CHARACTER GIFTS AND GOD'S FAVOR

 *CHARACTER GIFTS AND GOD'S FAVOR*

*BSB ZOOM MEETING*

*SENIN 26 OKTOBER 2020*

*COACH IRENE TEDJO*



Shalom


Di Putaran Terakhir ini kita butuh GOD'S FAVOR untuk menyelesaikan Setiap Destiny, Tugas dan Mandat yang Tuhan berikan kepada kita.


Mari Kita Buka Firman Tuhan :


Mazmur 5:12 (TB)  (5-13) Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai. 


Mazmur 5 : 12 FAYH Karena Engkau memberkati orang-orang benar, ya TUHAN; kasih-Mu melindungi mereka bagaikan perisai.


Psalm 5 : 12 NET Certainly you reward the godly, Lord. Like a shield you protect them in your good favor.


Psalm 5:12 NKJV For You, O Lord, will bless the righteous; With favor You will surround him as with a shield.


*GOD'S FAVOR FOR ALL ?*


Yohanes 3:16 (TB)  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.


Kisah Para Rasul 10:34 (TB)  Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.


Bukankah Tuhan Mengasihi Semua Orang Sama ?


Apakah Tuhan Punya orang-orang FavoritNya ? 


Tapi Ketika Kita Baca Alkitab, ada beberapa orang yang Tuhan lebih dekat daripada yang lain. Dan atas orang-orang tersebut Tuhan menunjukkan *PerkenananNya* dengan menurunkan *_Berkat-Berkat_* yang mana akan diterima oleh yang lain.


Ada beberapa orang yang menarik Perhatian Tuhan sehingga Tuhan Fokus Kepada orang tersebut.


*KENAPA ORANG MENDAPATKAN PERKENANAN TUHAN ?*


*NUH DAN KELUARGANYA*


Kejadian 6:8-9, 18-19 (TB)  Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN. 

Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.

Tetapi dengan engkau Aku akan mengadakan perjanjian-Ku, dan engkau akan masuk ke dalam bahtera itu: engkau bersama-sama dengan anak-anakmu dan isterimu dan isteri anak-anakmu.

Dan dari segala yang hidup, dari segala makhluk, dari semuanya haruslah engkau bawa satu pasang ke dalam bahtera itu, supaya terpelihara hidupnya bersama-sama dengan engkau; jantan dan betina harus kaubawa.


Nuh mendapatkan Perjanjian dengan Tuhan. Nuh dan Keluarganya mendapatkan Perkenanan Tuhan.


Hari-hari ini kita harus mendapatkan Perkenanan Tuhan.


*BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN GOD'S FAVOR ?*


*ABRAHAM SAHABAT ALLAH*


Yakobus 2:23 (TB)  Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: "Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." Karena itu Abraham disebut: "Sahabat Allah." 


Bisakah kita tetap Percaya Kepada Tuhan walaupun kita belum bisa melihat Janji Tuhan digenapi didalam hidup kita.


Ibrani 11:6 (TB)  Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia. 


*DAUD*


Kenapa Daud Mendapatkan Perkenanan Tuhan ? Daud adalah Seorang yang dekat dengan Tuhan. Setiap Detik Ia Selalu ada di Hati Tuhan.


Kesaksian : Sewaktu saya pergi ke City of David. Saya mendapatkan Impressi, di bagian bawah City of David ada ruang bawah tanah, disana kita bisa menyembah Tuhan bersama-sama, disitu Saya Mendengarkan Suara Daud, dia berkata di Ruang inilah tempat Aku berjumpa dengan Tuhan. Tuhan sangat merindukan Daud.


1 Samuel 16:11-13 (TB)  Lalu Samuel berkata kepada Isai: "Inikah anakmu semuanya?" Jawabnya: "Masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang menggembalakan kambing domba." Kata Samuel kepada Isai: "Suruhlah memanggil dia, sebab kita tidak akan duduk makan, sebelum ia datang ke mari." 

Kemudian disuruhnyalah menjemput dia. Ia kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok. Lalu TUHAN berfirman: "Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia." 

Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama. 


Daud mendapatkan Perkenanan Tuhan, Dia Diurapi oleh Samuel Menjadi Raja Israel. Roh Tuhan berkuasa atas Daud.


