Hilangnya Hak Kesulungan

Hilangnya Hak Kesulungan

Ditulis dari kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo

Gal 3:7  Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham.
Gal 3:8  Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: “Olehmu segala bangsa akan diberkati.”
Gal 3:9  Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.
Gal 3:29  Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.
Malam hari ini saya mau sampaikan mengapa seseorang bisa kehilangan HAK KESULUNGAN dihadapan Tuhan?
Sejak zaman Abraham oleh karena perjanjian Allah dengan Abraham maka kita mengenal adanya warisan secara rohani yang dengan sengaja diberikan oleh seorang ayah kepada anaknya dan itulah yang dikenal sebagai HAK KESULUNGAN. Yang biasanya warisan itu jatuh kepada anak SULUNG kepada sebuah keluarga terutama anak SULUNG yang laki-laki.
Kenyataannya kalau kita baca dialkitab tidak semua orang yang berhak menerima HAK KESULUNGAN, hak kesulungan adalah hak DOUBLE PORTION dari pada jatah yang sebenarnya. Kalau kita baca firman Tuhan diatas  bahwa DIDALAM KRISTUS kita berhak menerima JANJI yang diberikan Allah kepada Abraham tetapi persoalannya mengapa sampai hari ini tidak semua orang Kristen bisa menerima HAK KESULUNGAN yang Allah sediakan bagi kehidupan kita.
Mengapa BERKAT tersebut tidak bisa turun dalam kehidupan kita, apa penyebabnya?
Saya mau menunjukan 4 contoh yang terdapat dialkitab dan saya berdoa agar ROH KUDUS menerangi hati kita sebab jika kita mencoba mengkoreksi diri sendiri tidak pernah ketemu ujungnya tetapi kita harus mengizinkan Tuhan yang menerangi hati kita dan dengan demikian kita mengerti apa yang kita butuhkan dalam kehidupan kita. Sebab akan sangat menyakitkan kalau kita gagal menerima apa yang Tuhan sudah berikan dalam kehidupan kita karena ternyata HAMBATANNYA ADA DIDALAM DIRI KITA.
Saya akan mulai dengan orang pertama yang alkitab katakan bahwa ia gagal menerima HAK KESULUNGAN, orang itu bernama Esau.
1.    ESAU
Heb 12:16  Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan.
Heb 12:17  Sebab kamu tahu, bahwa kemudian, ketika ia hendak menerima berkat itu, ia ditolak, sebab ia tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, sekalipun ia mencarinya dengan mencucurkan air mata.
Gen 25:29  Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang.
Gen 25:30  Kata Esau kepada Yakub: “Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah.” Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.
Gen 25:31  Tetapi kata Yakub: “Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu.”
Gen 25:32  Sahut Esau: “Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?”
Gen 25:33  Kata Yakub: “Bersumpahlah dahulu kepadaku.” Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.
Gen 25:34  Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.
Apa persoalan yang dialami oleh Esau, yaitu Esau HANYA MEMIKIRKAN KEHIDUPAN DIDUNIA INI dan dia menghargai itu lebih daripada apa yang Tuhan berikan dalam hidupnya.HAK KESULUNGAN bisa hanya berarti orang diberkati, ditumpangi tangan dan diucapkan berkat, mendadak terima uang banyak tidak otomatis demikian karena pada kasusnya Yakub, dia akhirnya pergi tanpa membawa apa-apa namun orang ini walaupun caranya licik dan Allah tidak suka tetapi dia MENGHARGAI PEMBERIAN TUHAN LEBIH DARIPADA KEHIDUPAN DIDUNIA INI.
Disini persoalannya karena begitu banyak orang Kristen yang tanpa disadari walaupun menyembah Yesus tapi GOAL terakhirnya sekedar MATERI didunia, sekedar KENIKMATAN didunia, sekedar KEBUTUHAN nya didunia. Sampai kalau perlu dia jual KEBENARAN, dia singkirkan KEBENARAN hanya untuk mendapatkan apa yang dia dambakan diatas muka bumi ini.
Lihat perkataan Esau, dia berkata toh “ sebentar lagi aku akan mati ”, yang dia pikirkan adalah sekarang aku lapar, aku butuh ituJangan lupa Yesus ketika Dia berpuasa dipadang gurun, iblis datang mencobai, pertama-tama dengan berkata “ ubahlah batu itu menjadi roti”, Dia coba didorong untuk jatuh dalam dosa yang sama seperti yang dilakukan oleh Esau.
Hari ini saya mau katakan HARGAI apa yang dari Allah lebih daripada apapun kebutuhan kita didunia ini, cari PENYEMBUHnya bukan sekedar kesembuhannya, cari SUMBER/PEMBERI BERKATnya bukan sekedar berkatnya, cari PENYELAMATnya bukan sekedar keselamatannya, cari PRIBADI YESUS itu dan bukan sekedar apa yang Dia bisa berikan, Dia bisa berikan semuanya tapi KERINDUAN HATINYA adalah KITA KENAL DAN MENGASIHI PRIBADI ALLAH itu sendiri.
Kalau kita tidak hati-hati kita akan jatuh seperti Esau dan begitu banyak orang yang jatuh seperti Esau, saya mau katakan Allah itu menimbang apa yang didalam hati, kita boleh menyembunyikan dengan banyak cara, tetapi Allah itu menimbang apa yang ada didalam hati, belajar menghormati dan mengingini apa yang dari Tuhan, nanti Dia yang jamin akan hidup saudara.
Kami baru pulang dari Cirebon beberapa hari yang lalu dan ini waktu yang bagus sekali, saya ketemu ibu Nani ( adik pak Yusak Tjipto ) dan saya berkata tolong doakan anak-anak kami, kami pergi bersama keluarga pak Thomas dan ibu Ribkah dan anak-anak mereka,saya sengaja meminta mereka membawa anak-anak juga, karena anak-anak perlu diberkati dan didoakan hamba–hamba Tuhan lain.singkat cerita hari kamis pagi kami kerumah beliau kemudian masuk keruang doanya, kami ngobrol sebentar, beliau tanya banyak hal, terus setelah menyembah Tuhan, Tuhan suruh dia ambil minyak urapan,kemudian anak-anak dipanggil satu persatu, yang pertama Kezia dipanggil diurapi kakinya supaya tidak menyimpang dari jalan Tuhan, karena sebetulnya sebelum ia lahir kami ini telah membuat perjanjian dengan Tuhan, anak ini kami persembahkan hidupnya untuk menjadi hamba Tuhan. Ketika kami baru menikah tahun 87 kami sepakat untuk tidak punya anak dulu 2 atau 3 tahun karena istri saya mau ikut pelayanan saya. Kami memulai pelayanan dari bawah dan tidak bisa naik pesawat terbang ketika itu untuk perjalanan keluar kota ,kami naik bis atau travel tentunya akan sulit jika wanita dalam kondisi hamil melakukan perjalanan.
Kira – kira baru menikah 1 tahun satu malam tanpa janjian kami berdua tidak bisa tidur sampai jam 2 pagi, anda tahu apa yang saya rasakan dihati ini kepingin sekali punya anak, pada saat yang sama istri saya juga merasakan hal yang sama. Kalau sudah dua bisa bersamaan seperti ini, ingat alkitab berkata baik keinginan maupun perbuatan Tuhan yang mengerjakan didalam kita. Rupanya Tuhan mulai kerja Dia berkata “ Aku sudah punya stok untuk kamu, ini harus lahir satu, kamu kok belum mau ”, Tuhan itu baik Dia pakai keinginan kita dimunculkan, setelah jam 2, saya pikir istri saya tidur ternyata ia belum tidur, saya berkata “ kamu kok belum tidur, istri saya berkata ternyata ia mempunyai keinginan yang sama dengan saya. Terus kami berdua berdoa, waktu berdoa saya berkata “ Tuhan beri kami anak dan biar nanti ia jadi hambaMu”.
Besoknya saya bertemu dengan seorang teman dia berkata bahwa kemaren malam dia bermimpi, ia berkata bahwa kamu akan punya seorang anak perempuan.dan tidak lama istri saya hamil kemudian lahir anak pertama. Jadi waktu Kezia didoakan oleh ibu Nani Tuhan berkata “ Aku mengingatkan perjanjianmu denganKu engkau, berkata anak ini kamu persembahkan jadi hambaKu  dan anak sulung ini buat Aku “, kemudian Kezia didoakan dan diurapi kakinya supaya hidupnya tidak menyimpang. Kami belajar menghargai akan Value yang ilahi.

Kemudian anak kedua saya Samuel dipanggil oleh bu Nani untuk didoakan, ibu Nani bertanya “ kamu kalau besar mau jadi apa?”, Samuel menjawab “ pendeta pengusaha”, Kenapa begitu “ aku mau terkenal”, kemudian didoakan oleh ibu Nani ketika ditumpangi tangan Tuhan berkata “ kamu mulai minggu depan seminggu 1x harus mulai puasa dari pk 15.00 sore sampai 20.00 malam, Tuhan seperti membaca hatinya Samuel, Tuhan akan membuat Samuel dapat menyembah dengan indah dan cita-citanya akan tercapai. Jangan anggap ringan apa yang dari Tuhan.
Kemudian za za dipanggil ketika dipegang tangannya ibu Nani menangis kemudian Tuhan berkata “ Impartasikan karunia yang ada padamu dan pengalaman rohanimu dengan Aku kepada anak ini “, suatu hari kelak za za akan mendengar suara Tuhan audible seperti yang ibu Nani alami. Tuhan berkata “ Aku melihat hatinya lurus “, anak saya ini lurus dan langsung, jadi kalau ngobrol ada za za bahaya tiba-tiba ia bisa warta berita diluar, tidak ada politk-politikan terbuka apa adanya.Tuhan sangat menghargai Ketulusan.
Hidup kita jangan seperti Esau hanya memikirkan perkara dunia dan mengabaikan apa yang dari Tuhan, dalam hidup kita kasihi Tuhan dengan segenap hatimu engkau akan melihat anugerahNya diberi luar biasa tetapi kalau engkau mengabaikan yang dari Tuhan, engkau mengambil apa yang dari dunia diatas segala-galanya itu berbahaya dalam kehidupan kita, saya berdoa hal pertama ini dibuang jauh-jauh dari kehidupan kita. kita bukan Esau kita adalah Yakub , kita Israel yang mengasihi Dia.
Orang kedua yang gagal menerima hak kesulungannya adalah :
2.    Ruben
Kalau Esau haknya jatuh ke Yakub maka Ruben haknya jatuh ke Yusuf adiknya. Mengapa Ruben gagal mendapat hak kesulungan?
Gen 49:1  Kemudian Yakub memanggil anak-anaknya dan berkata: “Datanglah berkumpul, supaya kuberitahukan kepadamu, apa yang akan kamu alami di kemudian hari.
Gen 49:2  Berhimpunlah kamu dan dengarlah, ya anak-anak Yakub, dengarlah kepada Israel, ayahmu.
Gen 49:3  Ruben, engkaulah anak sulungku, kekuatanku dan permulaan kegagahanku, engkaulah yang terutama dalam keluhuran, yang terutama dalam kesanggupan.
Gen 49:4  Engkau yang membual sebagai air, tidak lagi engkau yang terutama, sebab engkau telah menaiki tempat tidur ayahmu; waktu itu engkau telah melanggar kesuciannya. Dia telah menaiki petiduranku!
Ayat 4 ; Sejak hari itu hilang hak kesulungannya Ruben, dikatakan ; “ tidak lagi engkau yang terutama “ Ruben ini pernah BERZINAH dengan gundiknya Yakub atau ibu tirinya.
Hal kedua yang membuat orang kehilangan HAK KESULUNGAN nya adalah PERZINAHAN.
Perzinahan adalah dosa yang merusak diri sendiri (again self). Kalau dosa lain itu diluar tubuh tapi PERZINAHAN itu didalam tubuh, langsung kena akibat kepada kehidupan kita.
1Co 6:18  Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.
(KJV)  Flee fornication. Every sin that a man doeth is without the body; but he that committeth fornication sinneth against his own body.
Saya mau memberitahukan kepada saudara hal ini mengerikan, kataGlory/Kemuliaan dalam bahasa aslinya berarti BOBOT, Sesuatu yang punya daya berat. Semakin besar kemuliaan semakin berat bobotnya. Hidup kita ketika engkau berzinah, anda seperti bangunan yang tiang-tiangnya retak dan rapuh bukan karena dibuat oleh orang lain tapi karena engkau meretakannya sendiri dari dalam. Oleh karena ini rapuh dan retak maka akibatnya dalam kasih Nya, glory/bobot yang Allah berikan dalam hidupmu itu berkurang disesuaikan dengan daya tahanmu terima akan kemuliaan.
Ada orang berkata seperti ini “ pak saya berzinah terus toko saya 3,saya beritahu harusnya 15.” “ Pabrik ku 5 pak harusnya 12.” Tapi secara MORAL didalammu RETAK. Orang berzinah tidak pernah berpikir bahwa hal itu membuat saudara kehilangan JATAH yang besar dari Allah. Sebab disini engkau again self,  MUSUH PALING BERBAHAYA ADALAH MUSUH DIDALAM. Kalau kita MENCREATE perzinahan didalam kehidupan kita, anda membuat RETAKAN didalammu sendiri, akhirnya bobot glory yang Tuhan sudah sediakan tidak bisa MAKSIMAL sebab strukturnya sudah goyah dan retak.
Tadi pagi kami rapat mengenai tanah dan gedung Holy stadium, kelak akan dibuat beban yang berat, fondasi harus kuat, strukturnya harus kuat,tapi kalau anda beli gedung sudah jadi anda tidak bisa menaruh beban terlalu berat melebihi struktur yang sudah jadi, dalam kehidupan kita seperti itu jadinya. Nanti didalam kerajaan surga dihadapan Tuhan kita baru tahu betapa berkurangnya jatah kita  karena perzinahan/again self.
Amsal 6:32  siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri.
“ Pak rusaknya mungkin itu penyakit kelamin, itu yang tampak diluar, yang lebih parah yang tidak ketahuan yang didalam, struktur bangunan manusia roh mu RETAK sebetulnya, itu membuat kemuliaan Tuhan tidak bisa tuntas diberi. Kalau jatahmu 5 talenta paling turun 2 atau 1, tapi yang yang repot kalau jatahmu 1 talenta akhirnya minus.
Saya bertemu satu orang perempuan kurus masih muda, dia bawa 2 anak masih kecil, ia berkata “ Pak tolong doakan saya”, dia bercerita banyak, “ saya mengutuki suami saya, suami saya sudah tidak tahan dengan saya”, saya dibisiki oleh pengurus persekutuan doa tersebut  “ dulu anak ini aktivis dan cantik pak”, saya melihat bekasnya masih ada tapi heran jadi kaya begini. Ia bercerita “ papa saya menyeleweng, mama sakit hati sampai akhirnya meninggal mengenaskan, kakak-kakak saya pada kawin cerai, sedang saya hamil diluar nikah.
Anda bayangkan RUSAKnya, kalau BEKAS presiden AS lumayan masih ada bodyguardnya, “BEKAS AKTIVIS”, alkitab berkata garam itu kalau HILANG ASINnya dibuang kejalan dan diinjak orang. PERZINAHAN itu merusak struktur manusia rohmu. Memang kalau jatahmu besar kau masih dapat 2 atau 1 yang disisakan, engkau berkata : “pak kan hebat”, saya berkata “ harusnya sekian, harusnya anak cucu cicit buyut tidak usah mikir duit lagi tapi karena perzinahan mereka harus bergumul kembali !”.
Orang kalau HIDUP BENAR itu bukan untuk diri sendiri tapi untuk KELUARGA dan KETURUNANnya.
Tapi saya harus jujur berkata, sekeras apapun firman disampaikan, waduh orang kalau sudah ketembak, sudah merinding semua, lupa akan firman forgetlah yang penting gua senang hari ini dan itu yang dilihat Tuhan dari hari ke hari. Saya beritahu saudara, akhirnya saya berkata “ iyalah akhirnya orang itu masing-masing ”, ada yang tidak bisa seperti apapun diberkati, diangkat kaya apapun tidak bisa, dikasih kepercayaan seperti apapun tidak bisa, selalu balik ke kubangan yang sama. Akhirnya saya berkata sudahlah akhirnya dia tidak mau, betul saya bilang Tuhan itu adil, DIA melihat HATI orang seperti itu.
Kata GLORY pertama kali dialkitab dipakai untuk berbicara mengenai wealth/kekayaan.ini ada daya BERATnya. “ Pak saya ini berzinah tapi pabrik saya itu menguasai seluruh Indonesia” saya berkata “ harusnya menguasai seluruh asia”. Lumayan pak” tapi RUSAK DIDALAMnya, apakah tahan 2 generasi?, Tapi kalau engkau BENAR DIHADAPAN TUHAN hidupmu itu SOLID!. Kenapa anak- anak muda sekarang kalau menikah muda tidak menunggu sampai usia matang 25 – 28th, kadang anda korbankan masa depan anda untuk pacaran yang tidak kudus.
Orang jatuh kedalam dosa tidak ada yang tidak sengaja, mereka sadar dan mengerti disitu ada godaan tetapi tetap menghampirinya. Dalam kasihNYA IA berkata “ Kurangi” bukan karena Allah benci kepada anda tetapi anda bisa hancur oleh karena BOBOT itu. ‘ Mari hidup benar, anda yang sudah berumah tangga jangan khianati istrimu atau suamimu atau anak-anakmu, anda yang melayani Tuhan jangan khianati tubuh Tuhan, ada banyak orang melihat saudara jangan khianati KEPERCAYAAN yang diberi.
Kita tidak bisa hidup BENAR dan KUDUS dengan kekuatan kita tapi dengan ANUGERAH TUHAN supaya Allah memberi KEKUDUSANNYA yang melingkupi hidup kita.
Orang berkata “ orang lain tidak ada yang tahu”, tidak masalah, toh nanti dalam hidupmu nanti pasti ketahuan AKAR apa yang ada didalammu.”Ruben kamu bukan lagi yang TERUTAMA”, ada yang berkata “ iya nantikan kita bisa bertobat”, pertobatan yang sudah direncanakan itu bohong dan palsu!!!, suatu hari ada teman saya berkata “aku diinjili dong supaya bertobat”, orang ini murtad jauh dari Tuhan. “aku mau tapi tidak bisa “. Pertobatan sejati hanya dihasilkan oleh kuasa ROH KUDUS dan Anugerah Allah.
PERTOBATAN itu KASIH KARUNIA, sekali engkau terima HIDUP DIDALAM TUHAN jangan engkau buang dan tukar dengan apapun juga.   

3.    Manasye
Manasye tidak mendapatkan hak kesulungan tetapi yang menerima adiknya Efraim.
Gen 41:50  Sebelum datang tahun kelaparan itu, lahirlah bagi Yusuf dua orang anak laki-laki, yang dilahirkan oleh Asnat, anak Potifera, imam di On.
Gen 41:51  Yusuf memberi nama Manasye kepada anak sulungnya itu, sebab katanya: “Allah telah membuat aku lupa sama sekali kepada kesukaranku dan kepada rumah bapaku.”
Gen 41:52  Dan kepada anaknya yang kedua diberinya nama Efraim, sebab katanya: “Allah membuat aku mendapat anak dalam negeri kesengsaraanku.”
Nama Manasye berarti I don’t remember/aku lupa, nama Efraim artinya Double fruitfull/berbuah ganda.
Dalam kehidupan kita ini siapa pun orangnya baik dari kalangan rohani maupun sekuler yang engkau izinkan dalam hidupmu untuk berbicara mengenai masa depanmu, orang itu tanpa engkau sadari telah engkau angkat menjadi NABI buat hidupmu. Kata nabi dalam bahasa inggris terdiri dari 2 kata yaitu kata Prophet, Pro artinya advance/kedepan, phetes artinya speaker/orang yang berbicara. Jadi Prophet adalah orang yang berbicara mengenai masa depan. Kita tanpa sadar dapat menjadikan pakar ekonomi yang muncul di tv sebagai Prophet kita, dia berkata “ekonomi Indonesia akan makin buruk”, iya benar,lalu toko kita sepi, iya benar. Anda sudah menerima perkataan pakar ekonomi untuk masa depanmu. Pakar politik berkata “ akan terjadi kerusuhan, iya benar, lalu tetangga dirumah berantem, iya benar, karena engkau percaya perkataan orang itu tanpa engkau sadari ia menjadi nabi untuk anda.
Saya tidak tahu mengapa Yusuf memberi nama anak pertamanya Manasye, ketika dipanggil namanya artinya aku lupa, aku lupa, aku lupa……., tetapi Efraim ketika dipanggil artinya berbuah ganda, berbuah ganda, berbuah ganda……., anda tahuseorang yang menerima HAK KESULUNGAN itu ia menerima DOUBLE PORTION/BERBUAH GANDA.
Gen 48:14  Tetapi Israel mengulurkan tangan kanannya dan meletakkannya di atas kepala Efraim, walaupun ia yang bungsu, dan tangan kirinya di atas kepala Manasye–jadi tangannya bersilang, walaupun Manasye yang sulung.
Gen 48:15  Sesudah itu diberkatinyalah Yusuf, katanya: “Nenekku dan ayahku, Abraham dan Ishak, telah hidup di hadapan Allah; Allah itu, sebagai Allah yang telah menjadi gembalaku selama hidupku sampai sekarang,
Gen 48:16  dan sebagai Malaikat yang telah melepaskan aku dari segala bahaya, Dialah kiranya yang memberkati orang-orang muda ini, sehingga namaku serta nama nenek dan bapaku, Abraham dan Ishak, termasyhur oleh karena mereka dan sehingga mereka bertambah-tambah menjadi jumlah yang besar di bumi.”
Gen 48:17  Ketika Yusuf melihat bahwa ayahnya meletakkan tangan kanannya di atas kepala Efraim, hal itu dipandangnya tidak baik; lalu dipegangnya tangan ayahnya untuk memindahkannya dari atas kepala Efraim ke atas kepala Manasye.
Gen 48:18  Katanya kepada ayahnya: “Janganlah demikian, ayahku, sebab inilah yang sulung, letakkanlah tangan kananmu ke atas kepalanya.”
Gen 48:19  Tetapi ayahnya menolak, katanya: “Aku tahu, anakku, aku tahu; ia juga akan menjadi suatu bangsa dan ia juga akan menjadi besar kuasanya; walaupun begitu, adiknya akan lebih besar kuasanya dari padanya, dan keturunan adiknya itu akan menjadi sejumlah besar bangsa-bangsa.”
Gen 48:20  Lalu diberkatinyalah mereka pada waktu itu, katanya: “Dengan menyebutkan namamulah orang Israel akan memberkati, demikian: Allah kiranya membuat engkau seperti Efraim dan seperti Manasye.” Demikianlah didahulukannya Efraim dari pada Manasye.
Artinya sebagaimana namanya jadi seperti itu, artinya kalau engkau mengizinkan siapapun memprediksi masa depanmu, engkau menjadikan ia nabi dalam hidupmu. Ada orang tidak sengaja baca zodiac “ minggu ini jodoh kurang baik, waspada keretakan terjadi, minggu ini kurang baik berpergian lebih baik tidak keluar rumah”, anda bilang “aku tidak percaya”,ngomongnya tidak percaya tapi kau sudah baca diam-diam engkau kuatir, iya kalau aku keluar rumah nanti ada apa-apa, “hari ini tidak komsel, iya dirumah dulu, ada KKR Benny Hinn tidak datang, iya lain kali aja”,kenapa???,”aku mau berdiam diri”,rohani banget padahal baru baca zodiak lalu dipaksa-paksa teman akhirnya keluar rumah juga. …Byarrrr tabrakan, “wah benar ya ramalan itu sebetulnya bukan karena ramalan itu tetapi karena engkau MEMPERCAYAINYA maka HAL ITU TERJADI SESUAI DENGAN IMANMU !.
Anda baca, anda percayai, hal itu terjadi. Coba anda berkata “kanker otak,kanker otak kanker otak”, cepat lambat apa yang anda percayai dan katakan akan menjadi KENYATAAN. Semua yang engkau izinkan menjadi nabi dalam hidupmu maka hal itu akan MENGIKAT anda. Mami saya pernah bertemu dengan seorang oma peramal, dia berkata  “rumahmu depannya ada pohon jambu, anakmu yang paling besar laki-laki”, nanti anakmu kalau besar jadi jutawan”. Dulu saya senang sekali tetapi ketika saya bertobat lahir baru, Tuhan ingatkan akan ramalan itu, saya tolak dan patahkan ramalan itu dalam nama Yesus. Ada orang berkata “pak kok ramalan baik ditolak”, 2 alasanya : pertama : apapun yang kelihatan baik kalau bukan dari Tuhan dapat membuang yang terbaik dari Allah.Contoh Kalau dikatakan kamu terima 10 juta, tapi yang terbaik Allah bisa beri engkau 10 milyar. Karena anda terima yang kelihatan baik anda dapat kehilangan yang terbaik.
Saya bersyukur saya tolak semua ramalan itu sebab kalau Cuma jutawan tanah holystadium itu tidak kebayar itu harganya milyaran perlu iman milyader untuk melunasinya.
Mau jadi jutawan?, tidak saya mau jadi SEPERTI yang Tuhan MAU,  atau jadi milyuner?, tidak juga saya mau jadi SEPERTI yang Tuhan MAU. Siapa tahu jadi trilyuner?, anda tahu pak Alex Abraham mau bangun menara Jakarta , biayanya 2,5 trilyun. Milyader tok tidak mampu. Jadilah seperti yang Tuhan mau bukan apa kata setan dan dunia.

Jangan biarkan orang lain menjadi nabi atas hidup saudara!.
Alkitab menceritakan seorang yang bernama Elimelekh ia mempunyai istri  bernama Naomi, dan mereka punya 2 anak bernama Mahlon dan Kilyon. Mereka ketika terjadi kelaparan diBetlehem mengungsi ketanah Moab, setelah Elimelekh meninggal, maka kedua anaknyapun mati muda. Sebab nama Mahlon artinya sakit-sakitan dan nama Kilyon artinya merana. Jika nama seperti itu dipanggil setiap hari maka akan menghasilkan sesuatu yang buruk dalam hidup mereka. Hal itu seperti dikutuki setiap hari.
Engkau jangan terima semua perkataan walaupun kelihatannya baik kalau bukan dari Tuhan apalagi semua kutuk yang masuk.
Kalau ada orang yang berkata “kamu jelek”, anda menjawab “kamu harus minta Tuhan menyingkapkan matamu”,karena keindahan yang didalamku itu luar biasa”, sebab didalam ku ada roh darling of heaven, “kamu jelek”, kaca matamu dibuka dulu matamu ketutupan oleh ilah zaman ini. Jangan kamu berkata “ iya saya memang keturunannya”, segala perkataan yang jelek jangan diiyakan.
4.    Simon
 Act 8:17  Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.
Act 8:18  Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
Act 8:19  serta berkata: “Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus.”
Act 8:20  Tetapi Petrus berkata kepadanya: “Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang.
Act 8:21  Tidak ada bagian atau hakmu dalam perkara ini, sebab hatimu tidak lurus di hadapan Allah.
Act 8:22  Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini;
Act 8:23  sebab kulihat, bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan.”
Act 8:24  Jawab Simon: “Hendaklah kamu berdoa untuk aku kepada Tuhan, supaya kepadaku jangan kiranya terjadi segala apa yang telah kamu katakan itu.”
Orang yang keempat yang kehilangan hak kesulungan adalah Simon oleh karena KEPAHITAN.
Saya mau katakan anda mau jadi PAHIT atau tetap manis hatimu TERGANTUNG KEPUTUSAN SAUDARA.
Ada banyak alasan orang lain memahitkan hati kita tetapi saya pakai istilah mengapa kita harus menari karena tabuhan gendang orang lain, sering orang berulahkan membuat kita sakit, saya mau katakan jangan biarkan engkau PELIHARA sakit hatimu. Kita bukan anggota topeng monyet yang ketika gendang ditabuh simonyet menari. Kita anak RAJA DIATAS SEGALA RAJA.
Engkau tidak bisa memerintahkan orang lain untuk baik dengan engkau tapi engkau bisa MENGONTROL hatimu sendiri.
Silahkan tabuh gendang itu tetapi aku hanya mau mengikuti tarian BAPAKU yang disorga.
Aku hanya mau HATIKU BENAR dan BERKENAN dihadapan TUHAN. 

Penulis : Danny Djayasentana  

Komentar

Postingan Populer