KALEB

KALEB

By : Vendrik Torindatu 

Hari ini saya tergerak mau membagi tulisan tentang satu tokoh di Alkitab, yang terlihat jarang ditulis tetapi sesungguhnya hidupnya banyak berarti untuk perjalanan kehidupan satu bangsa yaitu Israel. Diceritakan di Bilangan pasal 13-14 tentang bagaimana akhirnya bangsa Israel harus masuk dalam 40 tahun masa berputar-putar di padang gurun( Bilangan 14:34), sebelum masuk Kanaan. hal itu dimulai waktu 10 orang pengintai ( dari 12 orang yang disuruh Musa) berbicara hal-hal negatif tentang Kanaan yang akhirnya membawa bangsa Israel kepada pemberontakan kepada Tuhan (Bilangan 14 :11).

Kita melihat dari apa yang ditulis Alkitab tentang Kaleb, paling tidak 2 kali dia bertindak dan berbicara kepada umat Israel untuk mempercayai Tuhan dan janji-Nya tentang Kanaan yang akan mampu ditaklukkan serta mengingatkan orang Israel untuk tidak memberontak kepada-Nya (Bilangan 13:30-31;Bilangan 14:8-9).

Kenapa Kaleb melakukan hal itu semua? dan apa yang mendorongnya untuk berani menyuarakan kebenaran diantara mayoritas orang-orang yang tidak mempercayai kebenaran..? Paling tidak ada 2 hal yang menjadi faktor penting kenapa Kaleb mau lakukan hal itu. Dan luar-biasanya 2 hal ini di katakan oleh Tuhan sendiri.

1. Kaleb punya Hati yang penuh kepada Tuhan ( Yosua 14:14)

Saat Kaleb sudah berumur 85 tahun, dan ia memperoleh Hebron, Tuhan tetap mendapati bahwa hatinya Penuh mengikuti Tuhan. Gereja Tuhan, untuk memiliki seluruh janji Tuhan atas kita secara utuh, dasar dan fondasi dari semua itu haruslah kita memiliki HATI YANG PENUH kepada Tuhan. Hati bicara tentang MANUSIA ROH kita..hari-hari ini ke depan, tantangan, godaan bahkan jebakan dari dunia,dan setan akan sangat gencar..!! Untuk bisa menang atas semua itu kita membutuhkan KEBENARAN Kristus..Kebenaran yang akan memampukan kita berani menyuarakan Kebenaran-Nya di tengah angkatan yang bengkok ini,menyuarakan Kebenaran-Nya di segala tempat,situasi dan kondisi hidup kita...tetapi itu bisa terjadi dalam hidup kita jika manusia roh kita kuat,sehat dan ada kebenaran Kristus didalamnya. Isi manusia roh kita dengan firman Tuhan,dengan doa, dengan pujian penyembahan, dan miliki hati/ manusia roh yang mau dididik,diajar,ditegur agar kita terus bisa menyesuaikan diri dengan Pribadi-Nya dalam kasih dan ketaataan.

2. Kaleb memiliki Jiwa yang berbeda ( Bilangan 14:24)

Rahasia kemenangan dari seorang Kaleb bukan hanya dia memiliki hati/manusia roh yang kuat dll, melainkan juga ditunjang dengan memiliki JIWA yang berbeda...apa artinya? Jiwa yang berbeda berarti kita bisa menguasai seluruh pikiran,perasaan dan kehendak kita sepenuhnya kedalam kontrol Tuhan seutuhnya. Kita tidak lagi merasa atau berpikir hanya seperti yang manusia kita rasa dan pikirkan , melainkan mengerti apa yang Tuhan rasa dan pikirkan. Jiwa kita serin lemah, oleh karena itu perlunya kita MENDIDIK JIWA kita mengikuti KEHENDAK TUHAN...bahkan bedoa minta Tuhan Paksa Kita..!! Contoh : Jika kita sering komitmen untuk bangun doa pagi jam 4,tetapi kenyataannya malah kita selalu gagal untuk lakukan itu, minta Tuhan paksa kita untun bangun dengan cara-Nya..!! Atau saat kita malas dan lelah padahal kita tahu ada tanggung-jawab yang harus kita selesaikan, minta Tuhan paksa kita supaya bangun,berdiri dan mulai kembali kerjakan tanggung-jawab itu...
Atau saat kita disuruh Tuhan untuk ampuni orang lain kita merasa tidak mampu dan masih banyak contoh lainnya..

Banyak kegagalan orang Percaya bukan karena manusia roh/hatinya yang salah tetapi banyak dimulai dari kegagalan kita untuk menguasai pikiran,perasaan dan kehendak kita...Percayalah, jika hati kita benar, jiwa kita didik sesuai dengan kehendak-Nya, kita akan melihat bahwa Daging/ Tubuh kita akan mulai mengikuti dan menurut apa yang diperintahkan roh dan jiwa kita sesuai dengan Firman-Nya..dan kita akan melihat Setiap Firman jadi Daging,Mimpi-mimoi kita akan jadi kenyataan , dan kita akan terus berkemenangan sampai garis akhir....Amin

Komentar

Postingan Populer