BERKAT SUKKOT 5781

*BERKAT SUKKOT 5781*

*JKI HANANEEL SURYA*
*MINGGU 04 OKTOBER 2020*
*EV INDRIATI TJIPTO PURNOMO*



*PESAN TUHAN*

Saudara-saudara, bagi orang-orang yang membutuhkan *Uluran Tangan Tuhan* Tuhan mau berikan kepada mereka Perjanjian Tuhan.

Saya melihat Air Terjun Turun Menerpa Orang-orang yang membutuhkan uluran tangan Tuhan.

Tuhan memberikan semua Karunia-Karunia, Berkat, Kesembuhan, Kesehatan. Tuhan banjiri kami dengan Air Terjun Mu.

Tuhan mau membuat Perjanjian dengan kita secara pribadi. Perjanjian itu dibuat sangat pribadi dengan kita.

Hari ini kita Dengarkan Suara Tuhan, Tuhan mau memberikan Ayat Firman Tuhan secara pribadi, *Perjanjian-Perjanjian* dengan kita.

Tuhan Yesus mau kita berdiri kuat diatas Perjanjian Tuhan dengan kita.

*Pertama : Bagi orang-orang yang hidupnya berkali-kali hancur, usahanya berkali-kali bangkrut. Tuhan mau ubahkan setiap kehancuran kita menjadi Keajaiban.*

*Tuhan Yesus mereka-reka yang jahat menjadi Keajaiban dalam hidup kita.* Hari ini Tuhan Yesus memberikan *Perjanjian Yusuf* dalam setiap orang-orang yang mengalami kehancuran. Tuhan mereka-reka yang baik dalam hidup kita.

Kejadian 50:20 (TB)  Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

*KEDUA PERJANJIAN PEREMPUAN SIRO-FENESIA*

Tuhan memberikan Perjanjian Perempuan Siro Fenesia ini kepada orang-orang yang sudah kehilangan Iman, kehilangan ketekunan.

Seperti Perempuan Siro Fenesia ini dia menganggap dirinya sebagai anjing yang hanya layak menerima remah-remah roti dari meja Tuannya. Perempuan itu berkata ia cukup mendapat Remah-remah roti.

Markus 7:26-28 (TB)  Perempuan itu seorang Yunani bangsa Siro-Fenisia. Ia memohon kepada Yesus untuk mengusir setan itu dari anaknya.
Lalu Yesus berkata kepadanya: "Biarlah anak-anak kenyang dahulu, sebab tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."
Tetapi perempuan itu menjawab: "Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak."

*Ketiga PERJANJIAN POHON ZAITUN*

Kita adalah cabang Zaitun liar yang dicangkokkan ke Pohon Zaitun Sejati. Kita menerima Perjanjian itu karena kita dicangkokkan, sehingga kita mempunyai hak Menerima Berkat dan Warisan Kerajaan Surga.

Roma 11:24 (TB)  Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

Kita adalah orang yang dicangkokkan ke Tuhan Yesus, kita dicangkokkan ke dalam Kerajaan Surga, Masuk Ke dalam Tudung Tuhan Yesus sendiri.

Apa yang menjadi *Jatah Kerajaan Surga Menjadi Bagian Bagi Orang-orang yang dicangkokkan ke dalam Tuhan Yesus*

Apa yang menjadi *Jatah Berkat Tuhan bagi mereka yang melakukan Kehendak Tuhan itu yang mereka terima.*

Mari Kita Naikkan Ucapan Syukur dan Pegang *Perjanjian Tuhan* yang diberikan kepada kita dengan kuat-kuat.

Dalam Budaya Israel ada Perayaan Rosh Hashanah, Yom Kippur dan Sukkot, hari Raya ini dirayakan dalam waktu yang berdekatan. Setiap Musim atau Hari Raya ini ada BerkatNya

Kenapa Kita Merayakan Ketiga Hari Raya itu ? Karena kita adalah orang-orang yang di cangkokan menjadi Seorang Israel Rohani, karena Tuhan mempunyai Season, Musim, Pola, Pattern.