Ketika Daud Menggembalakan DOMBA-DOMBA, Di Padang Rumput Tuhan mengajar Daud Berperang. Daud selalu menaikkan Kecapi Penyembahan, Daud mempunyai hubungan yang Intim dengan Tuhan.


Karakter terbentuk dari sebuah kebiasaan. Kita harus belajar mengubah kebiasaan kita sampai kita menarik Perkenanan Tuhan turun di dalam hidup kita.


*YUSUF*


*_Baca Kejadian 37-50_*


Yusuf adalah seorang yang Jujur dan Bisa Diandalkan.


Yusuf adalah seorang yang Takut akan Tuhan.


*Untuk Mendapatkan GOD'S FAVOR dalam hidup kita : Kita Harus Mempunyai Karakter Yang Benar dan Mempunyai Respon Hati Yang Benar*


Yusuf adalah seorang yang mempunyai Komitmen, Integritas dan Bertanggung jawab.


Yusuf adalah seorang Pekerja Keras, rendah hati, cerdas.


*KALEB*


Bilangan 14:24 (TB)  Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya. 


Kaleb Memiliki *Jiwa Yang Lain*


Numbers 14:24 NKJV 24 But My servant (A)Caleb, because he has a different spirit in him and (B)has followed Me fully, I will bring into the land where he went, and his descendants shall inherit it.


Seperti Apa *Different Spirit* ? Memiliki Mental Percaya akan melihat yang Tuhan janjikan kepada dia.


Kaleb adalah seorang yang sepenuh hati Mengikuti Tuhan dan ia tidak curiga dengan Tuhan. Kaleb memperkatakan Kemenangan Kepada Bangsa Israel.


Bilangan 14:8-9, 25 (TB)  Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."  

Orang Amalek dan orang Kanaan diam di lembah. Sebab itu berpalinglah besok dan berangkatlah ke padang gurun, ke arah Laut Teberau."


Seperti Kaleb Percaya Kepada Tuhan, kita harus Percaya Kepada Tuhan. Kita harus memiliki Iman yang Bulat.


*DANIEL*


Daniel 1:8, 17 (TB)  Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya.

Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi.


Daniel Berketetapan hati untuk tidak menajiskan dirinya. Daniel Memiliki Roh Hikmat dan Kebijaksanaan dari Tuhan


Daniel Memiliki Iman untuk menerima yang terbaik dari Tuhan.


Yohanes 1:1 (TB)  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 


Daniel 6:3 (TB)  (6-4) Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.


Daniel Memiliki Integritas dan Rendah hati.


Kita harus mempunyai Karakter dan Respon yang Benar supaya kita bisa menerima Perkenanan Tuhan.


*DAMPAK PERKENANAN TUHAN*


Kita Menerima Promosi dari Tuhan, Diangkat oleh Tuhan dan Kita Menjadi Berhasil.


*RATU ESTER*


Ester 2:8-9 (TB)  Setelah titah dan undang-undang raja tersiar dan banyak gadis dikumpulkan di dalam benteng Susan, di bawah pengawasan Hegai, maka Ester pun dibawa masuk ke dalam istana raja, di bawah pengawasan Hegai, penjaga para perempuan. 

Maka gadis itu sangat baik pada pemandangannya dan menimbulkan kasih sayangnya, sehingga Hegai segera memberikan wangi-wangian dan pelabur kepadanya, dan juga tujuh orang dayang-dayang yang terpilih dari isi istana raja, kemudian memindahkan dia dengan dayang-dayangnya ke bagian yang terbaik di dalam balai perempuan.


Ester Mendapatkan Perkenanan Tuhan dan Manusia. Ia mendapatkan Kasih Sayang dari Hegai.


Ester menang atas Haman


*Jika kita mendapatkan Favor Of God, kita akan mendapatkan Promosi dari Tuhan*


*_,Favor Of God akan membuka Pintu Kemurahan dalam hidup kita_*


*Favor Of God akan Membalikkan Keadaan Hidup Kita*


*RUT*


Rut adalah seorang wanita Moab, Rut mendapatkan Perkenanan Tuhan, karena Rut Mengenal Allah yang disembah oleh Naomi Mertuanya. Rut rela meninggalkan allahnya dan ia mengikuti Allahnya Naomi.


