JANGKAU MEREKA YANG TERLUKA

JANGKAU MEREKA YANG TERLUKA



Ketika melayani dalam ibadah VSS kemarin, ada satu ayat firman yang secara khusus Tuhan hidupkan kepada saya:

Ibrani 12:12-13 (TB)  Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh. 

Dari ayat firman tersebut Roh Kudus memberi penegasan lebih lanjut:

"Ada terlalu banyak dari umat-Ku yang hidup dalam luka akibat dimanipulasi ataupun dikecewakan oleh mereka yang seharusnya mengayomi hidup mereka. Tidak sedikit yang bahkan jadi berlari menjauh dari kasih karunia-Ku. Hidup mereka jadi semakin terbuka untuk menjadi mangsa dari si Jahat. 

Untuk itulah Aku memanggil engkau yang sudah melewati proses pembentukan-Ku untuk mulai merepresentasikan Diri-Ku di hadapan mereka. Dekatilah mereka yang selama ini hidup dalam luka dan balut serta obati luka-luka kehidupan yang selama ini mereka bawa dalam hidup mereka. Karena luka-luka itulah yang membuat kehidupan mereka jadi makin rusak atau hancur.

Jadilah imam atau penghubung bagi mereka. Bawa hidup mereka dalam doa-doamu. Kasihi dan rangkul mereka melalui doa-doamu. Ketika Aku berbicara ataupun menyampaikan pikiran-pikiran-Ku tentang mereka kepadamu, sampaikanlah dengan roh yang meyakinkan mereka. Karena ketika mereka berhasil engkau yakinkan untuk mempercayai apa yang Aku sampaikan melalui dirimu, maka Aku akan memiliki keleluasaan untuk bekerja kembali secara lebih mendalam dalam kehidupan mereka. 

Ajar dan tolong mereka untuk dapat melepaskan pengampunan terhadap siapa pun yang telah melukai dan merusak kepercayaan yang awalnya mereka miliki terhadap para pengayom kehidupan. Bagaimanapun juga, Aku akan terus bekerja melalui firman dan Roh-Ku untuk memastikan hati mereka kembali tahir - tidak ada lagi ganjalan, sakit hati, kekecewaan ataupun kepahitan dalam batin mereka. Aku tetap menuntut mereka untuk memiliki 'hati yang sempurna' - hati yang tahir dari berbagai  konflik batin, kekecewaan atau berbagai bentuk gejolak emosi negatif lainnya."

Lalu sementara menuliskan tulisan di atas, Roh Kudus membuka mata rohani saya, Dia membawa saya untuk melihat adanya gambaran hati yang berdarah-darah dan cenderung sudah mulai membusuk. Lalu saya juga melihat adanya tangan yang membasuh hati tersebut dengan air yang jernih. Saya melihat semua darah yang meleleh dan mengental tersebut mulai dibersihkan dengan air yang mengalir.

Saya yakin maksud dari penglihatan tersebut berbicara tentang kita yang meresponi suara Tuhan untuk mulai tertuju kepada mereka yang hidupnya membawa luka. Dengan air kehidupan yang mengalir dari ruang tahkta ke dalam hati kita, mulai membasuh dan membersihkan hati atau kehidupan mereka yang membawa luka tersebut. Biarlah aliran kehidupan Roh dari hidup kita ini dapat mengalir, menjangkau, membasuh dan membersihkan kehidupan orang-orang yang berinteraksi dengan diri kita. 

Bapa, Aku berdoa, mampukan kami untuk meresponi secara akurat apa yang menjadi keinginan hati-Mu ini. Roh Kudus, tolonglah kami memperluas cakupan hati kami untuk mulai membawa saudara-saudara kami yang sedang hidup dengan membawa luka ini ke dalam doa-doa kami. Pertajam telinga rohani kami untuk bisa menerima pernyataan firman-Mu untuk keberadaan mereka dan mampukan kami untuk dapat merepresentasikan Diri-Mu secara akurat di hadapan mereka. Biarlah anugerah-Mu dilimpahkan secara nyata atas kehidupan mereka. Di dalam nama Yesus, Amin! 

Pernyataan Roh di atas dapat Anda baca dalam:

*) Ibrani 12:12-17
*) Matius 5:38-48
*) 2 Timotius 2:23-26
*) Galatia 6:1

#AkuCintaTuhan

Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer