identitas digital biometrik. 


Sekitar 30 thn atau lebih, mrk pertama kali mempelopori identitas digital yg disebut digital angel (malaikat digital). 

Sadhu tidak tau knp mrk bisa kasih nama itu. 


Organisasi ini terlibat utk menciptakan identitas digital utk perusahaan dan/atau manusia. 


Apakah identitas digital itu? 

Skr kita sudah terbiasa utk melakukan byk hal online seperti shopping online.

Ketika berbelanja online, pas mau bayar/checkout, utk pelanggan baru, sistem ini akan meminta pembeli utk register (daftar) dulu. Utk register perlu 2 identitas yaitu email ID & buat password, di mana password itu harus terdiri dari campuran huruf dan angka. Tiap kali masuk site tsb, tidak ada yg bisa lihat/ tahu muka anda ttp site tsb tahu anda dari identitas digital anda, yaitu: email ID & password. Langkah berikutnya, isi nama lengkap, alamat lengkap & no credit card & resmi jadi pelanggan terdaftar. 

Tiap kali kita beli lagi di site yg sama, setelah kita masukkan identitas digital kita, website tsb akan mengenali kita & menyapa nama kita krn sistem website tsb mengenal kita. Inilah yg disebut dgn identitas digital biometrik. Saya (Sadhu) berikan contoh yg plg sederhana apakah identias digital biometrik itu. Ttp yg sesungguhnya, lebih dalam dari ini. 


Apakah yg dilakukan TrustStamp?

Gavi kerjasama dgn TrustStamp utk menghasilkan program identitas. 


(2)

Saat ini kita punya kartu identitas yg diberikan oleh pemerintah kita, ada nomernya. Tiap negara punya sistem identias sendiri, spt di amrik: SSN (Social Security Number), di indo: KTP.


Covid-19 sudah menjadi masalah bersama di seluruh dunia krn itu ‘mrk’ akan menjadikan seluruh negara di dunia dalam 1 sistem. Suatu identitas unik, sebuah password akan diberikan kepada setiap penduduk dunia.


Ketika Sadhu berpikir ttg hal ini, ada ayat terbesit: 


Lukas 2:1

Ada insiden yg terjadi sebelum Tuhan Yesus dilahirkan, Kaisar Roma yaitu Kaisar Agustus mengeluarkan sebuah peraturan, perhatikan baik2 apa yg dikatakannya, “Seluruh dunia harus mendaftarkan diri.”


Sadhu sudah baca ayat ini ribuan kali ttp sore tadi ketika Sadhu baca ayat ini, dia kaget. “Seluruh dunia harus mendaftarkan diri.”

Hal ini terjadi sebelum Tuhan Yesus lahir, pertama kalinya.


Skr sebelum kedatangan Tuhan Yesus yg kedua kalinya, akan datang suatu pendaftaran seluruh dunia utk identitas digital. 


Sadhu merasakan dalam rohnya utk memberitahu anda:

“JANGAN DUDUK (DIAM) SAJA & JANGAN ANGGAP ENTENG HAL INI!!!”


Hal ini sangat2 serius!!!


Pihak ke 3 datang utk bergabung dengan ke 2 organisasi sebelumnya (Gavi & TrustStamp), yaitu MasterCard, perusahan credit card.


Ada byk perusahaan credit card di dunia ini, dua yg terbesar adalah: Visa & MasterCard.


Dalam 5 thn terakhir ini, pembayaran online menjadi sangat populer. 

Sadhu ingat pernah baca artikel tentang Perdana Menteri (PM) Singapore mengunjungi China dlm kunjungan resminya & dia dibawa berkeliling utk melihat betapa teknologi mereka telah berkembang secara pesat. Sadhu tahu berita ini krn dia mendengar PM Singapore yg menceritakan kunjungannya di acara interview TV. Apa yg dilihat PM Singapore sangat mengagetkan dia, krn pembayaran cash hampir tidak ada lagi di China; walau belum 100% tidak ada cash, tetapi cash sudah menjadi tidak populer. Hampir semua penjual telah beranjak menuju pada pembayaran digital. Bahkan toko yang paling kecil di China sudah tidak menerima pembayaran cash lagi. Hal ini sangat menimbulkan kesan yang mendalam pada PM Singapore. Sepulangnya PM Singapore dari China, dia langsung memanggil menteri2 nya & memutuskan bahwa mereka (negara Singapore) harus bergerak menuju arah yg sama, punya teknologi tinggi seperti China.

Dua tahun lalu India juga telah memulai langkah yang sama. Untuk mencegah korupsi dan pencucian uang, dan juga utk mencegah rakyatnya supaya tidak menyimpan uang gelap, PM India mengumumkan uang 500 & 1000 rupees untuk ditarik dari peredaran. Walau pengumuman ini diberitakan sangat mendadak, tetapi hal ini menyebabkan negara India bergerak menuju ke arah yg diharapkan PM India, yaitu: digital India, yang akhirnya sangat cepat mendorong rakyat India utk melakukan pembayaran digital.

Banyak negara yg juga bergerak menuju ke arah yg sama: berlakunya pembayaran digital. 

Mungkin dalam waktu 1-2 tahun, uang fisik akan menjadi langka seperti dinosaurus. Jadi simpan beberapa uang koin atau uang kertas utk nantinya ditunjukkan kepada anak-cucu kita, bagaimana pembayaran di jaman yg lama.


Pembayaran online otomatis menjadi sangat populer sekarang. Bahkan byk negara di dunia sudah bergerak menuju masyarakat cashless sepenuhnya. 



Ada sesuatu yg sangat mengherankan saya (Sadhu), dari bbrp brand credit card, ada satu yg sangat menonjol, seperti tanduk kecil yg tiba2 menonjol, yaitu: MasterCard. Sejak awal, MasterCard membanggakan dirinya sbg pelopor digital seluruh dunia. Slogan mrk: ‘ a world beyond cash’ (= sebuah dunia yg melampaui uang tunai). 


Sekarang kita gabungkan ke-3 perusahaan ini, ada Gavi (The Vaccine Alliance), TrustStamp, MasterCard yg bekerjasama & melahirkan (sebuah produk), yaitu: suatu identitas digital.


Saya yakin selama ber-tahun2 anda sudah sering ber-kali2 mendengar ttg kata ‘microchip’. 

Saya (Sadhu) beritahukan anda suatu kebenaran skr ini: tanda binatang (Mark of the Beast/MoB) itu BUKAN microchip yg akan dimasukkan di dalam (tubuh) anda. 


Kata ‘mark’ (=tanda) dlm bhs Yunani, BUKAN BERARTI = chip, melainkan mark = chagma (Greek), artinya SAYATAN (scratch). 

Jadi  mrk akan menciptakan suatu tanda, seperti tatto yg disayatkan di tangan, sebuah digital chip yg sangat2 kecil akan dimasukkan ke dalam tangan; saking kecilnya sampai tidak akan terlihat atau terasakan; ini akan jadi identitas digital manusia, dan akan menjadi chip biometrik, yg akan mengandung seluruh data pribadi seseorang, di mana manusia tidak perlu bawa kartu identitas lagi, tidak SIM, KTP ataupun passport yg akan menjadi langka seperti dinosaurus. Tanda di tangan itulah berisi semua informasi. 


Krn covid-19, sebuah vaksin ditemukan, vaksin yg akan disuntikkan ke dalam tubuh manusia ini juga mengandung chip.


Sekarang, terlihat hasil kerjasama antara 2 perusahaan (Gavi & TrustStamp), lalu kenapa MasterCard bergabung juga? 

Kenapa baru sekarang (sepertinya) mendesak (utk bergabungnya ke 3 perusahaan yg berbeda ini)?

Utk keamanan publik & kesehatan penduduk, pemerintahan dunia mengharuskan setiap penduduk utk memakai masker, suatu keharusan utk pakai masker. 

Sekarang coba lihat muka saya ketika saya sudah pakai masker, bisakah anda lihat wajah saya? Tidak akan bisa.

Saya juga tidak akan bisa lihat wajah anda jika anda pakai masker, jadinya kedua belah pihak tidak akan bisa melihat masing2. 

Terus bagaimana kita bisa mengidentifikasi (mengenali) diri kita masing2?

Untuk sebab ini, pencipta identitas digital masuk.


Sadhu cerita suatu hal yg baru terjadi. Dekat rumahnya ada supermarket di mana dia sering belanja di sana. Krn wabah ini, ada penjaga di luar supermarket itu yg akan memastikan setiap pengunjung sebelum masuk toko memakai masker dan diukur suhunya dgn menembakkan laser termometer digital ke kening tiap pengunjung. Tetapi belakangan ini, ketika Sadhu ke sana, supermarket itu telah meningkatkan teknologi mrk; mrk tidak menembakkan laser termometer digital ke kening lagi, ttp menyuruh pengunjung utk menaruh telapak tangan kita di termometer (baru), dan seketika itu juga, suhu kita akan terpampang di layar. 

Hal ini sangat membekas dalam hati Sadhu, bagaimana dia cuma menempelkan tangannya ke scanner dan suhunya terbaca. Begitu jugalah tanda binatang itu (MoB) akan diberlakukan. 


Ketika MoB ditaruh di bawah permukaan kulit seseorg, seluruh data pribadi org tersebut ‘dibawa’ di dalam tanda (MoB) itu. 

Ketika seseorang memakai master, mata dan sidik jarinya tidak terproteksi, tetapi identitas digital itu juga akan memuat data ttg retina mata (iris) & sidik jari (fingerprints); ini adalah ‘wajah baru seseorg’; di mana sistem komputer akan menyimpan identitas terbaru seseorg berdasarkan retina mata & sidik jarinya. Hampir semua airports di dunia sudah memakai sistem ini, seperti di Dubai dan Singapore. Ketika seseorg check in di imigrasi, ke 10 sidik jari di-scan & ada sebuah kamera kecil yg mengambil gambar retina mata org tsb. 


Pelopor dari MoB sudah tiba; identitas digital tiap org akan disimpan dalam sebuah master database yg sangat besar. Krn vaksin covid-19 ini, mau tidak mau kita (dipaksa) harus memakai chip ini dalam tubuh kita. 


(continued)

Copas By : Maria CIMB

Komentar

Postingan Populer