PENGHALANG DESTINY

PENGHALANG DESTINY

SIARAN TUNDA BMN NATIONS

EV MIKHA SARIAN





Shalom
Berikut rangkuman khotbah ibadah siaran tunda Mahanaim
Minggu, 17 Maret 2024

EV. MIKHA
PENGHALANG DESTINY

》BERSUNGUT SUNGUT

■ Peristiwa Mara
Keluaran 15 : 22-24
"Musa menyuruh orang Israel berangkat dari Laut Teberau, lalu mereka pergi ke padang gurun Syur; tiga hari lamanya mereka berjalan di padang gurun itu dengan tidak mendapat air. Sampailah mereka ke Mara, tetapi mereka tidak dapat meminum air yang di Mara itu, karena pahit rasanya. Itulah sebabnya dinamai orang tempat itu Mara. Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: "Apakah yang akan kami minum?""

Tuhan ijinkan bangsa Israel harus berputar2 selama 40 tahun di padang gurun dan Tuhan menjanjikan mereka tanah perjanjian yang penuh dengan susu dan madu.
Tapi tujuan Tuhan adalah untuk membereskan bangsa ini.

Seringkali dihidup kita sudah ada perjanjian2 yang kita terima.
Tapi apakah kita sudah mengalami seluruhnya?
Tetapi karakter kita sangat menentukan. Maka dari itu belajar untuk memiliki karakter yang baru sampai kita siap mengalami penggenapan perjanjianNya.

Saat kita menghadapi masa yang sukar dan mengalami proses, bagaimana respon dan kondisi hati kita? Karena saat bangsa Israel mengalami itu, mereka berespon untuk bersungut2.

》ARTI SUNGUT SUNGUT
Vayilonu - Mengeluh, bersungut sungut, menggerutu, dan complain.

Seringkali kita tidak menyadari bahwa didalam hati kita sedang bersungut sungut.

》AKAR SUNGUT SUNGUT
Sungut2 hanyalah manifestasinya, tetapi akarnya adalah.
• Tidan mengerti bahasa dan hati Tuhan
• Tidak seritme dengan Tuhan dan tidak menangkap
• Tidak puas, pahit, kecewa
• Tidak percaya
• Tidak rela untuk diproses

Saat Tuhan didik, ada sesuatu yang Tuhan potong dan artinya Tuhan sedang menyempurnakan kita.

》KONDISI AIR DALAM HIDUP KITA
Hidup kita 80% terdiri dari air. Dan saat hidup kita diperkatakan oleh hal2 yang buruk, maka molekul air didalam diri kita terbentuk sangat buruk. Tetapi sebaliknya saat kita selalu mengatakan yang baik, tentang kasih, tentang kebenaran, maka molekul air didalam hidul kita akan terbentuk menjadi indah.

Bahkan saat setelah kita didoakan, molekul air itu akan berubah menjadi sangat indah dan tidak ada sakit penyakit yang masuk dalam hidup kita. Maka dari itu jangan pernah takut untuk mendoakan orang lain, karena dengan mendoakan, mereka bisa diubahkan.

》AKIBAT SUNGUT - SUNGUT
Sungut2 mengerjakan segala sesuatu yang mengerikan dan itu yang membuat hidup kita tidak mengalami terobosan. Mereka akan

• TIDAK SAMPAI KEPADA DESTINY
1 Korintus 10 : 5
"Tetapi sungguhpun demikian Allah tidak berkenan kepada bagian yang terbesar dari mereka, karena mereka ditewaskan di padang gurun."

• DIBINASAKAN OLEH MALAIKAT MAUT
1 Korintus 10 : 10
"Dan janganlah bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut."

• BERAIB DAN BERNODA
Filipi 2 : 14-15
"Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,
supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia"


• DIHUKUM
Yakobus 5 : 9
"Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim telah berdiri di ambang pintu."

》LAWAN SUNGUT - SUNGUT
• Minta roh pengertian
• Percaya apa yang Tuhan ijinkan adalah baik
• Bereskan setiap kecewa, luka, dan kepahitan
• Bersuka cita
• Bersyukur
• Sabar

Saat kita mengerti jalan2nya Tuhan, bahkan saat kita ditindaspun, kita akan mengerti bahwa semua itu adalah baik dan Tuhan mengijinkannya.

Komentar

Postingan Populer