Pesan Tuhan 2012 Bagian 3

Ibadah Minggu Pagi, 1 Januari 2012
By: Pdt Petrus Agung Purnomo

Luk 17:11-19
Kesepuluh orang Kusta
11 Dalam perjalanan- Nya ke Yerusalem Yesus menyusur perbatasan Samaria dan Galilea.
12 Ketika Ia memasuki suatu desa datanglah sepuluh orang kusta menemui Dia. Mereka tinggal berdiri agak jauh
13 dan berteriak: ” Yesus, Guru, kasihanilah kami! “
14 Lalu Ia memandang mereka dan berkata: ” Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam- imam. ” Dan sementara mereka di tengah jalan mereka menjadi tahir.
15 Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring,
16 lalu tersungkur di depan kaki Yesus dan mengucap syukur kepada- Nya. Orang itu adalah seorang Samaria.
17 Lalu Yesus berkata: ” Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang sembilan orang itu?
18 Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini? “
19 Lalu Ia berkata kepada orang itu: ” Berdirilah dan pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau. ”

Ini menyatakan hal yg seakan2 Tuhan mengikuti apapun keinginan manusia, tetapi sebenarnya apa yg Tuhan wahyukan kepada kita maka seperti itulah yg Tuhan lakukan kepada kita.
Jaman itu org kusta jika sembuh harus pergi kepada imam, supaya disahkan dan boleh bergaul dgn yg lain

Saat org berteriak Yesus Guru arti bhs aslinya (Yesus Komandan) karena mereka dapat pewahyuan setiap perintah Tuhan pasti berkuasa. Jadi setiap org yg dpt pewahyuan yg dari Tuhan yg diterima oleh manusia maka Tuhan melakukan seperti pengertian mereka / kepercayaan mereka.

Contoh pewahyuan perwira romawi: “katakan sepatah kata saja maka hambaku akan sembuh” krn dia tau org akan bergerak seperti yg komandan katakan

Krn itu betapa pentingnya kita pegang apa yg kita yakini / percayai.
Kpd setiap org mendapat pewahyuan2 special krn itu dari Roh Kudus maka jika terus dipegang akan jadi seperti yg kita dapatkan
Krn alkitab mengatakan bahwa baik keinginan dan perbuatan asalnya dari Tuhan

Contoh perempuan yg pendarahan bisa berkata asal kujamah jubahnya aku akan sembuh, itu perkataan iman yg di berikan oleh Roh Kudus dalam pikirannya.

Contoh cerita:
Jack Canfield, penulis “Chicken Soup for the soul”, pernah bercerita bahwa ia pernah mengadakan sebuah pesta kostum disaat ia masih muda. Aturan dress code dlm pesta itu cukup unik, yaitu tiap orang yg menghadiri pesta harus menggunakan pakaian seolah2 spt apa yg mereka inginkan terjadi dlm beberapa tahun mendatang.
Misalnya ada yg ingin menjadi pengusaha, artis, seniman, lawyer, dokter atau apa saja, maka ia harus mengenakan kostum spt yg ia inginkan.
Acara berlangsung meriah, seru & unik.
Bertahun2 kemudian, Jack Canfield melihat2 kembali foto2 masa mudanya, ia merasa kaget dan merinding karena ia sadar bahwa saat ini sebagian besar teman2nya menjadi sama persis dengan kostum yg dl mereka kenakan saat pesta.

Kebenaran apa yg kita dapatkan dr cerita diatas?
Kita akan menjadi sama persis dengan apa yg kita impikan,
Seperti juga yusuf dikenakan jubah maha indah oleh Yakub, yg akhirnya Yusuf menjadi penguasa mesir.
Seperti Bartimeus, saat dipanggil Tuhan Yesus, dia tanggalkan jubah pengemisnya maka dia sembuh sesuai imannya

Apa pointnya untuk 2012
Percaya kepada Tuhan sungguh2, belajarlah segala sesuatunya baik jasmani maupun rohani dari Tuhan.

Mari bergaul dgn Tuhan, tanya dengan Roh Kudus perkara apapun sehari2, ada peristiwa pak Yusak digerakkan Tuhan untuk menutup biaya sekolah temannya yg sedang cerita ttg kesulitan keuangannya, lalu Pak Yusak tanya ke org itu sampai 3x, padahal pak yusak org yg cuek, pak agung dengar hal itu dan bertanya kepada Tuhan, mengapa hambaMu berbuat spt itu, lalu Tuhan berkata, uangnya kurang, lalu pak agung tanya lagi lalu aku hrs bagaimana, Tuhan berkata separonya kamu. Maka pak Yusak kaget, bgmn pak agung bisa tau bahwa dia disuruh Tuhan tapi uangnya kurang?, Itu karena pak agung bertanya kepada Tuhan. Maka mari bergaulah dgn Tuhan apapun yg kita hadapi.
Segala sesuatu, kalau Tuhan disukakan maka selesai dgn ajaib, tapi hanya Roh Kudus yg tau apa yg Tuhan suka, maka kita harus taat pd perintah Roh Kudus supaya Tuhan disukakan senantiasa.
Yoh 5:1-9
1 Sesudah itu ada hari raya orang Yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem.
2 Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani disebut Betesda; ada lima serambinya
3 dan di serambi- serambi itu berbaring sejumlah besar orang sakit: orang- orang buta, orang- orang timpang dan orang- orang lumpuh, yang menantikan goncangan air kolam itu.
4 Sebab sewaktu- waktu turun malaikat Tuhan ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barangsiapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air itu, menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya.
5 Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit.
6 Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya: ” Maukah engkau sembuh? “
7 Jawab orang sakit itu kepada- Nya: ” Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku. “
8 Kata Yesus kepadanya: ” Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah. “
9 Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.
Nah iman yg seperti apa org ini, kan sebenarnya dia tidak punya iman, bahkan sudah frustasi, Tuhan berkata ada saatnya dan sekarang saatnya Tuhan melihat pergumulan yg sudah terlalu lama dan Tuhan menawarkan kepada kita hari ini, maukah engkau sembuh?
Seperti pak agung waktu terjerat hutang gedung gereja lama, Tuhan menawarkan maukah kamu bebas dari jerat Hutang? Pakai caraKu bukan caramu
Jika engkau sudah terlalu lama bergumul, hari ini Tuhan tawarkan maukah engkau sembuh?
Lagu penutup:
Yesus, Yesus dengar doaku, janganlah Tuhan lalui brilah berkatMu
Tuhan memberkati

Komentar

Postingan Populer