Kerendahan Hati

Kerendahan Hati
Pastor Steven Agustinus

Kerendahan hati adalah salah satu nature Ilahi yg bisa menyelamatkan banyak org - termasuk hamba-hamba Tuhan yg paling diurapi sekalipun; bahkan semakin seseorg ada dalam posisi yg 'diatas'/ semakin diurapi seorg hamba Tuhan, ia membutuhkan nature kerendahan hati secara lebih lagi....
Kerendahan hati adl nature yg membuat seseorg bisa menikmati berkat, kekuatan dan bahkan terobosan dari org-org lain yg ada 'dibawahnya'.
Pada umumnya, seorg pemimpin berkewajiban utk menghadirkan kekuatan baru, kesegaran & terobosan utk org-org yg ada dibawah pengayomannya. Tapi bkn berarti org-org yg selama ini dituntun, dikuatkan dan dilatih oleh seorg pemimpin, tdk bisa ikut memberkati sang pemimpin itu sendiri. Alasan sang pemimpin sepertinya 'tidak membutuhkan' aliran berkat dari org-org yg ia pimpin krn ia sendiri yg menolaknya! Sang pemimpin takut jika ia juga 'ikut menikmati' berkat dari org-org yg ada dibawahnya, maka hirarki yg ada akan jd rusak dan pd akhirnya org-org yg ia pimpin jd familiar dg dirinya sehingga tidak mau menerima kepemimpinannya lg.
Sebetulnya ketakutan spt itu tdk perlu terjadi. Berikut alasannya:
1. Jika kita menjadi pemimpin krn pengaturan yg dr Tuhan, tdk akan ada satu org-pun yg akan bisa 'menurunkan' kita. Tuhan sendiri yg akan menjagai kita utk tetap ada 'diatas'.
2. Memang dibutuhkan kedewasaan dr org-org yg dipimpin utk pd akhirnya menjd tidak familiar dg seorg 'pemimpin yg rendah hati'. Tapi inilah seni memuridkan org. Kita hrs mengijinkan utk org melakukan kesalahan. Biarkan mrk bertumbuh, klu ada yg keliru, tegur dg kasih. Keterbukaan utk saling menegur & mengingatkan hrs trs ditumbuhkan. Jadi walau sang pemimpin ada 'di level yg sama', tp semua org yg lain bisa tetap menerima & menghargai sang pemimpin sebagaimana yg seharusnya...
3. Segala jenis hubungan sebaiknya bersifat 'dua arah'; disatu sisi, sang pemimpin memang berkewajiban utk mengalirkan anugerah bg semua org yg ia pimpin tp disatu sisi yg lain, dg kerendahan hati yg trs ditumbuhkannya, seorg pemimpin akan bisa diberkati melalui kehidupan yg dimiliki oleh org-org yg ia pimpin tsb. Jika seorg pemimpin berpikir bahwa ia hanya boleh 'memberi' dan sama skl tdk boleh 'menerima' dari org yg ia pimpin, sesungguhnya ia sdg termakan oleh tipu daya si Jahat. Cepat atau lambat seseorg bisa saja menjadi lelah & lemah - itu bkn dosa! Disaat seorg pemimpin menjadi lelah/ lemah, org-org yg selama ini ia pimpin adl org-org terdekat yg scr ideal akan menjadi pribadi yg paling mampu menguatkan keberadaannya sbg seorg pemimpin...
4. Keterbukaan komunikasi dan keteguhan kepribadian yg dimiliki seorg pemimpin akan menolong dirinya menumbuhkan kerendahan hati yg ia butuhkan utk dpt berinteraksi sbg pemimpin yg berbeda dg org-org yg ia pimpin. Memiliki kerendahan hati tanpa bisa direndahkan oleh org-org lain memang membutuhkan suatu reputasi yg seringkali hanya bisa didapat melalui proses perjalanan hidup. Menjadi seorg pemimpin yg dicintai dan bkn ditakuti hanya akan terjadi saat seseorg memposisikan dirinya menjadi contoh.
Berbahagialah seorg pemimpin yg bisa menunjukkan kerendahan hati, tanpa membuat org-org lain - khususnya org-org yg ia pimpin sendiri - merendahkan dirinya. Ia akan jd seseorg yg paling berbahagia krn perjalanan hidupnya selalu di kelilingi oleh banyak org yg mencintai dirinya....(Ps. Steven Agustinus)


Rekomendasikan kerabat anda untuk menerima renungan melalui WA :
Kirim data melalui WA ke nomor 089677839824 dengan format : nama_no WA_kota tempat tinggal.
GBU.

Komentar

Postingan Populer