Api, Kasih, Cemburu dan Roh Kudus


Api, Kasih, Cemburu dan Roh Kudus
Ditulis dari Kotbah Pdt. Petrus Agung Purnomo

Mari kita buka firman Tuhan, tadi malam ketika saya berdoa Tuhan memberi satu kata, ini aneh sekali setiap kali saya berdoa apa Tuhan yang harus saya bagikan untuk umatMu, Dia beri beberapa kata seringkali yang harus saya pelajari saya gumulkan dan sampai akhirnya menemukan apa yang sebetulnya ingin Tuhan sampaikan buat kita.
Firman Tuhan pada pagi hari ini saya beri judul API, mari kita lihat dalam kidung agung 8 : 6 -7.
Son 8:6  Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!
Son 8:7  Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta, sungai-sungai tak dapat menghanyutkannya. Sekalipun orang memberi segala harta benda rumahnya untuk cinta, namun ia pasti akan dihina.
Luar biasa, saya mau ajak kita ulang lagi ayat ini bagus sekali, anda beri tanda pada alkitab saudara masing-masing, nanti dirumah bacakan kepada seluruh keluarga supaya cinta yang seperti ini jadi bagian dari kehidupan kita.
Alkitab berkata begini  “  Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!
Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta, sungai-sungai tak dapat menghanyutkannya. Sekalipun orang memberi segala harta benda rumahnya untuk cinta, namun ia pasti akan dihina.
Saudara sekalian ada 3 API yang ingin saya bagikan buat saudara pada pagi hari ini dan saya berdoa ini bisa dapat memberkati kehidupan kita.
1. API yang pertama, alkitab berkata adalah  API CINTA atau API KASIH dalam kehidupan kita.
Saya pernah sampaikan dalam kebaktian persekutuan kaum pria beberapa hari yang lalu, saya mau bagikan buat saudara juga pada pagi hari ini, karena ada banyak ibu-ibu yang hadir supaya imbang biarlah mendengar dua-duanya dan jadi pelaku firman.
Tahukah saudara bahwa manusia itu PECANDU KASIH yang paling berat, setiap orang yang tidak pernah mendapatkan KASIH, orang itu akan jadi aneh atau orang yang kekurangan KASIH, orang itu juga akan jadi aneh, bukan KASIH hawa nafsu tapi KASIH yang murni, tulus, itu bisa berupa KASIH ALLAH, tapi bisa juga KASIH PERSAUDARAAN yang tulus dari orang-orang sekitar kita, atau KASIH FILEO atau KASIH FILADELFIA, itu merupakan bagian dari pada kebutuhan manusia akan KASIH yang begitu besar. Alkitab berkata “Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta “, CINTA itu digambarkan seperti API, KASIH digambarkan seperti API dan saya pernah katakana bahwa manusia adalah PECANDU KASIH yang paling besar, kalau itu kurang dalam hidup kita akan menimbulkan banyak masalah dalam kehidupan yang ada.
Dicalifornia, los angeles ada perguruan tinggi besar yang terkenal namanya UCLA, kalau anda sering lihat orang pakai TSHIRT tulisannya UCLA, itu kampusnya besar sekali, desember lalu saya diajak oleh seorang teman untuk melihat akan komplek kampus yang ada, banyak mahasiswanya dan kompleknya besar, dekat dengan daerah Beverly hills, kalau anda sering dengar itu pertokoan mewah dan rumah-rumah para bintang film. Jadi itu komplek yang besar sekali para ahli peneliti dari UCLA membuat suatu penelitian yang akhirnya mereka beri tema “ THE MAGIC OF TOUCH “, keajaiban daripada sentuhan. Apa itu THE MAGIC OF TOUCH ?, mereka berkata “ setiap hari kalau kita ingin bertumbuh dalam kepribadian yang sehat, manusia membutuhkan 8 sampai 10 x yang namanya MEANING FULL TOUCH,suatu jamahan yang penuh arti ”. Bukan berarti lalu kalau kita nanti pulang kerumah, ngomong sama suami atau istri kita atau adik kita, Papa kita, “ Papa sudah terima belum MEANING FULL TOUCH “, “ belum “, “ saya kasih ya “, ” 1,2,3….8 “,” nah sudah Pa sehat “. Bukan begitu, itu tanpa arti saudara, itu sedikit ngeplaki menurut saya.
Yang diteliti adalah bahwa setiap manusia untuk menimbulkan ataumenghasilkan kepribadian yang sehat dan utuh, dibutuhkan 8 sampai 10 x SENTUHAN YANG PENUH ARTISENTUHAN YANG LAHIR DARI KASIH, SENTUHAN YANG LAHIR DARI CINTA, merupakan ekspresi dari kasih kita, baik kepada istri, suami, anak anak, saudara dan orang tua.    
