PART OF BLESSING

SIARAN TUNDA BMN NATIONS 

PART OF BLESSING 

SENIN 2 JUNI 2024

EV. DANIEL YULIUS









Ev. Daniel Yulius
PART OF HIS BLESSING

2 Tawarikh 20 : 1-3
Setelah itu bani Moab dan bani Amon datang berperang melawan Yosafat bersama-sama sepasukan orang Meunim. Datanglah orang memberitahukan Yosafat: ”Suatu laskar yang besar datang dari seberang Laut Asin, dari Edom, menyerang tuanku. Sekarang mereka di Hazezon-Tamar,” yakni En-Gedi. Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari Tuhan. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.”

Setiap masalah apapun yang terjadi dalam hidup kita Tuhan ijinkan, dan itu bisa menjadi bagian dari berkat Tuhan saat kita bisa merespon dengan benar.

Sikap didunia hanya ada 2 yaitu positif dan negatif. Tapi responi dengan hal yang positif walaupun mengerjakan sesuatu yang negatif lebih mudah dibandingkan mengerjakan yang baik.

Kita takut ketika ada masalah adalah hal yang wajar. Tapi respon kita yang akan menentukan dan bagaimana cara kita mencerna itu.

BAGAIMANA BISA MEMILIKI SIFAT YANG POSITIF

1. CARI TUHAN
2 Tawarikh 20:3
Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari Tuhan. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.”

Ketika punya masalah jangan mencari hal yang negatif. Tapi ketika hidup kita memiliki masalah, carilah Tuhan dan bukan yang lain. Seberat apapun masalah dan pergumulan kita, tetap cari Tuhan karena itulah jalan yang terbaik.

2. FOKUS KE TUHAN BUKAN MASALAH
2 Tawarikh 20 : 12
Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu.””

Ketika kita melihat Tuhan lebih besar, maka kita akan melihat masalah2 itu kecil. Seringkali ada fokus2 kita yang menutupi Tuhan sehingga membuat Tuhan terlihat lebih kecil.

Jika kita memandang manusia, kita hanya akan kecewa, tetapi pandanglah Tuhan karena Dia tidak pernah membiarkan kita kecewa.

3. BIASAKAN MENGELUARKAN PERKATAAN POSITIF DITENGAH KEADAAN NEGATIF

2 Tawarikh 20 : 15
dan berseru: ”Camkanlah, hai seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalem dan tuanku raja Yosafat, beginilah firman Tuhan kepadamu: Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah.”

Perkataan kita seperti gema, perkataan kita berkuasa. Seringkali kita lebih banyak bicara dibandingkan mendengar, menyaring dan berfikir. Karena saat kita mau mendengar, maka yang keluar dalam hidup kita adalah yang luar biasa.

Kadangkala ditengah hal yang negatif, Tuhan itu berbicara karena segala sesuatu dalam hidup kita Tuhan selalu ambil bagian. Tetapidisaat Tuhan berbicara, apakah kita mau untuk mendengar?
Jika kita hanya mendengar orang lain, hidup kita tidak akan pernah selesai. Tetapi lihatlah yang baik ditengah kematian, ditengah kepungan dan masalah.

4. MENGUCAP SYUKUR
2 Tawarikh 20 : 21 - 23
Setelah ia berunding dengan rakyat, ia mengangkat orang-orang yang akan menyanyi nyanyian untuk Tuhan dan memuji Tuhan dalam pakaian kudus yang semarak pada waktu mereka keluar di muka orang-orang bersenjata, sambil berkata: ”Nyanyikanlah nyanyian syukur bagi Tuhan, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!” Ketika mereka mulai bersorak-sorai dan menyanyikan nyanyian pujian, dibuat Tuhanlah penghadangan terhadap bani Amon dan Moab, dan orang-orang dari pegunungan Seir, yang hendak menyerang Yehuda, sehingga mereka terpukul kalah. Lalu bani Amon dan Moab berdiri menentang penduduk pegunungan Seir hendak menumpas dan memunahkan mereka. Segera sesudah mereka membinasakan penduduk Seir, mereka saling bunuh-membunuh.”

Biasakan untuk mengucap syukur, masalah mungkin ada didepan kita, tetapi ketika kita mengucap syukur, mungkin masalah itu tidak berubah, tetapi Tuhan yang akan mengubahkan semuanya menjadi baik.

Komentar

Postingan Populer