KORBAN DAN BAU YANG BERKENAN

KORBAN DAN BAU YANG BERKENAN

PDT JOSHUA CHRISTIAN






Seringkali ada orang2 yang memiliki bau yang berbeda dengan yang lain. Mereka mempersiapkan mezbah bukan hanya saat dia akan beribadah, tetapi setiap saat dia mempersiapkan mezbah itu.


2 Corinthians 2:16 TPT

“The unbelievers smell a deadly stench that leads to death, but believers smell the life-giving aroma that leads to abundant life. And who of us can rise to this challenge?”


2 Corinthians 2:16 AMP

“to the latter one an aroma from death to death [a fatal, offensive odor], but to the other an aroma from life to life [a vital fragrance, living and fresh]. And who is adequate and sufficiently qualified for these things?”


Kita memiliki bau masing2, tetapi ada beberapa orang yang memiliki bau yang bisa dicium oleh banyak orang.


Bau apa yang keluar dari hidup kita?Apakah bau kemalasan, ketakutan, pemberontakan, iri hati, dll?


》TUHAN BERKENAN KEPADA KORBAN


■ Habel – Persembahan yang berkenan


Ibrani 11 : 4 TB“Karena iman Habel telah mempersembahkan kepada Allah korban yang lebih baik dari pada korban Kain. Dengan jalan itu ia memperoleh kesaksian kepadanya, bahwa ia benar, karena Allah berkenan akan persembahannya itu dan karena iman ia masih berbicara, sesudah ia mati.”


Ada target dimana kita harus menaikkan korban lebih baik dari orang sekitar kita. Saat kita membawa korban di tempat yang tersembunyi, maka Tuhan akan membawa itu di tempat yang terang.


Tetapi bisakah kita menaikkan korban yang lebih baik hari demi hari?


■ Nuh – Persembahan yang harum


Genesis 8:20 AMP

“And Noah built an altar to the Lord, and took of every [ceremonially] clean animal and of every clean bird and offered burnt offerings on the altar.”


Nuh menaikkan korban di hadapan Tuhan maka semua kutukan tidak pernah terjadi. Setiap perjanjian, saat tidak ada korban yang kota naikkan, perjanjian itu tidak akan tergenapi. Perjanjian pelangi lahir dari sebuah mezbah dan ada bau yang naik yang dibuat oleh Nuh.


* Adakah korban yang masih kita bawa kehadapan Tuhan?


■ Elia – Korban menghabisi musuh

1 Raja-raja 18:36 (TB)

“Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: “Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.”


1 Raja-raja 18:38 (TB)

“Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.”


1 Raja-raja 18:40 (TB)

“Kata Elia kepada mereka: “Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorang pun dari mereka tidak boleh luput.” Setelah ditangkap, Elia membawa mereka ke sungai Kison dan menyembelih mereka di sana.”


Ada korban yang menurunkan signs and wonders dan mengalahkan semua nabi2 Baal. Ada sebuah korban yang mengalahkan yang jahat.


Saat kita memiliki semua kemuliaan, kekuatan, keilahian tetapi jika kita kehilangan cinta dan hubungan kita oleh Tuhan, ssmuanya akan sia2.


■ Salomo – korban yang menurunkan kabod

2 Chronicles 7 : 1 KJV

“Now when Solomon had made an end of praying, the fire came down from heaven, and consumed the burnt offering and the sacrifices; and the glory of the LORD filled the house.”


Salomo mengangkat korban dan Tuhan mencium bau itu, maka kemuliaan itu turun.


》7 UNSUR UKUPAN BAIT ALLAH UNTUK MENAIKKAN KORBAN

Keluaran 30 : 34

“Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Ambillah wangi-wangian, yakni getah damar, kulit lokan dan getah rasamala, wangi-wangian itu serta kemenyan yang tulen, masing-masing sama banyaknya.”


■ Wangi2an

Dari akar. Salah satu serbuk didalam dupa adalah wangi2an yang terbuat dari akar.

Tidak semua orang yang terlihat berakar, benar2 berakar. Ini berbicara tentang karakter kita, milikilah karakter yang excellent karena orang melihat dari karakter dan sikap kita.


■ Getah Damar – Dilukai berulang- ulang

Seringkali getah keluar saat dilukai. Sama halnya dengan kita, saat kita dilukai, dididik, itu adalah kesempatan untuk kita menaikkan korban yang harum.


Tetapi ada getah2 yang keluar sdcara rutin dan tidak hanya saat dilukai. Koralban, ucapan syukur dan upgrade tidak hanya keluar saat kita di maki, tetapi setiap saat.

Milikilah pertobatan setiap hari.


■ Kulit lokan/kulit kerang

Berbicara tentang kedalaman, zona nyaman. Tetapi kulit kerang harus dihancurkan, kita harus dihancurkan supaya kita bisa berbau harum. Kita harus mati daging, seringkali kita harus melakukan yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Tetapi itulah kulit lokan yang harus dihancurkan terus menerus.


■ Getah Rasamala – Lemak

Jangan sampai semua yang dari dunia menjadi lemak dalam hidup kita dan Ini yang harus kita bakar didalam hidup kita.


■ Kemenyan murni

Kemenyan murni sangat mahal harganya. Dan kemudian minyak ini di garami, arti digarami itu sendiri adalah kita dipisahkan dari dunia dan kita dikuduskan.


》BERAKAR

2 Chronicles 7 : 14 TPT


“The same covenant guarantee I gave to David your father I’m giving to you”

Saat salomo menaikkan korban yang kedua, dia tidak mendapatkan kabod seperti korban yang dia berikan pertama kali. Karena ternyata Salomo tidak menaikkan korban yang lebih baik dari sebelumnya. Bau gosong itulah, bau gmdaging kita, kesakitan yang dibakar yang dipersembahkan dan Tuhan berkenan dan itu yang menurunkan perjanjian.


》KABOD YANG BERBEDA BEDA

Ezra 3 : 10-13


“Pada waktu dasar Bait Suci TUHAN diletakkan oleh tukang-tukang bangunan, maka tampillah para imam dengan memakai pakaian jabatan dan membawa nafiri, dan orang-orang Lewi, bani Asaf, dengan membawa ceracap, untuk memuji-muji TUHAN, menurut petunjuk Daud, raja Israel. Secara berbalas-balasan mereka menyanyikan bagi TUHAN nyanyian pujian dan syukur. Tetapi banyak di antara para imam, orang orang Lewi dan kepala-kepala kaum keluarga, orang tua-tua yang pernah melihat rumah yang dahulu, menangis dengan suara nyaring, ketika perletakan dasar rumah ini dilakukan di depan mata mereka, sedang banyak orang bersorak-sorai dengan suara nyaring karena kegirangan. Orang tidak dapat lagi membedakan mana bunyi sorak-sorai kegirangan dan mana bunyi tangis rakyat, karena rakyat bersorak-sorai dengan suara yang nyaring, sehingga bunyinya kedengaran sampai jauh.”



Jika kita mau melihat lawatan, korban dan kabod kita masing2 akan diperhitungkan. Kita memiliki kemuliaan kita masing2, semua kita memiliki korban kita masing2 dihadapan Tuhan dan saat korban kita naik bersahutan dari generasi ke generasi, hujan awal dan hujan akhir bersatu dan semuanya menjadi korban yang harum dihadapan Tuhan.


ROCK WORLD 

Komentar

Postingan Populer