Pagi ini sudah dapat 8 sentuhan atau belum?, kalau belum, kalau sudah punya suami atau istri, beritahu “ aku belum disentuh hari ini “, beritahu bahwa kita perlu 8 sampai 10 x sentuhan, itu menurut penelitian UCLA. Ada seorang dokter yang bernama Helen Calton ia menulis buku THE GIVE OF TOUCH , karunia atau pemberian atau anugerah dari suatu jamahan, Meaning Full Touch, dari hasil penelitiannya dia berkata “ setiap orang, setiap kali menerima meaning full touch, entah ditepuk bahunya, dirangkul sedikit, atau dijabat tangannya dengan hangat sambil ditepuk tepuk lengannya, atau apapun, kalau suami istri dirangkul, disayang, gitu ya saudara, THE GIVE OF TOUCH punya pengertian yang punya maksud, punya arti yang besar sekali, apa itu?, setiap kali orang mendapatkan sentuhan sentuhan karena ekspresi kasih dan itu orang timur kita-kita ini sukar sekali, sudah kawin saja kalau jalan kaya orang baris, iya rentengan tidak pernah gandengan, lebih baik sepur –sepuran, aneh sekali.
Anda perhatikan semua kepala Negara di timur Asia atau Afrika, kalau turun dari tangga pesawat bapaknya dulu istrinya ngintil dibelakang tapi kalau presiden Amerika kalau turun gandengan, beda ya, nah ini orang timur perlu belajar. Menurut Helen Calton dalam THE GIVE OF TOUCH, dia berkata begini “ setiap orang mendapatkan sentuhan kasih seperti itu maka dalam tubuhnya, yang namanya hemoglobin itu akan meningkat jumlahnya “, dan hemoglobin adalah bagian dari darah yang fungsinya diantaranya membawa akan oksigen, itu hal yang vital sekali, sampai ke otak, sampai ke jantung kita. Meningkatnya hemoglobin itu ternya membuat tubuh manusia itu lebih sehat.
Yang sehat akan punya daya tahan yang lebih baik lagi karena hemoglobinnya meningkat dengan baik, sedang yang sakit ketika terima  MEANING FULL TOUCH,jamahan yang penuh dengan arti, penuh dengan kasih, akan mempercepat proses kesembuhannya. Jadi kalau saudara itu punya suami, istri, adik, saudara atau sahabat, berarti kita diberi kesempatan untuk saling menyehatkan dan saling menyembuhkan ini secara medis diteliti begitu, dan dia berkata tangan kita ini punya kuasa, kemampuan menyembuhkan yang luar biasa dengan cara apa  MEANING FULL TOUCH.
Kalau anda nempeleng istri, “ ini meaning full touch “, ya tapi itu arti kebencian, itu malah menyakitkan bukan menyembuhkan, tapi kalau betul keluar dari dasar hati yang paling dalam, kita mengasihi, kita sentuh dia, itu luar biasa. Jadi teman-teman yang tugas jadi usher, saya beritahu orang bisa sembuh sebelum duduk di bangku gereja karena jamahan tangan saudara. Amin , siapa yang ingin jadi usher sekarang?. Haleluya, itu memberikan tiba-tiba hemoglobinenya meningkat, ketika duduk “ loh aku sudah sembuh “, wah luar biasa, darimana saudara?,diteliti oleh Helen Calton ada yang namanya the Give of Touch, yang mau kawin senang dengar begini, yang sudah kawin merekfleksi, mengingat-ngingat “ aku ora pernah kaya ngini “, nah mulailah dipraktekkan dalam kehidupan kita.
Tapi apakah betul dasar firman Tuhan mengajar seperti itu, mari buka bersama dengan saya dalam Injil Markus 10 : 13, alkitab berkata demikian
Mar 10:13  Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.
Aneh, anak-anak ini dibawa bukan karena sakit, sekedar mereka ingin YESUS MENJAMAH anak-anak ini, kenapa?, dengar , kata MENJAMAH, TOUCH, dari kata yunani HAPTOMAI dan kata HAPTOMAI itu adalah refleksi dari kata HAPTO, kata HAPTO sendiri artinya adalah TO SEET ON FIRE, memberikan akan api, memberikan peluang atau membuat supaya api itu menyala, Luar biasa.
Api apa? API KASIH, API CINTA yang tidak mungkin dipadamkan oleh air, sungai yang banyak, air yang banyak tidak dapat memadamkan CINTA atau menghanyutkannya, luar biasa. CINTA itu kuat seperti maut dan air yang banyak tidak bisa memadamkannya.
