EMPAT WAJAH

EMPAT WAJAH

PDT PETRUS AGUNG PURNOMO 



Yehezkiel 1:10 (TB) Muka mereka kelihatan begini: Keempatnya mempunyai muka manusia di depan, muka singa di sebelah kanan, muka lembu di sebelah kiri, dan muka rajawali di belakang. 

Sisi Manusia

Yehezkiel melihat makhluk surgawi dengan empat wajah, yaitu manusia, lembu, singa, dan rajawali. Keempat muka ini melambangkan empat karakter dalam kehidupan kekristenan. Setiap orang memiliki keempat karakter ini, hanya saja kebanyakan memiliki hanya satu karakter yang menonjol sangat kuat.

Banyak hamba Tuhan dan orang-orang kristen yang dipakai Tuhan secara luar biasa, tetapi tiba-tiba saja jatuh. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena mereka lupa bahwa mereka hanyalah manusia. Ketika dipakai Tuhan, karakter yang keluar adalah seperti singa yang mengaum-aum, tetapi setelah urapannya selesai, dia lupa bahwa dia hanyalah manusia biasa dengan segala kelemahan dan kedagingannya dan disitulah dia jatuh.

Sisi Lembu = Korban

Sisi lembu berbicara tentang "yang dikorbankan". Setiap kali Tuhan izinkan ada pengorbanan yang terjadi sesuai kehendak-Nya, itu akan menggerakkan hadirat Tuhan bekerja dalam hidup mereka (yang "dikorbankan"). Dan gereja atau ministry yang terpanggil menjadi seperti lembu, sekalipun orang melihatnya sebagai kelompok yang penuh penderitaan dan banyak hal yang tidak menyenangkan, tetapi justru mereka yang Tuhan pakai untuk membawa tabut Tuhan bergerak di sekitar mereka.

Hati-hati mengucapkan penghakiman terhadap orang/kelompok yang sedang menderita karena kita tidak tahu apakah hal itu terjadi karena Tuhan yang menghendakinya atau karena kesalahan mereka sendiri. Dan sekalipun itu adalah karena kesalahan mereka sendiri, penghakiman bukanlah hak kita.

Sisi Singa dan Rajawali

Sisi Rajawali menggambarkan gaya hidup kita dengan Roh Kudus, karena "angin" menggambarkan Roh Tuhan dalam kehidupan kita. Manusia rajawali hanya memanfaatkan momentum dengan menumpang diatas arus angin Roh Kudus yang membawanya melayang tinggi.

Sisi Singa mempunyai kekuatan karakter yang luar biasa, dan ketika sisi singanya muncul keluar, kepemimpinannya itu keluar. Tetapi tentunya hal tersebut disesuaikan dengan ukuran iman masing-masing.
Harus diingat, sedahsyat apapun karakter singa itu, kakinya harus tetap kaki lembu. Yang artinya karakter hidupnya harus tetap lembut seperti lembu dan mengikuti tuntunan Tuhan.

Seperti yang akhirnya kita temukan di ayat 10-11, keempat wajah itu adalah empat binatang yang berbeda, masing-masing mewakili empat kualitas ilahi:
(1) Manusia = Hikmat, kecerdasan, dan kasih.
(2) Singa = kekuatan dan kedaulatan.
(3) Lembu = loyalitas, ketekunan dan kemakmuran.
(4) Rajawali = ketangkasan

LAMBANG WAJAH MANUSIA

Muka Manusia (band. Yehezkiel 10:14) menggambarkan sifat yang tidak dimiliki binatang. Manusia diciptakan dalam gambar dan rupa Allah (Kej. 1:26). Manusia adalah yang paling terhormat dari semua ciptaan. Wajah manusia merepresentasikan hikmat dan kecerdasan (amsal pasal 8). Maka di bumi, hanya manusia yang bisa menunjukkan karakter Allah. Dan, manusia diberikan mandat untuk berkuasa atas apa yang di atas bumi dan bumi dan di bawah bumi, menaklukan bumi (Kej. 1:28). Rasul Yohanes menulis, "Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita." (1 Yoh. 4:8, 19).

LAMBANG WAJAH SINGA

singa adalah yang paling terhormat dari antara binatang- binatang di padang. Wajah singa merepresentasikan kekuatan dari keempat makhluk hidup. Alkitab menulis "Sang pahlawan yang pemberani, hatinya seperti singa" (2 Sam. 17:10; Ams. 28:1). Singa menggambarkan keberanian untuk membela keadilan.

LAMBANG WAJAH LEMBU

Lembu merepresentasikan loyalitas dan kemakmuran. Alkitab menulis: "Kalau tidak ada lembu, juga tidak ada gandum, tetapi dengan kekuatan sapi banyaklah hasil" (Ams. 14:4). Sapi jantan menggambarkan kekuatan yang besar.
Dalam bahasa Ibrani, kata אַלּוּף - 'ALUF dapat berarti sapi/ lembu/ kerbau/ banteng (bahasa Inggris: ox). Lembu adalah binatang yang kuat, dan beberapa kali dalam Alkitab, binatang ini diberhalakan. Dalam berbagai hal, lembu sering dipakai sebagai lambang kekuatan untuk mewakili kepemimpinan (kepala). Bahkan aksara pertama dalam aksara Ibrani, yaitu aksara ( א - אָלֶף - ALEF) menggunakan pictograph kepala lembu:



LAMBANG WAJAH ELANG/RAJAWALI 

Elang/ Rajawali adalah yang paling terhormat dari antara burung-burung. Wajah burung rajawali merepresentasikan ketangkasan dari keempat makhluk hidup. Alkitab menulis "rajawali terbang membubung, dan membuat sarangnya di tempat yang tinggi ... Dari sana ia mengintai mencari mangsa, dari jauh matanya mengamat-amati" (Ayb. 39:30, 32)



Komentar

Postingan Populer