BAGAIMANA CARA MENGAKTIFKAN PELAYANAN MALAIKAT

BAGAIMANA CARA MENGAKTIFKAN PELAYANAN MALAIKAT 

Joshua Ivan Sudrajat 




PERFECT SHALOM 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Malaikat disebutkan hampir tiga ratus kali dalam Alkitab. Kitab Suci mengajarkan bahwa pada suatu waktu semua malaikat adalah hamba Tuhan yang taat, tetapi seperti manusia, mereka memiliki kebebasan moral—dan ketika digoda, beberapa berbuat dosa dan menyerah pada kesombongan yang ambisius, dan dilemparkan ke Neraka. Alkitab menyebut mereka sebagai “setan” atau “setan-setan.” Yang lain menjaga integritas mereka, dan mereka ini dijelaskan dalam Kitab Suci sebagai “malaikat-malaikat pilihan,” “malaikat-malaikat kudus,” dan sebagai “roh-roh yang melayani.” Dalam kajian ini, kita ingin melihat karakteristik dan pelayanan para malaikat kudus , para malaikat yang menjaga status dan kedudukan mereka di hadapan Tuhan.


KEBERADAAN MALAIKAT 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat  Alkitab meneguhkan bahwa malaikat benar-benar ada. Matius mengatakan ketika godaan Yesus berakhir, “Lihatlah malaikat-malaikat datang melayani Dia” ( Matius 4:11 ). Yesus berbicara tentang keberadaan mereka ketika Dia berkata, “Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku” ( Matius 18:10 ). Paulus mengajarkan bahwa malaikat itu ada. Dia berkata, “Tetapi Tuhan Yesus akan menyatakan diri-Nya dari sorga bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya yang gagah perkasa, dalam api yang menyala-nyala untuk membalas mereka yang tidak mengenal Allah” ( 2 Tesalonika 1:7 ).


Alkitab mengatakan bahwa malaikat memegang pedang berapi yang menjaga pohon kehidupan di Eden; malaikat membawa keluarga Lot ke tempat yang aman dan membutakan orang-orang jahat di Sodom; malaikat mengendarai kereta perang berapi melalui langit dan mengangkat nabi Elia dan membawanya ke kemuliaan; malaikat berjalan ke dalam penjara dan membebaskan para rasul gereja mula-mula; malaikat akan meniup terompet mereka pada hari itu ketika Yesus kembali untuk mengubah Gereja ke dalam hadirat-Nya yang mulia. Orang-orang tebusan Allah akan menikmati kebersamaan dengan para malaikat selamanya di Surga. Tentu saja setiap orang Kristen ingin mengetahui semua yang dapat ia ketahui tentang makhluk-makhluk yang agung dan mulia ini, para malaikat Allah.


SIFAT MALAIKAT 


Malaikat disebut dalam Kitab Suci sebagai “roh-roh yang melayani,” yang diutus untuk melayani mereka yang merupakan pewaris keselamatan.


Para malaikat tidak tunduk pada hukum alam. Para malaikat adalah makhluk roh, dan karena itu mereka dapat melewati pintu-pintu yang tertutup dan mereka dapat menempuh jarak yang jauh dalam waktu yang singkat. Mereka dapat melakukan beberapa hal supranatural. Ketika Petrus terbaring di penjara, misalnya, ia dikelilingi oleh para penjaga penjara. Alkitab berkata, “Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat Petrus dan suatu cahaya bersinar dalam penjara itu, lalu ia menepuk Petrus dari samping sambil berkata: “Bangunlah segera!” Maka rantai-rantainya pun jatuh dari tangannya” ( Kisah Para Rasul 12:7 ). Malaikat Tuhan telah memasuki penjara itu, meskipun penjara itu dijaga oleh jeruji besi dan penjaga-penjaga bersenjata. Ketika ketiga anak Ibrani itu dilemparkan ke dalam tungku yang dipanaskan tujuh kali lebih panas dari suhu biasanya, Alkitab berkata seorang malaikat berjalan di tengah-tengah tungku yang panas membara itu, dan tidak terluka ( Daniel 3:28 ). Para malaikat tidak tunduk pada hukum alam yang biasa. Tidak ada jarak yang melelahkan mereka; tidak ada api yang dapat membakar mereka; tidak ada penghalang alami yang dapat menghalangi mereka. Malaikat adalah makhluk roh, tidak tunduk pada hukum alam fisik.


Malaikat berbeda dalam pangkat dan kekuasaan. Tidak semua malaikat memiliki tugas yang sama untuk dilakukan. Mereka diorganisasikan ke dalam kelompok-kelompok dengan fungsi dan tugas tertentu. Ada malaikat agung, dan ada malaikat dari jenis biasa; ada takhta dan kekuasaan, dan ada juga pemerintah dan kekuasaan; ada yang Alkitab sebut kerubim, dan apa yang disebut serafim. Masing-masing kelompok ini memiliki tugas khusus untuk dilakukan. Beberapa malaikat terhubung dengan peperangan, seperti yang menampakkan diri kepada Gideon dalam Hakim-hakim 6 ; yang lain terhubung dengan penyembahan, seperti yang datang kepada Zakharia sang imam dalam Lukas 1 ; yang lain lagi terhubung dengan hukuman, seperti yang dilihat Daud memukul kota Yerusalem dengan penyakit sampar yang hebat, yang tercatat dalam 1 Tawarikh 21. Setiap kelompok malaikat memiliki tugasnya sendiri untuk dilakukan.


Malaikat unggul dalam hal kekuatan. Ketika Sennacherib, perwira tentara Siria, menantang tentara Israel, Alkitab mengatakan bahwa seorang malaikat Tuhan turun dari surga dan memukul tentara Siria. Dan dalam satu malam saja, 185.000 tentara musuh tewas. Ini adalah pekerjaan seorang malaikat. Ketika para wanita pergi ke makam pada pagi hari Kebangkitan, mereka bertanya-tanya siapa yang akan menggulingkan batu besar itu untuk mereka; tetapi ketika mereka tiba di makam, mereka menemukan bahwa seorang malaikat telah menggulingkan batu itu, dan duduk di atasnya. Malaikat sangat kuat.


TUGAS MALAIKAT


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Apa pekerjaan para malaikat? Yesaya melihat para malaikat berbaris dalam kelompok-kelompok di kedua sisi takhta Allah, menyanyikan pujian kepada Sang Pencipta. Namun, para malaikat melayani di bumi, juga di surga. Sejak awal penciptaan, mereka telah menunjukkan minat yang aktif terhadap urusan manusia di bumi.


Malaikat menuntun orang percaya. Allah mengutus seorang malaikat untuk menemani Eliezer, hamba Abraham, dalam pencariannya untuk seorang istri bagi Ishak; Abraham berkata, “Tuhan akan mengutus malaikat-Nya menyertai engkau, dan akan membuat perjalananmu berhasil” ( Kejadian 24:40 ). Allah menunjuk seorang malaikat khusus untuk berjalan di depan anak-anak Israel dalam perjalanan mereka melalui padang gurun. Filipus dituntun oleh seorang malaikat untuk bertemu dengan sida-sida Etiopia dalam perjalanan ke Gaza. Kitab Suci ini dan yang lainnya dengan jelas mengajarkan bahwa ada malaikat tertentu yang didelegasikan dengan tugas khusus untuk memimpin dan membimbing anak-anak Allah dalam perjalanan mereka melalui kehidupan.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apa perbedaan antara pelayanan malaikat dan pelayanan Roh Kudus. Dia juga membimbing. Malaikat melayani di alam eksternal dan fisik, sedangkan Roh Kudus melayani di alam spiritual. Malaikat menjaga tubuh dan jalan kita; Roh Kudus menjaga pikiran kita dan membimbing kita di jalan yang benar.


Malaikat melindungi umat Allah. 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Yeshua mengutus malaikat untuk melindungi Elia ketika musuh-musuhnya bertekad menghancurkannya. Allah mengutus malaikat untuk melindungi Daniel di gua singa. Setelah Daniel mengalami malam di gua singa, keesokan paginya raja memanggil Daniel untuk melihat apakah dia masih di sana. Daniel menjawab, "Allahku telah mengutus malaikat-Nya dan mengatupkan mulut singa-singa itu, sehingga mereka tidak menyakitiku" ( Daniel 6:22 ). 


Dan teman-temanku, apa yang dilakukan para malaikat untuk Elia ketika dia dikejar oleh musuh; apa yang mereka lakukan untuk Daniel ketika dia dilemparkan ke gua singa; apa yang mereka lakukan untuk Petrus ketika dia dirantai di penjara; mereka akan melakukannya untuk orang-orang kudus bahkan sekarang. Saya yakin bahwa mengingat contoh-contoh perlindungan dalam Alkitab ini, kita memiliki hak untuk menganggap bahwa banyak perjalanan kita yang aman melalui kegelapan dan badai, adalah karena pengawasan para malaikat Allah. Dan sungguh melegakan mengetahui bahwa pelayanan malaikat ini tidak terbatas pada sejarah kuno. Saya senang bahwa para malaikat bukanlah makhluk yang bertahun-tahun lalu (pada masa lampau) menjadi pengunjung dunia—namun bahkan sekarang, Alkitab mengatakan, para malaikat adalah roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang akan menjadi pewaris keselamatan.


Yesus menyatakan bahwa bahkan anak-anak kecil dijaga oleh malaikat, karena “di surga ada malaikat-malaikat mereka yang selalu memandang wajah Bapa” ( Matius 18:10 ). Saya tahu semangat zaman di mana kita hidup. Orang-orang akan berkata, “Tetapi apakah Anda benar-benar percaya bahwa malaikat menjaga anak-anak?” Saya sangat yakin! Saya tidak percaya ada di antara kita yang pernah melihat semua fakta kehidupan ketika kita menatap wajah seorang anak! Saya percaya pada pelayanan malaikat, dan bahwa untuk setiap anak, setiap orang percaya, setiap pewaris keselamatan—ada malaikat pelindung yang selalu memandang wajah Tuhan.


Anda berkata, “Tetapi jika malaikat melindungi umat Allah, mengapa anak-anak kecil terkadang mengalami tragedi; dan mengapa orang-orang kudus terkadang menderita karena iman mereka?” Kita tidak boleh melupakan kehadiran malaikat jahat, yang tujuannya adalah untuk melawan malaikat yang baik ( Daniel 10 ). Jika kita melupakan pelayanan malaikat (dan tidak tertarik pada malaikat), kita tidak berhak mengharapkan Allah menemukan kesenangan dalam mengirimkan mereka untuk membantu kita (sama seperti ketika kita mendukakan Roh Kudus, pelayanan-Nya dikekang dalam hidup kita). Dan kemudian juga, tujuan Allah selalu untuk kebaikan kita; bahkan ujian dan penderitaan bekerja bersama untuk kebaikan bagi mereka yang adalah anak-anak Allah.


Malaikat mengawasi gereja. 


Ketika orang-orang kudus berkumpul bersama untuk mengingat Tuhan, para malaikat memperhatikan. Mereka mengamati betapa setianya kita menaati perintah-perintah ( 1 Timotius 5:21 ). Para malaikat mengamati penyembahan dan ketertiban serta perilaku di rumah Tuhan. Wanita Kristen harus mengenakan di kepalanya, sebuah tanda kekepalaan (kerudung) karena para malaikat mengawasi ( 1 Korintus 11:10 ). Ketika Injil diberitakan, dan undangan diberikan, dan jiwa yang mengembara maju, bertobat dari dosanya dan menerima Yesus Kristus, Alkitab mengatakan ada sukacita di Surga di antara para malaikat. Tentunya ini semua adalah bukti bahwa para malaikat Tuhan memperhatikan setiap kebaktian Injil.


Para malaikat membawa anak-anak Tuhan ke Surga pada saat kematian. 


Puncak yang mulia dari hubungan kita dengan para malaikat (sejauh menyangkut kehidupan ini), datang pada akhir perjalanan duniawi kita. Jika Tuhan menunda, setiap dari kita di sini sekarang, suatu hari nanti akan melewati kehidupan ini, melalui portal kematian—ke dunia setelahnya. Dan Kitab Suci mengajarkan bahwa para malaikat membawa jiwa orang-orang kudus ke rumah kekal mereka di Firdaus Tuhan. Yesus (dalam Lukas 16 ) menggambarkan kematian dua orang; Dia berbicara pertama tentang kematian orang kaya, yang Dia katakan dikuburkan dan di Neraka dia mengangkat matanya. 


Tetapi Dia juga menggambarkan kematian orang yang lain. Lukas 16:22 mengatakan, “Dan terjadilah bahwa orang miskin itu mati, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.”


Ketika orang-orang terkasih kita yang telah diselamatkan meninggal di tempat di mana suara kita tidak dapat lagi menjangkau mereka, dan di mana tangan kita tidak dapat lagi melayani kebutuhan mereka, yakinlah akan hal ini—para malaikat Allah, dengan tangan yang lembut, membawa jiwa mereka dalam kemenangan ke dalam kebahagiaan rumah Bapa! Karena para malaikat menemani orang-orang kudus dalam perjalanan mereka melalui kehidupan, dan kemudian mengawal mereka ke rumah Bapa di akhir perjalanan—tentunya kita dapat berkata bersama Daud, “Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku” ( Mazmur 23:4 ). Mungkin tidak akan pernah ada monumen mahal di atas kuburan Anda; nama Anda mungkin tidak akan pernah tercatat dalam buku-buku sejarah; tetapi jika Anda hidup untuk Yesus, Anda dapat yakin akan hal ini—Anda tidak harus menyeberangi Sungai Yordan sendirian! Akan ada pengawalan kerajaan para malaikat, yang menunggu di saat kematian Anda, untuk membawa jiwa Anda dalam kemenangan ke alam orang-orang benar.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Mari Kita Aktifkan Pelayanan Malaikat hari-hari ini didalam hidup kita Pelayanan kita 


Tuhan Yesus memberkati 


Jatiwangi 30 Juli 2024

Only By HIS GRACE 


Joshua Ivan Sudrajat 




Komentar

Postingan Populer