Anda perhatikan dari mana kita bisa memberikan API KASIH, API CINTA itu kepada orang yang kita kasihi, diantaranya lewat Meaning Full Touch didalam kehidupan kita.      
Saya baca satu artikel, ada seorang perawat yang mengerti akan tulisan dari pada Helen Calton ini dan dia praktekkan ketika ia merawat orang-orang sakit, bahkan dia buat suatu survey penelitian. Anda dengar baik-baik, perawat di Amerika beda dengan perawat disini, perawat di Amerika sudah mirip dokter memang, kenapa?, kalau misalnya begini karena saudaranya bu Yuni jadi perawat, sekolahnya berat sekali ngga naik langsung dikeluarkan, jadi perawat itu begini kalau sampai dokter itu memberikan obat itu harus sepersetujuan perawatnya, kalau sampai perawatnya berkata “ dokter ini berlebihan obatnya saya tidak mau memberikan “, tidak bisa diberi, jadi perawat itu sudah mirip dokter, dokter tidak bisa melangkahi perawat seenaknya kalau perlu debat dulu, nanti mana yang merasa benar itu yang kemudian akan diterapkan. Perawat ini membuat penelitian ada pasien-pasien yang dia memang perlakukan KHUSUS, ada pasien-pasien yang biasa-biasa dia minta perawat lain merawat sebagaimana biasa. Yang dia rawat KHUSUS bedanya apa?, selain diberi obat sipasien ini sering diajak bicara, sambil dipegang tangannya, dipegang bahunya, kalau perempuan dipeluk, pokoknya dia berkata “Aku mau ada THE GIVE OF TOUCH ini dirasakan “, dari penelitian yang ada memang betul pasien-pasien yang seringkali dia sentuh, dia jamah, dia kuatkan lebih cepat sembuhnya walaupun sakitnya sama jadi itu dibuktikan rupanya menolong sekali.
Alkitab berkata, kata JAMAHAN, kataTOUCH, kata MENJAMAH dari kataHAPTOMAI yang dari akar kataHAPTO, dan kata HAPTO artinya TO SET ON FIRE, itu membakar, memberikan API dalam hidup seseorang.
  1. Saudara sekalian saya mau katakanAPI yang pertama yang harus kita kenal adalah yang namanya API KASIH
dan itu bisa kita ciptakan dalam hati orang lain, kalau kita mengerti yang namanya THE MEANING FULL TOUCHdalam kehidupan kita. Kalau saudara sudah melihat rumah tangga sudah mulai goyah coba beri MEANING FULL TOUCH kepada pasangan hidup kita, itu memberikan API kembali dalam hatinya untuk membakar kembali akan KASIH nya sehingga rumah tangga itu dipulihkan dan digerakkan oleh karena KASIH.
Kita orang timur berat sekali saudara, sudah kawin ini jalan gandengan aja isin( malu ), “ ah sudah sudah isin isini “, saya pernah melihat yang seperti itu, bagaimana bisa istrinya digandeng tangannya sama suaminya, tangannya dikipat-kipat ( dikebas-kebas ) kaya kena permen karet, kenapa begitu?, orang timur saudara. Kadang kadang MALU lama lama MALU MALUIN, jadi sebetulnya mari bersikap wajar jadi mengertilah dalam tangan kita ada kuasa yang luar biasa untuk membangkitkan kegairahan orang lain, untuk memberikan semangat hidup yang baru, untuk memberikan sukacita kepada yang bersangkutan. Saya berdoa ditengah tengah kita terjadi keluarga-keluarga yang seperti itu tapi juga jangan OVER ACTING tiap hari rangkulan, di pasar rangkulan, nanti kalau jalan sempit tidak apa-apa. Jangan terus OVER ACTING Lalu orang berkata “ nih orang aneh pulang gereja rangkulan mabuk apa? “. Mari kita kerjakan dengan WAJAR tanpa menghilangkan FUNGSI  yang sebenarnya dari apa yang Allah anugerahkan dalam hidup kita.
Kenapa begitu banyak orang ingin DIJAMAH oleh YESUS ?. saya percaya 2 hal :
  • yang pertama ada KUASA dalam diri Yesus yang luar biasa.
  • Yesus juga mengajar kepada kita KASIH itu bisa di bakar, dimunculkan kembali dengan SENTUHAN TANGAN KITA.
Mari belajar pakai TANGAN kita bukan untuk menghajar yang lain,menampar yang lain, meninju yang lain, pakai sebagai ALAT UNTUK MENGASIHI orang lain, anda ketemu dengan teman yang sudah mulai mundur, tepuk bahunya “ Tuhan Yesus mengasihi “ itu berarti banyak dalam hidupnya. Cuma jangan terus anda nempel- nempel seenaknya tidak bagus tapi dengan wajar engkau katakan “ Yesus mengasihi mu “ itu memberikan makna yang begitu dalam, dalam kehidupan kita, amin. Mau dipraktekkan coba yang laki sama laki tepuk bahunya, suami istri coba bilang “ I love You “, nah begitu kok ditinju, kasihan dong. saya berkata itu luar biasa saudara, coba setiap hari dalam hidup kita, kalau belum sampai 8 atau 10 x tagih sebelum tidur, “ ge peng pitu loh kurang sekali “ katanya gitu, MINTA supaya ada KEKUATAN BARU karena KASIH DITENGAH-TENGAH KITA.
Jadi API yang pertama yang harus DIKOBARKAN dalam hidup kita adalah API KASIH.
Kembali ke Kidung Agung 8 : 6 ada API yang lain selain API KASIH, saya akan bacakan untuk saudara
Son 8:6  Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!
Dalam bahasa Inggrisnya bukan dikatakanKEGAIRAHAN tapi dikatakan “jealousy is cruel as the grave “ , CEMBURU atau IRI HATI itu kejam sekejam akan kuburan, dalam bahasa aslinya SEOL, seol adalah dunia tempat orang mati dikumpulkan dan kata SEOL dari kata SAAL, SAAL itu artinya MENUNTUT atauRAKUS atau KELAPARAN akan nyawa orang, itu menganga begitu lebar kata firman Tuhan.
  1. Dan alkitab berkata API yang kedua nyalanya  seperti nyala api Tuhan yang terus terbakar dan tidak pernah habis, apa itu ?, JEALOUSY, CEMBURU, IRI HATI
Saya sering berkata hidup manusia digerakan oleh 2 kekuatan besar dan kita harus pilih. Kekuatan pertama namanya adalah KASIH, kekuatan kedua adalahKEBENCIAN dan IRI HATI. Dua-duanya mampu membuat seseorang berkarya luarbiasa, memang akhirnya akan ketahuan buah daripada pekerjaannya tapi kesanggupan untuk orang berkarya itu begitu besar terjadi lewat 2 hal ini. Alkitab berkata API yang kedua adalah API yang namanya API IRI HATI atau API CEMBURU yang begitu kuat membakar kehidupan seseorang seperti api yang menyala dalam kehidupannya.
Coba buka Efesus 6 : 16
Eph 6:16  dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
Istilah API yang dipakai pada ayat ini adalah API yang timbul oleh karena kemarahan, duka yang dalamdan hawa nafsu.
Saya pernah dengar dan baca di surat kabar, cerita yang baru terjadi 2 bulan yang lalu, dikota di Jawa Tengah ini ada seorang gadis, gadis yang cantik dan ada seorang pemuda yang jatuh cinta pada gadis ini tapi rupanya cintanya tidak diterima karena gadis ini sudah punya pacar dan rupanya KECEMBURUAN, IRIHATI, JEALOUSY, sekejam dunia orang mati itu betul saudara, ketika tidak mendapatkan cintanya apa yang pemuda itu buat, yaitu muka si gadis ini disiram dengan air keras hingga hancur. Dan ketika teman-temannya mengunjunginya dirumah sakit, tidak tahan dan menjerit dan beberapa pingsan melihat muka seorang gadis yang cantik dalam sekejap hancur. Siapa yang membuat itu? Orang yang mengasihi dia tapi DIBAKAR bukan oleh API CINTA YANG MURNI tapi dibakar oleh KECEMBURUAN. Tahukah anda JEALOUSY itu sekejam SEOL, MEMINTA, MENUNTUT, MENGANGA begitu besar, MENGHISAP dan MENGHANCURKAN banyak hal, oleh karena itu API YANG PERTAMA harus DIPUPUK tetapi API YANG KEDUA harus DISINGKIRKAN dari kehidupan kita karena kalau itu menguasai kehidupan kita pada akhirnya akan menghancurkan diri kita. Alkitab berkata “ gunakan PERISAI IMAN untuk memadamkan API si JAHAT “, API yang muncul karena kemarahan, duka yang dalam, hawa nafsu kalau itu menguasai kita itu akan menimbulkan KERUSAKAN PADA ORANG LAIN dan juga pada DIRI KITA SENDIRI.
Saudara ada banyak contoh dalam kehidupan kita yang membuktikan orang yang tadinya begitu mengasihi ketika ditolak cintanya, dia bisa begitu kejam dan menghabisi orang yang dia cintai, ini yang alkitab katakan CEMBURU atau IRI HATI itu kejamnya seperti dunia orang mati.
