KAYU ARAS DAN MERCY SEAT

*IBADAH SPECIAL DAY 3*
*22 TAHUN MAHANAIM*
*Senin 9 November 2020*
*Ev Eunike Soedirgo*
*KAYU ARAS DAN MERCY SEAT*


Tabut (Mercy Seat)

Tutup Pendamaian disebut dengan Mercy Seat.

Keluaran 25:22

22 And (A)there I will meet with you, and I will speak with you from above the mercy seat, from (B)between the two cherubim which are on the ark of the Testimony, about everything which I will give you in commandment to the children of Israel.

Bertemu
Berbicara

Mercy Seat



Tutup pendamaian (bahasa Ibrani: כפורת, kapporet, "perangkat pengapuran, pembersihan"; bahasa Inggris: mercy seat, ark-cover) adalah tutup dari Tabut Perjanjian yang terbuat seluruhnya dari emas murni.

Covenant Hineni



Ibrani 9:5 (TB)  dan di atasnya kedua kerub kemuliaan yang menaungi tutup pendamaian. Tetapi hal ini tidak dapat kita bicarakan sekarang secara terperinci. 

Tudung Kapporeth



Kapparah (Ibrani: ×›ַּפָּרָ×” - KAPARAH, Yunani: ἱλασμός - HILASMOS berarti 'atonement/ pengganti/ propisiasi pendamaian penebusan'

Kita juga dapat menjumpai kata yang berkaitan dengan makna "penutup" ( ×›ַּפֹּרֶת - KAPORET, feminine noun) 

Kata benda ×›ֹּפֶר - KOFER, 'tebusan' (penutup) digunakan dalam artian "membayar denda" sebagai "uang pendamaian"

Kayu Aras



Mazmur 92:12 (TB)  (92-13) Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; 

1 Raja-raja 10:27 (TB)  Raja membuat banyaknya perak di Yerusalem sama seperti batu, dan banyaknya pohon kayu aras sama seperti pohon ara yang tumbuh di Daerah Bukit.

Majestic : Megah
Stable :stabil
Durable : Tahan lama
Incorruptible (tidak dapat dirusakkan oleh apapun)

Cedarwood (kayu aras) Mazmur 92 : 12, sebuah kayu yang dipakai sebagai lambang salib Yesus. mampu memulihkan diri (dengan cepat) dari berbagai serangan yang datang. Mentahirkan hidup kita karena hidup bagi kegenapan rencana Tuhan. Aras melambangkan pemisahan dosa dan segala yang duniawi, kesembuhan total dan menyatu dengan Tuhan.


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer