Keselamatan

Keselamatan

By : Joshua Ivan Sudrajat S


Dan Keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain didalam Dia, sebab dibawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. (Kisah Para Rasul 4 : 12)


Renungan :

Pada hakekatnya semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3 : 23). Setelah Adam jatuh dalam dosa maka manusia juga jatuh dalam dosa dan tidak ada kehidupan didalam manusia tersebut. 


Dosa adalah pemberontakan manusia terhadap Allah. Ketika Adam memakan buah pengetahuan baik dan jahat, mata adam menjadi terbuka dan ketika Allah mencari dia, adam dan hawa bersembunyi karena mereka mengetahui diri mereka telanjang.


Karena manusia telah berdosa dan menjadi musuh Allah, ada pemisah antara manusia dengan Allah. Manusia telah kehilangan kasih Allah. Kondisi manusia seperti ini telah membuat manusia terpisah dari Allah dan berada dalam keadaan tidak berpengharapan. Manusia tidak dapat berhubungan lagi dengan Allah dan hukuman Allah untuk membinasakannya.


Bagaimana agar manusia dapat terhindar dari hukuman kekal ? Apa ajaran dari Alkitab mengenai Keselamatan ? Apa maksud dari penyelamatan dari Allah kepada manusia ? Bagaimana proses keselamatan itu dapat menjadi milik yang pasti bagi orang - orang percaya ?

Keselamatan dalam bahasa Yunani disebut dengan Soter. Soter artinya karya penebusan Kristus bagi manusia dari kuasa dosa, yang melepaskan manusia dari ikatan - ikatan dosa dan akibat - akibatnya. (Titus 2 : 11 - 14)


Mengapa Manusia Perlu Diselamatkan ?

Ada 4 faktor secara rohani yang menunjukkan mengapa manusia perlu diselamatkan yaitu :

1. Semua Manusia Sudah Berdosa.

Semua manusia sudah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. (Roma 3 : 23) Akibat Dosa adalah hukuman yang kekal, upah dosa adalah maut (Roma 6 : 23).

Ketika adam dan hawa jatuh dalam dosa maka mereka diusir dari taman Firdaus, mereka terpisah dari Tuhan (Yesaya 59:2). Akibat dosa kita terpisah dari Allah.

2. Usaha Manusia Untuk Menyelamatkan dirinya adalah sia-sia.

Apapun usaha manusia di bumi ini untuk masuk dalam keselamatan dengan jalan amal ibadah, kebaikan semuanya sia-sia karena mereka tidak bisa menyambung jembatan yang putus akibat dosa mereka.

Kesalehan, Kebaikan, Amal Ibadah, Ilmu Pengetahuan tidak dapat menyelamatkan manusia. Keselamatan hanya Anugerah Tuhan. (Efesus 2 : 8 - 9).


3. Hanya Yesus Jalan Keselamatan.

Meskipun banyak orang menawarkan banyak jalan kepada keselamatan. Alkitab menjelaskan bahwa Tuhan Yesus Kristus adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup. Yesus adalah jalan satu - satunya menuju keselamatan. (Yohanes 14:16).

Karena Begitu Besarnya Kasih Allah akan manusia sehingga Ia mengaruniakan anakNya yang tunggal supaya manusia beroleh keselamatan dan hidup yang kekal (Yohanes 3 : 16).

Tuhan Yesus mau mati untuk setiap dosa - dosa kita, ketika kita masih berdosa Tuhan Yesus sudah mati diatas kayu salib. (Roma 5 : 8)


4. Percaya Yesus Beroleh Keselamatan.

2000 tahun yang lalu Tuhan Yesus sudah mati diatas kayu salib (1 Petrus 2 : 24). Jika kita percaya kepada Tuhan Yesus maka kita diberi kuasa untuk menjadi anak - anak Allah. (Yohanes 1 : 12)

Jika kita mengaku dengan mulut kita dan percaya dalam hati kita bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat maka kita diselamatkan. (Roma 10 : 9).


Langkah - Langkah Terima Keselamatan :

1. Percaya Kepada Kristus karena Anugerah Allah (Roma 10 : 9).
2. Dibenarkan melalui Iman kepada Tuhan Yesus Kristus.
3. Mengalami Kelahiran Kembali (Lahir Baru). II Korintus 5 : 17
4. Pertobatan ; kesadaran untuk berbalik dari dosa kita kepada kebenaran. 1 Yohanes 1 : 9
5. Pengudusan : Proses Penyucian oleh darah Yesus setiap hari.

Ayat Hafalan :

Dan Inilah kesaksian itu : Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada didalam anakNya. Barang siapa memiliki Anak, ia akan memiliki hidup ; Barang siapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup. 1 Yohanes 5 : 11 - 12


Jatiwangi, 6 Maret 2012


By His Grace



Joshua Ivan Sudrajat S


Komentar

Postingan Populer