Pertanyaan yang kemudian muncul adalah begini, “ bagaimana caranya supaya kita bisa memadamkan akan API seperti itu dalam kehidupan kita ? “
Nah dengar cerita saya, kemaren saya cerita di kebaktian kaum muda, saya sudah cerita Kristen Panci Presto minggu lalu, sekarang saya mau cerita Kristen lain lagi. sore itu ada seseorang datang kerumah saya, laki-laki dia berkata “ pak permisi, saya mau menawarkan barang “.  Lalu saya bilang wah ini yang seperti ini istri saya paling tidak suka tapi ia sudah masuk kehalaman dan sopan jadi mau ditolak tidak enak, saya berkata “ barang apa? ”, “ ini pak pemadam kebakaran “, saya pikir wah pasti tidak beli orang air banyak tinggal siram selesai, saya bilang “mungkin tidak pak “, dia berkata “ apakah boleh saya menjelaskan “, entah bagaimana saya suruh dia masuk, dia berkata “ saya punya pemadam kebakaran ini istimewa “,   “ loh sama “ saya bilang,  karena saya pernah mengalami yang tidak enak waktu kecil, saya ingat waktu itu hari senin saya sakit sehingga tidak masuk sekolah dan dirumah orang tua saya ada pemadam kebakaran merk yamato yang gedenya seperti tangki gas dan kalau mau memakainya harus dibalik, saya ini masih kecil saya iseng saya balik nyemprot kemuka saya, jadi muka saya penuh dengan busa yamato, saya pernah mencicipi rasa yamato kaya apa, nyemprot ketibuh saya total putih semua, orang tua saya teriak-teriak.
Terus dia berkata begini “ pak tapi ini alat pemadam kebakaran istimewa, mari saya demontrasikan “, dia ambil bensin dia siram, saya bilang “ jangan dekat mobil saya “, terus dia siram bensin ditengah jalan dia nyalakan pake korek, boom…lalu dia semprot sekali … hilang apinya, dalam hati saya “ ah biasa tidak beli ‘, “ alat ini luar biasa pak “, dia coba sampai 3 x dia semprot mati apinya, dalam hati saya “ wah kagum juga, ah karena kamu sudah latihan jadi gampang, ah tidak beli “, kemudian dia berkata “ pak ini tidak seperti yamato, yamato itu berbusa, ini tidak berbau dan berbusa “, dalam hati “ ah tapi kotor juga ah tidak beli “, saya senyum, tiba –tiba dia berkata “ alat ini punya keistimewaan bahannya dari HALON “, wah ini belum pernah dengar kalau ada kata asing menarik. Terus dia semprot tangannya, basah, terus dia bilang “ lihat pak “, terus dia bakar tangannya, langsung saya bilang “ wah kuasa gelap tak tengking kamu dalam nama Yesus “, dibakar tangannya tak terbakar, wah yang kebal api saya sering lihat di India banyak ah tidak tertarik, yang ketiga dia semprot bajunya sendiri kemudian dibakar tapi tidak terbakar,  Nah ini SAYA TERTARIK ini kok aneh, saya pikir orang ini mau demonstrasi bakar diri kok dirumah saya, “ saya bilang tunggu-tunggu, coba jelaskan kepada saya nalar ilmiahnya “ , terus dia cerita ini yang membuat akhirnya saya beli, dia berkata begini “ pak bahan yang namanya HALON ini fungsinya aneh,
dia berkata “ kenapa API itu bisa terbakar ? diantaranya ada yang namanyanya OKSIGEN kalau kita memadamkan API ini, OKSIGEN disekitarnya harus hilang maka api itu mati sendiri sekalipun ada bahan yang masih bisa dibakar tapi kalau OKSIGEN nya dihisap maka mati apinya, nah HALON ini menghisap OKSIGEN disekitarnya pasti mati pak apinya “.
“ Ketika saya taruh dibaju saya bahan itu menghisap oksigen disekitarnya sehingga baju saya tidak mungkin terbakar walaupun kain ini mudah terbakar tapi karena bahan ini tidak membuat ruang buat api ini terbakar, tidak memberi kesempatan buat api ini terbakar “,  “ lihat baju saya tidak terbakar, bapak mau coba? “, tidak terima kasih saya cukup percaya dengan apa yang kamu katakan “saya bilang, dari tidak beli akhirnya saya beli, kenapa? Saya kagum ada bahan seperti itu.
Dengar,  API CINTA JANGAN DIPADAMKAN, KOBARKAN DENGAN THE MAGIC OF TOUCH, tapi kalau itu API JEALOUSY, API IRI HATI HARUS SEGERA DIPADAMKAN , dulu saya tinggal dikampung yang biasa, si A beli TV hitam putih si B beli TV hitam putih lebih besar si C beli TV berwarna lebih kecil, “ ah cilik tapi kan color “, saingan, situ beli meubel baru sini juga beli meubel baru, engga kuat hutang engga kuat lagi pinjam sama mertua, hanya untuk saingan saja, HIDUP UNTUK PERSAINGAN, saya pernah ngalami karena tinggal di kampung seperti itu, “ ini beli ini beli ini ora terimo beli ini“ , satu kali yang lain beli TV beli apa gitu papi saya beli mobil “ wah angel nyaingi ” katanya, ITU PERSAINGAN DIBAKAR OLEH KARENA CEMBURU OLEH KARENA IRI HATI.
ITU HARUS DIPADAMKAN! caranya apa? OKSIGEN atau ATMOSFIR disekitarmu harus diberi HALON supaya bisa menghisap habis kemungkinan API itu terbakar.Tahukah anda ada OKSIGEN yang setiap kali kita bawa yang dapat membuat API itu bertambah besar? Apa itu?
Buka Yakobus 3, ayo baca mulai ayat yang pertama, ini jelas sekali kalau itu bisa kita singkirkan dari hidup kita, ada KRISTEN HALON ditengah-tengah kita bukan hanya KRISTEN PANCI PRESTO sekarang muncul istilah baru KRISTEN HALON, yang menvacumkan OKSIGEN sehingga tidak memungkinkan API CEMBURU danAPI IRI HATI membakar kehidupan kita.
Jas 3:1  Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.
Jas 3:2  Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat jugamengendalikan seluruh tubuhnya.
Jas 3:3  Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
Jas 3:4  Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi.
Jas 3:5  Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnyaapi, ia dapat membakar hutan yang besar.
Jas 3:6  Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.
Jas 3:7  Semua jenis binatang liar, burung-burung, serta binatang-binatang menjalar dan binatang-binatang laut dapat dijinakkan dan telah dijinakkan oleh sifat manusia,
Jas 3:8  tetapi tidak seorangpun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan.
Jas 3:9  Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kitamengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah,
Jas 3:10  dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.
Jas 3:11  Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama?
Jas 3:12  Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buahzaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian jugamata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.
OKSIGEN yang memperbesar adalah LIDAH kita, PERKATAAN kita.
Kalau kita jadi KRISTEN HALON artinya kita harus bisa MENGUASAI LIDAH KITA,alkitab berkata “ kasih menutupi banyak kesalahan “, kebencian itu membongkar kesalahan dan menceritakan pada orang dan meneriakkannya diatas atap rumah dan itu menciptakan akan UDARA yang bisa membuat API itu terbakar. Saudara tahu ketika orang buang puntung rokok dihutan, tidak ada bensin, yang ada UDARA, kecil sekali, orang tidak mau lagi hisap rokok itu dia buang tapi sekian hektar hutan habis karena itu, MAKIN BESAR ANGINNYA MAKIN MEMPERBESAR API YANG ADA. Kalau kita mampu MENGENDALIKAN LIDAH kita maka kita akan menjadi KRISTEN HALONTIDAK MEMBERIKAN RUANG GERAK KEPADA API IRI HATI DAN CEMBURU MEMBAKAR KEHIDUPAN KITA.
Ada seorang hamba Tuhan yang pernah kita undang namanya John tamer orang asal Pakistan, ketika di Kudus dia cerita kesaksian yang menarik sekali, saya mau cerita buat saudara, menurut cerita ada seorang koboy Mexico merampok bank, akhirnya setelah ia merampok bank dalam jumlah emas yang banyak, emas ini dia sembunyikan di suatu tempat terus dia lari lagi, ketika lari dia tertangkap tetapi kemudian dia dapat melepaskan diri dan dikejar oleh seorang polisi Amerika, sampai suatu hari akhirnya diketahui koboy mexico ini sedang minum di bar, orang Mexico ini tidak bisa bahasa Inggris dan polisi ini tidak bisa bahasa Spanish atau bahasanya orang Mexico, akhir mereka bentrok terus tidak saling mengerti,  polisi itu cabut pistolnya dan berkata “ siapa disini yang bisa bahasa Spanish yang bisamenterjemahkan saya “. Lalu muncul seorang koboy yang ternyata bisa bahasa Spanish dan Inggris, “ pak polisi saya bisa menterjemahkan bapak “, terus polisi ini menodongkan pistolnya dan berkata “ beritahu dia, kalau dia mau memberitahukan dimana emasnya aku bebaskan dia “, polisi ini  berpikir kalau sudah ia mendapatkan emas maka akan ia miliki sendiri. Lalu koboy ini menterjemahkannya persis sama kepada koboy Mexico. Karena sudah tersudut maka koboy Mexico ini menceritakan dimana letak lokasi emas itu disimpan kepada koboy penterjemah itu dengan bahasa Spanish. Si penterjemah lalu berkata kepada polisi ini “ pak polisi orang Mexico ini tidak takut sama pistolmu dia kebal peluru kalau berani tembak sekarang “ , maka ditembaklah koboy Mexico oleh polisi ini, matilah koboy Mexico ini. Koboy penterjemah ini berkata “ sudah ya pak polisi engkau akan dapat bintang jasa dan bawa jenasahnya ”, setelah itu akhirnya yang untung siapa?, penterjemahnya, ia pergi kelokasi dimana emasnya ada dan dia ambil menjadi miliknya. ITULAH BAHAYA PERKATAAN.
Jadilah orang Kristen HALON, semua PERKATAAN yang bukan dari Tuhan DIMATIKAN, HISAP ATMOSFIRNYA, BUNGKAM, supaya tidak membakar hidup yang bersangkutan.
1.Api yang pertama, Kobarkan dengan THE MAGIC OF TOUCH
2.Api yang kedua, SINGKIRKAN API CEMBURU dan Kendalikan LIDAH dan PERKATAAN ANDA.
3.Yang ketiga yang terakhir, JANGAN PADAMKAN API ROH TUHAN dalam hidup kita, mari kita buka I Tesalonika 5 : 19
1Th 5:19  Janganlah padamkan Roh,
Saudara tadi malam saya baca satu buku yang menarik sekali, judulnya Quencing of the spirit , MEMADAMKAN ROH karangan seorang teolog bernama Wiliam the Artega, dan dia menceritakan kisah pekerjaan Roh Tuhan dari zaman gereja yang mula- mula sampai pada tahun 92, dia bongkar akan kisah itu dari pada orang suci dari abad pertama sampai pada abad ke 20, dan dia menceritakan aneh sekali setiap kali ada GELOMBANG-GELOMBANG KEGERAKAN itu akhirnya padam, muncul gelombang lagi padam lagi, MUNCUL GELOMBANG LAGI PADAM LAGI, dan dia menguraikan secara pandangan historic BAGAIMANA GELOMBANG-GELOMBANG INI DIPADAMKAN?.
Ketika saya amati ternyata sebetulnya ORANG LAIN TIDAK BISA MEMADAMKAN ROH TUHAN YANG MELAWAT KITA,  YANG MAMPU MEMADAMKAN ADALAH DIRI KITA SENDIRI. Kapan itu?, pada waktu kita mengizinkan KETIDAKMURNIANmulai masuk ditengah-tengah kita, pada waktu kita mengizinkan PENYESATAN itu masuk, lalu kita tidak memiliki DASAR FIRMAN yang kuat. Dan itu rupanya yang mampu MEMADAMKAN ROH TUHAN itu sendiri nanti jika orang- orang lain menyerang itu hanya sebagai gelombang terakhir saja tetapi yang membuat surut api Roh Tuhan adalah kalau kita MENDUKAKAN ROH KUDUS dalam kehidupan kita.
ROH KUDUS tidak pernah bisa di matikan pekerjaannya oleh orang dunia atau orang luar menghantam kita habis, tapi kalau kita mulai MENDUKAKAN DIA, saya mau katakan buat saudara itu yang MEMADAMKAN ROH.
Daud ketika dia berzinah dengan Betsyeba, dia berteriak apa? “ Jangan ambil ROHMU yang kudus dari padaku “, ketakutan di tinggal Tuhan, kenapa? Dia tahu dirinya bisa MEMADAMKAN ROH dalam hidupnya.
Yang bisa MEMADAMKAN PEKERJAAN ROH dalam diri kita, siapa?, ya KITA SENDIRI, kapan itu?, pada waktu kita MENYAKITI HATINYA. Oleh karenanya saudara, engkau boleh berdoa seperti apa, tapi kalau hidup kita, cara berpikir kita, perkataan kita, tindak tanduk kita, ITU MENDUKAKAN ROH RUDUS  maka IA akan undur dari hidup kita dan akhirnya membuat PADAM ROH yang didalam kita.
Saya masih ingat pengalaman saya ketika di Salabintana dua tahun yang lalu, itu pengalaman pertama saya paling dashyat, saya baru belajar tentang ROH KUDUS, saat mengisi session terakhir sebelum penutup kami rombongan satu bis berangkat sama-sama, yang luar biasa malam itu sebelum hari terakhir saya dengan istri saya dan beberapa teman, waktu kami berdoa di kamar kami semua sadar ada “ SESEORANG “ berdiri didepan kami tapi kami tidak berani buka mata dan roh saya berkata itu TUHAN yang melawat sendiri. Dan hari berikutnya TuhanMELAWAT luar biasa, saya ajak mereka berdiri tiba-tiba seperti GELOMBANGmenjamah mereka, itu pertama kali saya mengalami hal seperti itu dalam pelayan saya.
Selesai itu saya pulang masuk kamar hotel dengan istri saya, mau ganti pakaian terus memberikan session terakhir. Waktu kami berdoa tiba-tiba saya bisa menangis  begitu keras dan keluar perkataan seperti Daud “ JANGAN AMBIL ROHMU YANG KUDUS DARI PADAKU “. Perasaan ketergantungan dengan DIAyang begitu kuat, sampai saya berkata “ Saya lebih baik kehilangan banyak hal yang dunia ini tawarkan dari pada saya KEHILANGAN ENGKAU TUHAN “.  Satu kali ROH KUDUS akan tantang kita, bahkan apa yang PALING KITA INGINI dalam hidup kita, “ DIA berkata “ Apakah engkau bersedia DIKORBANKAN supaya engkau TIDAK KEHILANGAN AKU “.
Saya mau katakan buat saudara “ ada banyak orang lebih takut kehilangan hartanya, lebih takut kehilangan posisinya, lebih takut kehilangan jabatannya, lebih takut kehilangan pekerjaannya dibanding dengan takut kehilangan Roh Kudus didalam hidupnya “.
Jangan sekali-kali kita berkata “ aku akan buat apapun yang aku mau “ , karena itu dapat MENDUKAKAN DIA. Ada banyak anak muda ditempat ini, saya berkata “engkau bisa MENDUKAKAN DIA ketika engkau pacaran dan mau menikah dengan orang yang Tuhan tidak kehendaki atau menikah dengan orang diluar TuhanYesus“. “ Kalau engkau kenal DIA sebagai satu PRIBADI, hati – hati menjaga akanPERASAANNYA “. Karena alkitab berkata “ JANGAN PADAMKAN ROH “, artinya itu bisa DIPADAMKAN, yang MEMADAMKAN itu siapa?, bukan orang lain DIRI KITA SENDIRI. Saya bisa MEMADAMKAN API TUHAN dalam hidup saya dengan cara apa?, saya SAKITI HATINYA, saya USIR DIA KELUAR, DIA akan undur, saya masih bisa berbahasa roh, saya masih bisa berkotbah tapi sesungguhnya sayaMENDUKAKAN HATINYA.
Seorang hamba Tuhan bernama Charles Spurgeon didatangi seorang gadis, dan gadis itu berkata “ Pak Pendeta, saya mau menikahi seorang laki-laki yang bukan anak Tuhan dan tujuan saya pak pendeta adalah membawa dia kepada Kristus “, pendeta ini gemuk dan besar berkata “ engkau dapat MENDUKAKAN TUHANMU“, tapi izinkan aku menjawab pertanyaanmu “ sekarang kamu naik keatas meja yang agak tinggi “, maka gadis itu naik keatas meja itu, pendeta berkata “sekarang coba kamu angkat atau tarik aku keatas meja itu “, dicoba tapi gadis tidak kuat menariknya, terus pendeta berkata “ coba ulurkan tanganmu, aku berani bertaruh sekali aku tarik pasti kamu jatuh kebawah “.
Kekuatan dunia untuk menarik kita kebawah sering kali lebih besar daripada kesanggupan kita untuk menarik orang dunia keatas.
Jangan korbankan dirimu dengan cara kita MENDUKAKAN ROHNYA karena itu akan membuat API ROHNYA PADAM.
Izinkan  API itu terus terbakar, dengan cara apa?, BERI apa yang DIA KEHENDAKI.
DIA PUNYA PERASAAN, DIA PUNYA KEHENDAK, bahkan HALUS sekali, DIA MUNDUR pun perlahan-lahan tanpa pernah kita sadari, tiba-tiba DIA TINGGALKAN KITA dan DIA KELUAR DARI HIDUP KITA, kita masih bisa berbahasa roh, kita bisa melompat, kita bisa menari dengan kemauan kita sendiri tapi sesungguhnya MENDUKAKAN DIA karena DIA ITU ADALAH ALLAH YANG PUNYA PRIBADI, ALLAH YANG PUNYA SELERA. AMIN.
3 prinsip :
1.Api yang pertama, Kobarkan dengan THE MAGIC OF TOUCH
2.Api yang kedua, SINGKIRKAN API CEMBURU dan Kendalikan LIDAH dan PERKATAAN ANDA.
3.API yang ketiga yang terakhir, JANGAN PADAMKAN API ROH TUHAN dalam hidup kita, dengan cara MENYAKITI HATINYA.

Komentar

Postingan Populer