MEZBAH ANUGERAH

SIARAN TUNDA BMN NATIONS

MINGGU 20 AGUSTUS 2023

EV. KRISTIN KARUNIA
MEZBAH ANUGERAH


Kita hidup dari anugerah. Tetapi jangan sampai itu menjadi satu2nya tempat atau alasan untuk menjadi tempat pelarian, memamklumi, minta diampuni dan menjadi tempat persembunyian kita. Tetapi sampai kapanpun, keselamatan yang kita dapatkan itu karena anugerah yang kita tidak pernah bisa bayar dan biarlah kita bisa menghargai anugrah yang Tuhan berikan.

4 sifat Tuhan :
Kasih, setia, adil dan benar

TUHAN YANG MEMBERI KESEMPATAN DAN MEMBELA
■ Lukas 22 : 32 TSI
"Tetapi Aku sudah mendoakanmu, Simon, supaya kamu tetap percaya kepada-Ku. Dan sesudah ujian ini, ketika kamu sudah kembali percaya kepada-Ku, hendaklah kamu menguatkan keyakinan saudara-saudarimu.”

Nasib kita, keluarga, orang2 disekitar kita, bangsa dan dunia ini ada ditangan kita.
Inilah semua tanggung jawab, kehormatan, kepercayaan yang Tuhan berikan untuk kita.
Nasib kita bisa berubah karena ada seseorang yang mendoakan kita.

Ada DarahNya yang menunggu untuk menolong dan membersihkan hidup kita bahkan sebelum saat kita akan jatuh dan tergelincir. Itulah MEZBAH ANUGERAH.

3 DIALOG (MUSA, TUHAN, DAN UMAT ITU)
KASIH KARUNIA
■ Ulangan 31 : 16 VMD
"TUHAN berfirman kepada Musa: "Ketahuilah, engkau akan mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu dan bangsa ini akan bangkit dan berzinah dengan mengikuti allah asing yang ada di negeri, ke mana mereka akan masuk; mereka akan meninggalkan Aku dan mengingkari perjanjian-Ku yang Kuikat dengan mereka."

Diayat ini dikatakan apa yang akan terjadi saat Musa mati, dan akan ada banyak umatNya yang Tuhan cintai akan mengkhianati Tuhan dan menyakiti hatiNya.

Orang yang paling kita cintai adalah satu2nya orang yang memiliki potensi untuk menyakiti kita.
Dan yang terdekat di hati Tuhan adalah bangsa israel, tetapi hati mereka berubah setia dihadapan Tuhan, dan itu sangat menyakitkan hatiNya.

* Kita adalah orang yang Tuhan pilih dan Tuhan cintai. Dan seringkali kita mengkhianati Tuhan dan itu sangat menyakiti hatiNya. Tetapi ada HUKUM KASIH KARUNIA yang sangat berharga dan membuat kita selamat dari itu semua.

Potensi kejatuhan bangsa Israel - Sisi Tuhan
Ulangan 31 : 20
"Sebab Aku akan membawa mereka ke tanah yang Kujanjikan dengan sumpah kepada nenek moyang mereka, yakni tanah yang berlimpah-limpah susu dan madunya; mereka akan makan dan kenyang dan menjadi gemuk, tetapi mereka akan berpaling kepada allah lain dan beribadah kepadanya. Aku ini akan dinista mereka dan perjanjian-Ku akan diingkari mereka."

Kita tidak pernah tau kapan kita mengkhianati Tuhan dengan kesukaan kita yang memakan segala yang kotor dan Tidak ada seorangpun yang bisa menjamin diri kita selain Tuhan.

Kita membutuhkan orang yang bisa menopang kita dan membuat kita berjalan lurus ke jalan yang benar.

Potensi kejatuhan bangsa Israel - sisi Musa
Ulangan 31 : 27, 29 a
"Sebab aku mengenal kedegilan dan tegar tengkukmu. Sedangkan sekarang, selagi aku hidup bersama-sama dengan kamu, kamu sudah menunjukkan kedegilanmu terhadap TUHAN, terlebih lagi nanti sesudah aku mati."

"Sebab aku tahu, bahwa sesudah aku mati, kamu akan berlaku sangat busuk dan akan menyimpang dari jalan yang telah kuperintahkan kepadamu. Sebab itu di kemudian hari malapetaka akan menimpa kamu, apabila kamu berbuat yang jahat di mata TUHAN, dan menimbulkan sakit hati-Nya dengan perbuatan tanganmu."

Musa mengenal hati bangsa Israel.
Kita tidak pernah tau kapan saudara kita akan jatuh. Tetapi adakalanya kita tidak mengerti kelemahan kita dan disaat itulah kita membutuhkan orang lain untuk menolong dan membantu kita untuk menghadapi semuanya sampai akhirnya kita bisa menemukan cara yang tepat.

SEORANG PEMBELA DAN SYAFAAT - TUHAN YESUS
Roma 8 : 26
"Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan."

Adalakalanya kita berdoa dengan akal budi dan kita sebenarnya tidak mengerti bagaimana seharusnya untuk berdoa.
"Tetapi Roh sendiri yang berbicara kepada kita" tetapi kita memiliki pendoa syafaat kita yaitu Roh Tuhan sendiri. 

* Berbicara/bersyafaat (hyperentygchano) - Hyper/super intercede for us. 

Roh Kudus sungguh2 berdoa dan bersyafaat untuk kepentingan kita.
Kita adalah orang2 yang sangat ditopang dan dibungkus oleh kasih karunia. 

》ANUGERAH DAN KEMURAHAN
Mazmur 5 : 12
"Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai." 

Kita memiliki tempat tahta kasih karunia dan mezbah kemurahan, itu tempat diberikan saat kita tidak sanggup menolong diri kita sendiri dan menebus kesalahan2 kita dan kita membutuhkan tempat itu supaya kita bisa GLORIOUS FINISH dan FINISH STRONG.

Komentar

Postingan Populer