Orang HET

Orang Het


By : Joshua Ivan Sudrajat S

Sebab MalaikatKu akan berjalan didepanmu dan membawa engkau kepada orang Amori, orang Het, orang Feris, Orang Kanaan, orang Hewi dan orang Yebus dan Aku akan melenyapkan mereka. (Keluaran 23 : 23)


Het berarti Teror. Di dalam kehidupan kita sebagian orang pernah mengalami teror didalam hidupnya sehingga membuat seseorang begitu ketakutan dan mengalami trauma didalam kehidupannya. Teror tidak selalu membuat orang ketakutan tetapi dapat membuat seseorang trauma tertentu. 


Trauma tanpa sadar masuk didalam kehidupan kita anak - anak Tuhan dan kemudian sekali waktu dapat menjadi benih yang menggagalkan rencana Tuhan dalam hidup kita. Ketika saya kelas 4 SD, saya pernah mengalami kekerasan fisik dari guru agama Kristen saya. Saya dipukuli dengan sapu lidi, padahal saya tidak melakukan kesalahan. Saya hanya mencari dia di ruang guru karena dia harus mengajar kami. Kami adalah anak - anak SD yang berkumpul satu minggu satu kali untuk mendapatkan pelajaran. Ketika saya mendapatkan beliau, beliau sedang berbincang - bincang dengan intim dan mesra. Dia kaget melihat saya dan teman saya menjemput beliau di ruang guru. Karena merasa terganggu maka dia marah - marah dan menyuruh saya dan teman saya berdiri didepan kelas dan sebelumnya saya dan teman saya dipukuli sampai berdarah. Walaupun tidak merasakan ketakutan saya menjadi trauma takut bersalah atau melakukan kesalahan.


Trauma itu dapat seperti luka yang terbuka lebar. Jika kulit kita terluka dan ketika kita disentuh, kulit kita akan mengalami rasa sakit. Ini bukan salah orang yang menyentuhnya melainkan oleh karena ada luka yang belum sembuh. Tidak ada orang yang bebas dari kondisi semacam ini.

Ada orang - orang atau anak - anak yang mengalami trauma dan ketakutan karena mereka melihat orang tua mereka bertengkar. Mama mereka mengalami kekerasan oleh papa mereka. Mereka juga mengalami trauma karena melihat papa mereka kerjanya cuma main judi, mabuk bahkan main perempuan, ini adalah teror dalam kehidupan anak - anak. Luka akibat teror atau trauma ini ada yang bisa langsung sembuh didoakan satu atau dua kali didoakan. Ada yang didoakan memerlukan beberapa kali baru dapat disembuhkan.


Jatiwangi, 10 Maret 2012

By His Grace



Joshua Ivan


Komentar

Postingan Populer