IMAN PENGHARAPAN DAN KASIH

 *IMAN PENGHARAPAN DAN KASIH*



Shalom


Sesuai dengan Tema Bulan Desember 2020, Tuhan Yesus memberikan Iman Pengharapan dan Kasih.


1 Korintus 13:13

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.


1 Tesalonika 5:8 (TB)  Tetapi kita, yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan. 


*IMAN*


Seperti Pesan Tuhan yang disampaikan oleh HambaNya PS Johan Surya, Tahun 2021 kita harus mempunyai *UNBREAKABLE FAITH* dan *Great Faith*


Kata iman dalam Alkitab ada 558 kata, jauh lebih banyak dari kata pengharapan dan kasih. Iman adalah satu tema yang tidak ada habisnya dikupas, karena Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. (Ibrani 11:1)


Tanpa iman, pengharapan menjadi sia-sia karena iman adalah dasar segala sesuatu yang kita harapkan. Iman kita ini harus bertumbuh, sehingga saya berikan satu kata yaitu iman yang bertumbuh. Iman Saudara dan saya harus bertumbuh.


Hari-hari ini di bulan terakhir Tahun 2020 kita harus belajar untuk membangun Iman Kita, kita memperkuat manusia roh kita dan kita tidak mudah Terpatahkan oleh badai yang akan terjadi.


Tantangan di hari-hari ke depan bukan makin mudah, tapi justru pergumulannya makin besar, sehingga dibutuhkan iman yang lebih tangguh di hari-hari yang akan datang. Amin!


Dari mana kita beroleh iman? Dari mendengar Firman Kristus (Rm. 10:17). Iman sebesar biji sesawi saja memiliki kuasa memindahkan gunung (Mat. 17:20) sebab tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya (Mrk. 9:23).


Selain iman kita bertumbuh karena kita membaca Firman Tuhan. Iman juga bertumbuh melalui pergumulan yang kita hadapi. Dan waktu kita meresponi masalah yang kita hadapi, tanpa disadari, iman Saudara sedang ditumbuhkan oleh Tuhan.


Kita harus belajar untuk berjalan bersama Tuhan, selalu berkomunikasi dengan Roh Kudus.


Contoh: Abraham, jika Abraham memiliki iman yang terbatas maka ia tidak akan menanti hingga 25 tahun untuk menerima Ishak, bahkan ketika Ishak telah dikaruniakan baginya, Abraham masih tetap memerlukan iman yang besar dan kasih yang besar kepada Allah, yang memampukannya untuk mempersembahkan Ishak bagi Tuhan. Meski tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham memilih untuk tetap berharap dan percaya, dan  Allah memperhitungkannya sebagai kebenaran (Roma 4:18-22). Iman seperti inilah yang Allah cari. Iman dan kasih yang sejati, dan kita dapat memilikinya saat kita mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan.


*PENGHARAPAN*


Roma 5:5 (TB)  Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.


Ketika kita mempunyai Pengharapan di dalam Tuhan Yesus, ketika kita mengalami masalah kita tidak mudah kecewa.


Untuk Menghadapi Tahun 2021 kita naikkan Level Pengharapan di dalam Tuhan Yesus Kristus.


Ibrani 6:19 (TB)  Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir, 


*KASIH*


1 Korintus 13:8 (TB)  Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. 


Di Putaran Terakhir ini Kasih Kebanyakan orang menjadi dingin. Kita harus ingat bahwa Tuhan Yesus sangat mengasihi kita, Lewat Karya Salib, itu adalah Bukti Kasih Allah untuk kita semua.


Matius 24:12 (TB)  Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.


Salah satu karakteristik dari kasih Allah ialah kasih-Nya tidak berkesudahan; bah-kan Allah itu kasih (1 Yoh. 4:8,16) dan kekal (1 Tim. 1:17). Kasih semacam ini tidak ada di bumi ini sebab semua ciptaan-Nya fana termasuk manusia yang mem-butuhkan pemulihan dari-Nya.


Mari Kita Siapkan Diri Kita Untuk Memasuki Tahun 2021.


Rabu 2 Desember 2020

Only By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat



Komentar

Postingan Populer