Kita Memasuki Tahun Pey Aleph, Pey artinya Mulut, Tuhan mau kita mendeklarasikan Firman Tuhan, Perkataan Iman, Kemuliaan Tuhan.

Hari-hari ini Waktunya kita menyuarakan Suara Kebenaran, Pujian Penyembahan, Ucapan Syukur bergema. Ini adalah Tahun kita BERSUKACITA, Mengabarkan Berita Keselamatan, Mendeklarasikan Firman Tuhan.

(Maaf Sensor)

*PEMELIHARAAN SUPRANATURAL*

Kita Buka Imamat 23:33-36 "Hari Raya Pondok Daun: Hari raya ini harus diperingati lima hari kemudian, pada hari kelima belas bulan yang ketujuh itu (akhir bulan September), dan akan berlangsung selama tujuh hari di hadapan TUHAN. 23:34 (23-33) 8 23:35 Pada hari yang pertama harus diadakan pertemuan kudus bagi segenap umat Israel dan pada hari itu janganlah kamu melakukan pekerjaan yang berat. 8 23:36 Setiap hari selama perayaan itu kamu harus mempersembahkan kurban api-apian kepada TUHAN. Pada hari yang kedelapan kamu harus mengadakan lagi pertemuan kudus bagi segenap umat Israel, dan pada waktu itu kamu harus mempersembahkan kurban api-apian kepada TUHAN. Hari itu merupakan hari raya penutupan. Janganlah seorang pun melakukan pekerjaan yang berat pada hari itu.

IMAMAT 23 : 42 FAYH Selama tujuh hari itu semua orang Israel harus tinggal di dalam pondok-pondok daun.

Kita harus Ingat Pemeliharaan Tuhan yang Supranatural.

Dinaungi Tiang Awan, Tiang Api, Manna, Baju, Kasut dan lain-lain.

Akar Kata *Sukkot* sûkkâh artinya Tudung, Pagar, Perlindungan, Tenun atau Anyam.

Reaksi kita Menentukan Seberapa Cepat Kita Melewati Padang Gurun, Percayakah Kita ?, Bersyukur atau Bersungut-sungut ? Ingin Kembali Ke Mesir

Ada banyak orang yang tidak berani Mengikuti Yang Supranatural ! Ada banyak orang yang bertanya mereka menggemakan New Normal. Saya katakan bahwa kita menggemakan yang Supranatural.

(Sensor)

Kita Berani Berjalan Bersama Tuhan, Berjalan Dengan Supranatural membuat Berkat Tuhan dalam hidup kita sangat berlimpah.

Hari-hari ini kita seolah-olah sedang berada di Padang Gurun, saat kita berada di Padang Gurun dan berjalan bersama Tuhan kita mengalami Yang Supranatural dan Amazing.

Pada Hari Raya Sukkot ini kita memutuskan untuk berjalan bersama Tuhan dalam Supranatural maka kita akan mengalami Keajaiban Supranatural dari Tuhan.

Pada Hari Raya Sukkot setiap orang Israel tinggal dalam Tenda Selama Tujuh Hari. Tuhan menyuruh orang Israel tinggal di Dalam Tenda artinya kita harus berani meninggalkan kenyamanan. Jangan sampai kenyamanan Membuat kita tidak bisa bergerak lagi.

Kita hari-hari ini harus turun ke jalan, kita tinggalkan kenyamanan, kita bergerak dalam Supranatural. (Sensor) Jangan sampai kita menjadi Seperti Rajawali Tua dan gendut.

Apakah Kita Siap Sekali Lagi Berjalan Dalam Supranatural ?

Apakah Kita siap sekali lagi Mengalami Keajaiban ?

*YAKUB DI SUKKOT*

Kejadian 33:16-17 FAYH

Maka Esau pun kembali ke Seir pada hari itu juga, 33:17 sedangkan Yakub dan seluruh isi rumahnya berjalan sampai di Sukot. Di situ ia mendirikan perkemahan, dengan kandang bagi semua kambing domba dan binatang peliharaannya yang lain. Itulah sebabnya tempat itu disebut Sukot, artinya 'Pondok-pondok'.

*Kenapa Tuhan Jatuh Cinta Kepada Yakub ?*

Karena Yakub Mendirikan Mezbah Dua Kali di Betel. Karena Yakub berani Berjalan Bersama Tuhan, ia hanya membawa Tongkat ketika ia pergi dari Rumah Ishak dan Ribkah.

(Sensor) Ketika Kita Mengembalikan Perpuluhan Kepada Tuhan itu karena Ekspresi Kita Mencintai Tuhan.

Kejadian 47:9 (TB)  Jawab Yakub kepada Firaun: "Tahun-tahun pengembaraanku sebagai orang asing berjumlah seratus tiga puluh tahun. Tahun-tahun hidupku itu sedikit saja dan buruk adanya, tidak mencapai umur nenek moyangku, yakni jumlah tahun mereka mengembara sebagai orang asing."

Yakub berkata bahwa walaupun tahun-tahun ku pendek dan penuh Kesukaran, tetapi ada ukiran Tuhan didalam hidup Yakub.

(Sensor)

Yom Kippur artinya adalah Harmoni, kita harus mencocokkan diri dengan pemimpin kita. Untuk membuat kita cocok, kita perlu di pukul sampai kita cocok dengan selera Pemimpin dan Tuhan.

Yom Kippur Artinya Merendahkan diri, Merendahkan diri berasal dari bahasa Ibrani Kata *Menindas* dalam Kejadian 16:6 memakai kata yang sama yaitu ‛ânâh H6031 : ×¢× ×” tujuannya supaya Hagar merendahkan diri.

Hard Dealing :  ‛ânâh H6031 : ×¢× ×” hari ini Kita Harus Hard Dealing dengan Tuhan.

Saya berkata kepada Tuhan apa yang orang lain tidak mau lakukan, biar saya yang melakukannya.

Kita menerima dan Melihat Kemustahilan menjadi Keajaiban. Saya meletakkan apa yang harus saya letakkan.

Keberanian Yakub Mengikuti Jalan-jalan Tuhan, itu diukir setiap cm dalam hidup Yakub.

*PONDOK DAUD*

Amos 9:11-12 (TB)  "Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala,
supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku," demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal ini.

Daud didalam pelariannya dan dalam situasi apapun ia selalu Menyembah Tuhan.

Daud adalah Seorang Yang Sedetak dan Sederap dan Seirama dengan Tuhan.

(Sensor) Tuhan kita adalah Tuhan yang sangat kaya. Selama 50 tahun lebih saya berjalan bersama Tuhan. Saya melewati From Glory To Glory.

Saya Mengikuti Kemanapun Tuhan Suruh saya pergi.

Ketika Kita Tinggal di dalam Tuhan maka Tuhan memberikan semuanya kepada kita.

Pada Hari Raya Sukkot ini Tuhan memberikan Semuanya *All Is Your's* Hari ini Tuhan berikan CintaNya, AnugerahNya, Kemenangan dan Berkat Tuhan.

*BERKAT DAN PERSEMBAHAN SUKKOT*

*TIGA HARI RAYA DAN TIGA TUAIAN*

*HARI RAYA PASKAH*

PENUAIAN JELAI (BARLEY)

Kita Menuai Orang-orang Miskin dan Memberikan Makan Orang-orang Miskin

*HARI RAYA PENTAKOSTA*

PENUAIAN GANDUM (WHEAT)

Kita Menuai Jiwa-jiwa atau Orang-orang Kristen yang belum lahir baru.

*HARI RAYA PONDOK DAUN (SUKKOT (*

PENUAIAN ANGGUR (GRAPES)

CINTA : Bisakah Kita Menaikkan Cinta yang Fresh bukan yang rutinitas. Kita harus mau selalu ada di dalam Hadirat Tuhan.

Ada banyak sekali orang yang sudah kehilangan Cinta.

Mari kita renungkan Apakah Ketiga Hal ini ada di dalam hidup kita ?

Mari kita selesaikan semua tugas yang belum kita selesaikan.

Hari ini biar apa yang belum digenapi didalam hidup kita dalam hidup kita digenapi.

*BERKAT SUKKOT : Kesehatan, Kelimpahan, Kemenangan dan Kesembuhan menjadi bagian hidup kita.*

Amin

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer