PERUBAHAN PARADIGMA DAN PERSPEKTIF

PERUBAHAN PARADIGMA DAN PERSPEKTIF



Pagi ini, Roh Kudus kembali menegaskan tentang pentingnya untuk seseorang mengubah paradigma dan perspektif atau sudut pandang yang ia miliki dengan Firman atau pikiran Kristus. Tanpa seseorang berfokus untuk menyelidiki, mengevaluasi dan menyelaraskan paradigma serta perspektif yang ia miliki tentang berbagai aspek dalam hidupnya, maka ia tidak akan pernah mengalami perubahan hidup secara permanen.
 
Yang seringkali orang percaya alami adalah ketika mereka mulai mendengar firman atau mengalami jamahan Tuhan, maka seperti ada suatu pengaruh ilahi yang datang dan mulai mendorong serta menggerakkan dirinya untuk mulai melakukan hal yang benar atau mulai menyelaraskan diri selaras dengan firman yang ia terima - sesuai dengan arahan Roh yang datang dalam kehidupannya.
 
Tapi tanpa orang yang bersangkutan secara serius berupaya untuk menggali, menyelidiki, mengevaluasi dan menyelaraskan paradigma serta sudut pandang yang sudah ia miliki berkaitan dengan aspek yang sedang Tuhan firmankan, maka pengaruh ilahi yang bekerja dalam hidupnya secara perlahan tapi pasti akan memudar. Bahkan orang tersebut akan kembali ke pola dan ritme kehidupan yang sama seperti sebelum ia menerima firman atau arahan dari Tuhan!
 
Roh Kudus memberikan pemahaman perihal paradigma dan perspektif dalam hidup seseorang: Perhatikan berbagai smartphone yang beredar saat ini, semua smartphone tersebut bisa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yakni menggunakan operating system berbasiskan Android dan IOS. Sama seperti di antara umat-Ku, mereka juga bisa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yakni umat-Ku yang hidup berdasarkan kehidupan manusia lama dan umat-Ku yang hidup berdasarkan kehidupan manusia baru (Ciptaan Baru).
 
Bagi mereka yang menggunakan operating system berbasiskan Android, tersedia 'Google Play' untuk mengunduh berbagai aplikasi yang dibutuhkan guna memfungsikan smartphone mereka. Namun bagi pengguna smartphone berbasiskan IOS, tersedia 'App Store'. Itu adalah gambaran yang saya terima dari Roh Kudus berkaitan dengan perlunya seseorang untuk segera mengubah paradigma dan perspektif dalam hidupnya sehingga akan terjadi perubahan hidup yang permanen!
 
Untuk orang percaya sepenuhnya mengalami perubahan hidup - berfungsi sebagai manusia baru atau menjadi ciptaan baru -  maka operating system dalam hidupnya harus diganti sepenuhnya! Kita tidak akan menemukan adanya 'Google Play' di smartphone berbasiskan IOS. Begitu pula kita tidak akan pernah bisa mengaktivasi aplikasi-aplikasi tertentu yang memang dikembangkan dalam operating system IOS untuk dapat berfungsi di smartphone berbasis Android!
 
Pendek kata, untuk kita dapat berfungsi secara maksimal sebagai ciptaan baru, dibutuhkan paradigma dan perspektif yang harus sepenuhnya selaras dengan firman-Nya! Semua paradigma dan perspektif yang kita kumpulkan dalam hidup kita hingga sekarang ini harus mulai dievaluasi, dikaji ulang dan diselaraskan kembali dengan firman-Nya! Barulah kita akan sepenuhnya menikmati kehidupan sebagai ciptaan baru - menikmati realita surga dalam kehidupan sehari-hari kita. #AkuCintaTuhan
 
Ps. Steven Agustinus

Komentar

Postingan Populer