YOM KIPPUR 5781 SION

 *YOM KIPPUR 5781 SION*

*ECCLESIA FELLOWSHIP SION*

*SELASA 29 SEPTEMBER 2020*

*EV LANNY RAKHMAWATI*



Shalom


Hari Raya Yom Kippur adalah Anugerah Tuhan untuk setiap kita. Kita mendapatkan Pendamaian Dari Tuhan. Tuhan memutihkan dan mengampuni segala dosa-dosa kita.


Imamat 23:27-29 (TB)  "Akan tetapi pada tanggal sepuluh bulan yang ketujuh itu ada hari Pendamaian; kamu harus mengadakan pertemuan kudus dan harus merendahkan diri dengan berpuasa dan mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN. 

Pada hari itu janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah hari Pendamaian untuk mengadakan pendamaian bagimu di hadapan TUHAN, Allahmu. 

Karena setiap orang yang pada hari itu tidak merendahkan diri dengan berpuasa, haruslah dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya.


IMAMAT 23:29 kata Merendahkan diri dari bahasa Ibrani adalah‛ânâh ענה artinya menundukkan diri, tertindas dan menderita.


Kejadian 16:6 (TB)  Kata Abram kepada Sarai: "Hambamu itu di bawah kekuasaanmu; perbuatlah kepadanya apa yang kaupandang baik." Lalu Sarai menindas Hagar, sehingga ia lari meninggalkannya.


Kata *Menindas* dalam Kejadian 16:6 memakai kata yang sama yaitu ‛ânâh H6031 : ענה tujuannya supaya Hagar merendahkan diri.


Mazmur 119:71 (TB)  Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu. 


Kata *Menindas* dalam Mazmur 119:71 memakai kata yang sama yaitu ‛ânâh H6031 : ענה tujuannya adalah supaya kita belajar Ketetapan-Ketetapan Tuhan.


Keluaran 1:11-12 (TB)  Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamses.

Tetapi makin ditindas, makin bertambah banyak dan berkembang mereka, sehingga orang merasa takut kepada orang Israel itu.


Kata *Menindas* dalam Keluaran 1:11-12 memakai kata yang sama yaitu ‛ânâh H6031 : ענה tujuannya adalah supaya kita belajar semakin menempel dengan Tuhan.


Ketika Bangsa Israel ditindas oleh Bangsa Mesir, semakin ditindas mereka semakin banyak.


Ketika kita sedang ditindas, kita bertambah banyak Anugerah Tuhan, Perkenanan Tuhan, Kemurahan Tuhan.


Quote Engkong Yusak Tjipto : *_Semua Masalah, musibah yang kita hadapi ada Berkatnya masing-masing_*


Kesaksian : Ketika saya pelayanan di Waingapu bersama Engkong, disana saya jatuh dan saya didorong dengan menggunakan Kursi roda oleh Engkong, seharusnya saya yang menjagai beliau. Engkong berkata Ngucap Syukur walaupun kaki saya sakit dan jaga sikap Hati kita.


*MANDAT DAN JAMINAN YOM KIPPUR*


Yohanes 15:4 (TB)  Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.


Matius 11:28-30 (TB)  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."


Ibrani 10:35-36 (TB)  Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. 

Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.


Kita membutuhkan Jaminan Tuhan untuk membuat kita lebih tekun lagi.


Ibrani 10:37-39 (TB)  "Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya. 

Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya." 

Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.


Kita lakukan mandat dengan kesungguhan hati.


*Mandat Artinya kekuasaan untuk melakukan kewenangan kekuasaan dari suatu badan atau organ kekuasaan atas nama badan atau organ kekuasaan tersebut*


Tanggung jawab ada pada orang yang memberikan Mandat atau wewenang.


Setiap Orang Yang Diberikan Mandat Oleh Tuhan maka tanggung jawab itu ada ditangan Tuhan.


Kesaksian : Pelayanan Di Papua pada Putaran Terakhir ini 


Mari kita jangan tinggalkan Mandat atau Perintah Tuhan. Kita harus mau melakukan apa yang Tuhan mau kita lakukan dalam hidup kita. Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer