KETURUNAN ADAM

KETURUNAN ADAM

Pdt. Stefanus Suyono


Bahan Renungan : Kejadian 4 : 17 - 26

Kita mengetahui bahwa Adam melahirkan Kain, Habel, ketika Habel dibunuh oleh Kain, Adam mempunyai anak yang diberi nama Set. Set mempunyai arti kompensasi atau pengganti. Set mempunyai anak yang diberi nama Enos.

Keturunan Kain hidup berdasarkan prestasi. Keberhasilan keturunan Kain ditentukan oleh keberhasilan mereka mendirikan kota. Contohnya : Yabal membangun hidupnya dengan diam dalam kemah dan memelihara ternak. Adam juga mempunyai gaya hidup membangun hidupnya diatas prestasinya. Tuhan menyerahkan taman Firdaus kepada Adam untuk dikelola. Adam berusaha menutupi kelemahannya dengan kekuatan sendiri.

Kenapa keturunan Kain dicatat prestasinya sedangkan keturunan Set tidak dicatat prestasinya ? Karena Kesuksesan Keturunan Set berbeda dengan kesuksesan dari keturunan Kain, Kesuksesan dimata Tuhan berbeda dengan kesuksesan di mata manusia. Sukses menurut Tuhan artinya seberapa jauh kita mengandalkan Kekuatan Tuhan. Marilah kita membangun kesuksesan hidup kita dengan kekuatan Tuhan. Kita harus ingat bahwa keberhasilan yang kita peroleh adalah dari Tuhan.

Kejadian 4 : 26 pada waktu Enos lahir, orang mulai memanggil nama Tuhan. Enos mempunyai arti nama manusia atau mahluk hidup yang diambil dari akar kata artinya lemah. Set memberikan visi kepada anaknya Enos, yaitu gaya hidup bergantung sama Tuhan. Nama yang diberikan oleh Tuhan adalah tujuan hidup kita.

Kejadian 13 : 10 - 11 Lot memandang ke seluruh tanah seperti tanah mesir. Manusia itu rapuh oleh sebab itu janganlah kita mengandalkan kekayaan kita, kepandaian kita, karena semuanya nol dimata Tuhan. Manusia itu lemah dan Tuhanlah yang memegang kendali atas hidup kita. Amin 


Jatiwangi, 1 November 2011

By His Grace


Joshua Ivan

Komentar

Postingan Populer