KUNCI BERJALAN BERSAMA IMMANUEL

KUNCI BERJALAN BERSAMA IMMANUEL



Kemudian Yesaya berkata, “Dengarkan sekarang, hai kaum Daud! Apakah tidak cukup menguji kesabaran manusia? Maukah kamu menguji kesabaran Tuhanku juga? Oleh karena itu Tuhan Sendiri akan memberimu tanda: Perawan akan mengandung dan melahirkan seorang Anak Laki-Laki, dan akan menamakan Dia Imanuel.” — Yesaya 7:13–14


Semua ini terjadi untuk menggenapi apa yang Tuhan katakan melalui nabi: “Perawan akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan memanggil Dia Imanuel” (yang artinya “Tuhan beserta kita”). — Matius 1:22–23


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat menanggapi pesan Tuhan bulan Juli ini Bahwa Tuhan adalah IMMANUEL


Yesus adalah Imanuel (Ibrani : עִמָּנוּ אֵֽל - 'IMANU 'EL atau Yunani : εμμανουηλ - emmanouêl). Artinya melalui kelahiran Yesus, Allah datang ke dunia untuk menyertai dan menolong manusia. Allah bukan lagi Allah yang jauh, tetapi kini melalui Yesus, Dia adalah Allah yang dekat, yang mendengarkan doa dan yang tahu kebutuhan hidup kita.


IMANUEL dalam bahasa Ibrani itu artinya Allah beserta kita.



NUBUAT :



* Yesaya 7:14

LAI TB, Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

KJV, Therefore the Lord himself shall give you a sign; Behold, a virgin shall conceive, and bear a son, and shall call his name Immanuel.


Hanya tiga ayat dalam Alkitab, dua dalam Tanakh Ibrani (Perjanjian Lama), dan satu ayat dalam Perjanjian Baru yang menulis kata "Imanuel" yaitu Yesaya 7:14, 8:8; Matius 1:23 (Yunani: 'εμμανουηλ - emmanouêl').



Kata Ibrani עִמָּנוּ אֵֽל - 'IMANU 'EL terdiri atas dua kata :

Kata yang pertama עִמָּנוּ - 'IMANU, 'âyin (khireq) mêm (patâkh) nûn (syûreq), dibaca: im - maa - nuu. Aksara מ - mêm (transliterasi Latin 'm') memiliki titik di tengah-tengah huruf yang disebut 'dagesy' berarti dibunyikan (jarang ditulis) ganda: im - maa dan bukan i - maa. Vokal ganda berarti dibunyikan panjang.

Kata kedua adalah אֵֽל - 'EL, 'âlef (tsêrê) lâmed, dibaca: eel. Kedua kata ini dibaca sekaligus: im - maa - nuu - eel.


'Imanuel' berarti: Allah menyertai kita. Ini adalah berita yang disampaikan oleh malaikat Tuhan kepada Yusuf, tunangan Maria. Pada waktu itu, Yusuf sedang mempertimbangkan akan menceraikan Maria dengan diam-diam, karena ternyata Maria mengandung sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.


Ketika Yusuf mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan menampakkan diri kepadanya dalam mimpi dan berkata: 


“Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Hal itu supaya terjadi seperti nubuatan nabi Yesaya lebih kurang 700 tahun SM mengenai datangnya Imanuel.


Kata ‘Imanuel’ dalam Matius 1:23 tadi, dalam bahasa Yunaninya adalah ‘Emmanouel’ yang berasal dari bahasa Ibrani ‘Immanuel’, yang merupakan nama profetik dari Mesias atau Kristus, yang dinubuatkan nabi Yesaya dalam Yesaya 7:14. Kata Imanuel berasal dari kata ‘Im’ yang berarti ‘bersama’ dan ‘El’ yang berarti ‘Allah’. Jadi Imanuel artinya: Allah menyertai kita. Konsep mengenai Imanuel adalah rancangan Allah yang ajaib yang bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia yang berdosa.


Imanuel yang artinya Allah menyertai kita, berbicara tentang kasih Allah yang luar biasa kepada umat manusia. Yohanes 3:16 berkata:


 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”


BELAJAR DARI HIDUP GIDEON


Penyertaan Allah tidak membuat segalanya menjadi mudah, tetapi indah ( ayat 11) 

“Kemudian datanglah Malaikat TUHAN dan duduk di bawah pohon tarbantin di Ofra, kepunyaan Yoas, orang Abiezer itu, sedang Gideon, anaknya, mengirik gandum dalam tempat pemerasan anggur agar tersembunyi bagi orang Midian (Hak 6:11)

Allah menyertai bangsa Israel. Tapi tidak berarti kemudian bangsa Israel bebas dari permasalahan. Mereka tetap mengalami ancaman demi ancaman, peperangan demi perangan bahkan hambatan-demi hambatan.

Bahkan sejak jaman Musa memimpin mereka keluar dari Mesir, segalanya tidak berjalan mudah. Ada banyak hal yang mereka hadapi. Namun demikian akhir dari perjuangan mareka adalah negeri Kanaan, tanah perjanjian yang berlimpah susu dan madu.

Demikian juga dengan kehidupan kita sebagai orang-orang percaya. Tuhan tidak pernah berjanji membebaskan kita dari masalah. Tapi Tuhan berjanji akan memberikan kekuatan sampai yang terbaik kita dapatkan


Penyertaan Allah tidak menghilangkan masalah ( ayat 13)

Jawab Gideon kepada-Nya: "Ah, tuanku, jika TUHAN menyertai kami, mengapa semuanya ini menimpa kami? Di manakah segala perbuatan-perbuatan-yang ajaib yang diceritakan oleh nenek moyang kami kepada kami, ketika mereka berkata: Bukankah TUHAN telah menuntun kita keluar dari Mesir? Tetapi sekarang TUHAN membuang kami dan menyerahkan kami ke dalam cengkeraman orang Midian." (Hak 6:13).

Selama kita hidup didunia, masalah akan tetap ada. Terkadang bahkan Tuhan memakai masalah untuk mendidik dan mendewasakan kita. Juga untuk melatih kekuatan iman kita. Terkadang masalah juga dipakai Tuhan untuk mengingatkan kita akan hal-hal yang salah yang telah kita lakukan. Masalah juga seringkali Tuhan pakai untuk menyadarkan kita untuk terus menaruh harap kepada Tuhan.


Penyertaan Tuhan, akan menjamin kita dapat menyelesaikan permasalahan. (Ayat.16 )

Berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Tetapi Akulah yang menyertai engkau, sebab itu engkau akan memukul kalah orang Midian itu sampai habis.“  (Hak 6:16)

Percayalah dengan kekuatan dari Tuhan, semua pasti  bisa kita selesaikan dan kita akan tampil sebagai pememang Bersama dengan Tuhan, tidak ada permasalahan yang tidak dapat kita selesaikan.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Mari Kita Berjalan Bersama Tuhan Yesus Sebab Dia IMMANUEL


Amin


Jatiwangi 12 Juli 2023

Only By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat 






Komentar

Postingan Populer