*_Favor Of God akan membuat kita menang dari semua musuh-musuh kita_*


*_Favor Of God Membuat Keturunan Kita Berhasil_*


*Favor Of God Membuat hidup kita berhasil dan hidup kita menjadi Berkat untuk orang lain*


*YUSUF*


Kejadian 39:2-5 (TB)  Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu. 

Setelah dilihat oleh tuannya, bahwa Yusuf disertai TUHAN dan bahwa TUHAN membuat berhasil segala sesuatu yang dikerjakannya, 

maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia; kepada Yusuf diberikannya kuasa atas rumahnya dan segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf.

Sejak ia memberikan kuasa dalam rumahnya dan atas segala miliknya kepada Yusuf, TUHAN memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf, sehingga berkat TUHAN ada atas segala miliknya, baik yang di rumah maupun yang di ladang. 


Yusuf adalah seorang yang disertai oleh Tuhan. Tuhan Yesus memberkati orang Mesir karena Yusuf.


*Habits Change Into Character*


Efesus 4:24 (TB)  dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. 


Untuk Menerima Perkenanan Tuhan kita harus Mengenakan Manusia Yang Baru.


*_Untuk Menghasilkan Buah Roh kita perlu diasah_*


*Untuk Mendapatkan Perkenanan Tuhan kita harus Bergaul dengan Tuhan*


Proses Tuhan akan Menghasilkan Character Ilahi dalam hidup kita. Character Ilahi yang mempertahankan Favor Of God selalu menyertai hidup kita.


*RAJA UZIA*


2 Tawarikh 26:16 (TB)  Setelah ia menjadi kuat, ia menjadi tinggi hati sehingga ia melakukan hal yang merusak. Ia berubah setia kepada TUHAN, Allahnya, dan memasuki bait TUHAN untuk membakar ukupan di atas mezbah pembakaran ukupan. 


Hati-hati jika kita dilimpahi Perkenanan Tuhan dalam hidup kita. Kita tidak menjadi sombong.


Raja UZIA hancur karena dia tidak punya Character Ilahi maka Destiny nya hancur.


Kita harus potong semua Bad Habits.


*SEMBILAN KARUNIA ROH*


1 Korintus 14:1, 4-11 (TB)  Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat. 

Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.

Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun. 

Jadi, saudara-saudara, jika aku datang kepadamu dan berkata-kata dengan bahasa roh, apakah gunanya itu bagimu, jika aku tidak menyampaikan kepadamu penyataan Allah atau pengetahuan atau nubuat atau pengajaran?

Sama halnya dengan alat-alat yang tidak berjiwa, tetapi yang berbunyi, seperti seruling dan kecapi — bagaimanakah orang dapat mengetahui lagu apakah yang dimainkan seruling atau kecapi, kalau keduanya tidak mengeluarkan bunyi yang berbeda? 

Atau, jika nafiri tidak mengeluarkan bunyi yang terang, siapakah yang menyiapkan diri untuk berperang? 

Demikianlah juga kamu yang berkata-kata dengan bahasa roh: jika kamu tidak mempergunakan kata-kata yang jelas, bagaimanakah orang dapat mengerti apa yang kamu katakan? Kata-katamu sia-sia saja kamu ucapkan di udara! 

Ada banyak — entah berapa banyak — macam bahasa di dunia; sekalipun demikian tidak ada satu pun di antaranya yang mempunyai bunyi yang tidak berarti.

Tetapi jika aku tidak mengetahui arti bahasa itu, aku menjadi orang asing bagi dia yang mempergunakannya dan dia orang asing bagiku.


*_Hari-hari ini Tuhan memberikan Tugas kepada kita untuk mempertajam Karunia-Karunia Roh Kudus untuk menyelesaikan Setiap Destiny kita_*


*Ingat Karunia harus disertai dengan Character Ilahi*


Kita harus bergairah melakukan kerinduan Tuhan. Kita harus memiliki inisiatif dan sikap bisa. Kita harus tahu Panggilan Tuhan dan Tugas dan Tujuan hidup kita. Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat







Komentar

Postingan Populer